Keutamaan Berwudhu

53 4 0
                                    



Assalamu'alaikum ikhwah fillah.



🌸🌸🌸



Materi: Kitab Lubabul Hadist

Pemateri: Ustad Muhammad Abdullah

Bab : Lubabul Hadist

.
.
.

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله، سيدنا محمد صلى الله عليه وآله وصحبه وسلم

أما بعد

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan memberikan penjelasan ringkas tentang kitab  Hadist.

_*Lubabul hadits bab ke - 6 keutamaan wudhu*_

'''1.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Barangsiapa berwudlu untuk shalat dan membagus kan wudlunya, kemudian mendirikan shalat, maka dia keluar dari dosa-dosanya seperti ketika dialhirkan ibunya”.

2.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Barangsiapa berwudlu untuk shalat kemudian dia mengerjakan shalat, maka Allah menghapus dosa-dosanya antara shalat tersebut dan shalat yang mengikutinya”.

3.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Barang siapa tidur dalam keadaan wudlu, lalu meninggal pada malam itu, maka dia disisi Allah adalah syahid”.

4.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Orang tidur yang suci itu seperti orang puasa yang beribadah malam”.

5.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Barang siapa wudlu dalam keadaan suci maka ditulis untuknya sepuluh kebaikan”. (HR: Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah dari Ibnu Umar ra.)

6.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Tidak ada shalat bagi orang tidak punya wudlu dan tidak ada wudlu bagi orang yang tidak menyebut Asma Allah atas wudlu tersebut.” (HR: Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah dan Al-Hakim dari Abi Hurairah dan Ibnu Majah dari Said bin Zaid)

7.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Wudlu itu separuh iman”. ( HR: Ibnu Abu Syaibah dari Hasan bin Athiyah)

8.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Pokoknya wudlu itu sekali, barang siapa berwudlu dua kali maka mendapat pahala dua kali lipat. Siapa berwudlu tiga kali maka itulahwudlu para nabi sebelumku”.

9.      Nabi Muhammad SAW bersabda : “Allah tidak akan menerima shalat salah satu dari kalian ketika berhadats sehingga dia berwudlu”. (HR: Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah ra.)

10.  Nabi Muhammad SAW bersabda : “Wudlu atas wudlu itu cahaya diatas cahaya”.'''

*Syarah*

Wudhu termasuk dari amalan yang paling utama lagi mulia, dan cukuplah yang menunjukkan dalil akan keutamaannya adalah bahwa dia merupakan syarat sahnya shalat yang merupakan tiang agama dan rukun Islam terpenting setelah dua kalimat syahadat. Karenanya barangsiapa yang mengerjakan shalat tanpa wudhu (bagi yang berhadats kecil) maka shalatnya tidak sah dan dia telah terjatuh ke dalam dosa besar.

_badah Wudhu apabila dilakukan dengan sempurna sesuai tuntunan Nabi shallallahu alaihi wa sallam, maka akan mendatangkan keutamaan yang sangat banyak bagi pelakunya, di antaranya:_

🔰Berwudhu dengan benar dan sempurna akan menghapus kesalahan dan dosa-dosa (kecil) yang telah lalu.

🔰Dan akan meninggikan derajat pelakunya. 

🔰Pada hari Kiamat, orang yang berwudhu dengan benar dan sempurna akan mendapatkan cahaya pada wajah, kedua tangan, dan kedua kakinya dengan sebab dia mencuci wajah, kedua tangan, dan kedua kakinya dalam berwudhu

🔰Berwudhu Merupakan separuh dari keimanan. 

🔰Orang yang berwudhu dengan benar dan sempurna maka dosa-dosa yang diperbuat oleh anggota wudhunya akan keluar (terhapus) bersamaan dengan keluarnya tetesan air wudhunya.

🔰Orang yang berwudhu dengan benar dan sempurna maka akan diampuni semua dosanya yang telah berlalu, dan setiap langkah kakinya ke masjid akan dihitung sebagai amalan sunnah. 

🔰Orang yang selalu berwudhu dengan sempurna akan diberi pilihan masuk surga melalui delapan pintu surga yang dia sukai

_*Demikian beberapa keutamaan besar yang diperoleh oleh setiap muslim dan muslimah yang melakukan wudhu*_

Demikian Materi Kita pada Pagi Hari Ini semoga Bermanfaat.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

_Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh._

_*By.Muhammad Abdullah*_

📝 *INFO PENDAFTARAN GROUP*

🔶 Ria 085774367597
🔶 Lisna 082296294602
🔶 Lovenia 085772384238
🔶 Ima 085645284434
🔶 Isti 082111673755
🔶 Dinda 087746309948

_*Ayo manfaatkan momen Ramadhan ini untuk menambah keilmuan kita dengan program BAPER bersama kajian online ASWAJA*_

📲 JANGAN LUPA SEBARKAN

📚 _Group online Aswaja_📚



🌸🌸🌸


Wassalamu'alikum ikhwah fillah.

mustashar Qanuni II Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang