Chapter 2 "Jojo"

168 5 0
                                    

Matahari sudah semakin tinggi, nyak sama babe masih sibuk ngurusin calon penghuni kontrakan nomor 4 yang sampe sekarang belum nongol. Babe sibuk ngasah golok, senjata andalannya yang selalu dibawa-bawa, buat apa coba. Babe kan bukan pendekar jagoan kayak si pitung. Tapi untunglah babe gak koleksi kapak, yang ada tar babe di sleding sama wiro sableng si jagoan dengan kapak sebagai senjata andalannya. Usut punya usut ternyata babe pake tuh golok untuk motong rumput yang ada didepan kontrakan nomor 4.

Sedangkan nyak, ya ampun udah dari subuh belanja ke pasar. Niat nyak kagak pernah pudar untuk masak dengan heboh, sambil nyanyi-nyanyi. Ada apa dengan nyak babe. Gue cuma bisa geleng-geleng kepala aja.

"Nyak kayaknya seneng banget, masak apaan nyak?" tanya gue kepo

"Kepo...." nyak jawab sambil nyengir

"Nyak masak banyak banget nyak, emang nyak mau ngadain selametan?"

"Kagak cuma mau masak untuk si, siapa ya namanya? nyak lupa dah tuh, yang bakal ngontrak."

"Jangan dimakan!!" teriak nyak waktu gue nyomot tempe goreng kesukaan gue

"Elah kenape sih nyak cuma satu doang." gue kaget masih megang tuh tempe goreng

"Entar kurang." nyak ngambil tempe goreng yang gue pegang.

"Astaghfirullah nyak pelit amat sih." kesel gue langsung pergi ninggalin nyak

"Jack, jangan lupa tar jemput dia diterminal ya?" teriak nyak waktu liat gue keluar dari dapur 

"Ogah, biar aja dia nyasar." gue masih kesel. Emangnya tuh orang bocah apa sampe takut tersesat. Dia kan bisa tanya-tanya alamat yang udah dikasih sama babe. Apa perlu gue beliin dia peta? sekalian aja tuh tanya sama si Dora.

Jam 4 sore, gue sekarang lagi diterminal untuk ngejemput si orang yang bikin gue kesel, padahal gue belum ketemu tuh orang. Kenapa gue kesel sama dia? iyalah gimana gak kesel, dia itu udah membuat nyak sama babe lebih perhatian ke dia ketimbang gue anaknya sendiri. Makin penasaran gue sama tuh orang kayak gimana sih tampangnya

Gak lama kemudian gue liat ada bus yang masuk ke terminal dengan tujuan Semarang. Dengan seksama gue perhatiin satu persatu penumpang yang turun. Tapi kok yang gue tunggu-tunggu dari tadi gak nongol-nongol. Kenapa gue bisa yakin orang yang gue tunggu gak nongol? karena dari tadi yang turun dari bus banyakan penumpang yang udah berumur. Kan katanya baru mau masuk kuliah ya pikiran gue kan pasti dia masih bocah. Penasaran gue telpon nomor hapenya yang tadi dikasih bokap gue, tapi kok gak diangkat-angkat. Inisiatif gue langsung naik ke bus untuk nyari dia. Celingak celinguk gue liat kursi penumpang yang kosong tapi gak ada, sampe akhirnya gue denger suara dengkuran halus dari kursi paling belakang.

"Jo..." panggil gue tapi gak ada respon dari dia

"Jojo??" masih belum ada respon
 
"Kebakaran!!" teriak gue dikuping dia

"Apa? kebakaran? dimana? kok gelap? apa aku udah mati jadi korban kebakaran?" ucapnya panjang kali lebar sambil panik ngeraba-raba sekelilingnya

"Dasar aneh." bisik gue pelan sambil narik penutup matanya yang dia pake untuk tidur

"Mas ini siapa toh? mau copet aku ya?" tanya Jojo sambil ngucek-ngucek matanya

"Eh, kalo gue mau nyopet gue gak bakal bangunin loe." jawab gue kesel dikira mau nyopet dia. Ya kali ada gitu orang yang mau nyopet pake bilang-bilang.

"Hehehe, bener juga ya."

"Loe Jojo anaknya pak Andi kan?" tanya gue memastikan kali aja gue salah orang

"Loh kok mas ini tau ya?"

"Udah buruan turun tar gue jelasin." kami pun turun dari bus, gue bantu bawain barang-barang dia

Setelah menempuh perjalanan selama 2 jam akhirnya kami sampe dirumah. Sepanjang perjalanan dari terminal kerumah gue sebenernya gak terlalu lama, sekitar 1 jam juga aja. Tapi yang namanya Jakarta kalo gak macet mah gak afdol. Gue sama Jojo juga gak banyak ngobrol, mungkin dia masih capek.

"Udah sampe bangun loe." gue ngebangunin dia yang tidur lagi dimobil

"Sampe mana ya mas?"

"Sampe Hongkong." jawab gue datar

"Loh aku tuh mau ke Jakarta mas bukan ke Hongkong." jawabnya sambil melotot. Astaga, demi keong emas gue emosi sama nih orang. Rasanya pengen gue jedotin ke tembok.

"Iya ini Jakarta dan sekarang loe udah sampe dirumah gue." gue langsung keluar dari mobil. Nyak sama babe langsung buru-buru keluar rumah waktu denger suara mobil yang gue kendarai sampe halaman rumah.

"Ini Jojo anaknya si Andi kan?" tanya babe

"Iya pak perkenalkan saya Jojo." jawab jojo sambil salaman ke nyak babe, dan gue yang dari tadi berdiri disamping mobil dicuekin, gak dianggap parah banget dah elah.

"Jack bawain itu barang-baarangnya si Jojo." teriak babe waktu ngeliat gue mau masuk

"Kan dia bisa bawa sendiri be."

"Loe sama tamu begitu banget ya!"

"Iye iye buset dah manja banget tuh bocah." akhirnya nurut juga gue sama babe untuk bawain barang-barang dia. Gue melotot ke dia waktu gue ngelewatin dia.

"Ya udah Jojo rapi-rapi dulu gih, mandi habis itu kita makan bareng." suruh nyak ke dia

"Iya bu terima kasih."

Saat makan malam, kita semua kumpul. Busyet dah nyak semua makanan dikeluarin banyak banget. Jarang-jarang nyak masak sebanyak ini, kesempatan gue bisa makan enak.

"Ayo Jo nih makan yang banyak." suruh nyak sambil ngasih piring yang udah terisi nasi dan lauk. Enak banget dia dilayani, lah gue udah kayak anak yang diciduk, gak dianggap sama nyak babe. Sedih gue, miris gue apa salah dan dosa gue coba.

"Makasih bu."

"Jangan panggil ibu, panggil nyak aja. Kan nyak sama babe bakal jagain Jojo selama tinggal disini. Jadi anggap aja nyak sama babe orang tua Jojo." nah loh nyak ngomong begitu ke dia, bakal keenakan dong tuh bocah. Pasti nyak babe bakal tambah nyuekin gue, ya nasib.

"Oh ya gimana kabar bapakmu?"

"Bapak sama ibu sehat, be. Bapak titip salam untuk babe."

"Untuk babe aja salamnya? nyak kagak?" sahut nyak yang langsung dipelototin sama babe.

"Nyak cuma becanda be, cemburuan banget sih." jawab nyak sambil ngasih ayam goreng ke si bocah tengil

"Lah loe ngomong begitu didepan gue." babe kesel sampe ngomong pake gue loe

"Udah sih nyak be, jangan pada berantem." gue melerai biar gak makin gede nih masalah, soalnya tar gue juga yang repot

"Tau tuh babe. Jangan ngambek lagi, nyak kan cinta dan sayangnya cuma sama babe doang." bujuk nyak sambil naroh ayam goreng ke piring babe. Babe mesem-mesem malu alay nyak mulai kumat.

Akhirnya kelar makan gue sama babe lanjut nonton tv. Sementara nyak sama si bocah tengil didapur lagi nyuci piring. Sadar juga tuh bocah mau bantuin nyak. Gak lama dia pamit untuk balik ke kontrakannya, katanya masih capek jadi mau istirahat.

"Hati-hati loe tengah malam." iseng gue nakutin dia

"Ada apa mas kalo tengah malam?" tanya dia heran

"Kadang suka ada suara gelas dipukul-pukul pake sendok."

"Oh itu toh, mungkin itu tukang jualan wedang jahe mas. Biasanya kalo dikampungku mas-mas yang jualan sampe jam 1 malam." Niat gue mau nakutin dia eh malah gue yang bengong denger ucapan dia.

"Yowes mas kalo gitu aku tak balik ke kontrakan dulu ya, makasih loh mas tadi udah jemput aku diterminal." lanjutnya sambil senyum manis. Ternyata kalo senyum si bocah tengil manis juga. Wait, manis?? apa yang baru gue pikirin barusan?? gak mungkin, ini kagak mungkin. Gue harus cuci muka 7x biar gue bisa ngehapus pikirin sejenak gue tadi tentang si bocah tengil yang manis. Oh tidakkkk kenapa gue nyebut dia manis lagi? kenapa?

TBC

Nah loh nah loh,,,, ada apa sama Jack?

Nyak inget umur, jangan coba-coba ngebangunin emosi babe, bisa gaswat tar urusannya.

Kuy lah vote & comment

Jack Separuh Nafas Jojo (BoyXBoy) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang