Si Usil Bungsu

810 14 2
                                    

Si Usil Bungsu
Oleh: intanhafidah @intanhafidah456


Temaram buram menerkam kerisauan sulung di tengah malam. Bunda tertular oleh kegelisahan sulung. Bagaimana mereka tidak gelisah, bungsu belum juga pulang dari pesta keberhasilannya di kota. Sedangkan jarak pergantian hari menghitung detik.
"Bun, Apa perlu Ratih menyusul Tihra Bun."
"Sebaiknya mungkin seperti itu."

Ratih si sulung, berkemas untuk menyusul adiknya Tihra, sampai di depan garasi motor tiba-tiba dari belakang Tihra bersama keluarga besarnya mengejutkan Ratih, ia langsung terbungkam, menepuk kepalanya. Ratih lupa hari itu, setelah beberapa detik lagi tepat bunda mereka ulang tahun. Tak perlu waktu lama Ratih mengerti, dan mengikuti alur yang si bungsu rencanakan.

1, 2, 3, hitungan detik kemudian mereka bersamaan mengejutkan bunda yang sedang gelisah menunggu kedua anaknya di ruang tamu. Lampu yang padam seketika dinyalakan, semua orang sudah memenuhi ruangan, persiapan, rencana, berjalan dengan lancar.

"Anak-anakku...."
Bunda tersenyum bahagia setelah sekian lama dihitung si bungsu 365 hari murung karena setahun lalu bunda kehilangan ayah kesayangan keluarga mereka. Senyuman itu tak jauh dari embun tak kalah mendatangkan sedu, bunda menangis bahagia dan kesedihan menjadi definisi yang sulit dibedakan.

"Yah, anak-anakmu sudah besar rupanya, mereka membuat jarak bahagia dan kesedihan sirna, detik ini bunda merasakan padunya rasa dalam peraduan rinduku padamu Yah. Umurku sudah berkurang kembali, aku senang karena peluang aku mengsirnakan penantianmu di sana segera. Namun kesedihan tentang jarak tempuh ini aku tak dapat membendungnya, anak-anakmu sangat merindukanmu Yah, begitupun bunda. Andai diberi satu permintaan untuk malam pertama ulang tahun ini, bunda meminta, pertemukanlah kami dengan Ayah, walaupun sebatas mimpi Ya Allah. Aamiiin."  Kata hati Bunda sebelum meniup lilin dari cake ulang tahunnya yang dibawakan oleh si usil bungsu.

Quotes: Rindu kepada jarak dalam definisi kecepatan dan waktu dapat ditempuh, namun jika rindu dalam definisi jarak dimensi mustahil ditempuh seribu masa pun, kecuali dalam angan, mimpi tak lain alam impian.

JarakTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang