Chapter 4

17 2 0
                                    

Kini semua telah berubah tak ada lagi wanita bulan-bulanan oleh bungalau karna halimatusahana tidak ada satupun yang mengetahui kemana ia pergi.
..
"Assalamualaikum ayah... " Salam bungalau pada ayahnya
.
"Waalaikumsalam putraku .. Apa niat kau datang kemari?" Tanya ayahnya
.
"Ayah.. Apakah ayah benar-benar tidak tahu kemana perginya hana..?" tanya abdullah langsung saja pada ayahnya
.
"Ayah tidak tahu tentang itu abdullah.. Ayah lupa siang ini setelah sholat dzuhur ayah ada rapat dengan direktur univ lain.. Ayah permisi assalamualaikum abdullah." ayahnya mendahului abdullah keluar dari ruangan itu..
.....
Seakan tak ingin abdullah mengetahui kemana perginya hana ayahnya pun rela berbohong agar abdullah putra semata wayangnya itu dapat berubah dan belajar dari semua yang telah terjadi.
.......
Tiga tahun kemudian
Malam itu di rumah yang megah dan mewah serta keluarga yang bahagia dengan 2 pembantu 1 driver dan 1 tukang kebun berkumpul di ruang tengah keluarga abu tohir sebutannya di kampung yang tak lain ayahanda abdullah
..
"Bismillahirrohmanirrohim.. Baiklah! Terimakasih untuk kalian semua yang hadir di depan abu malam hari ini... Abu ingin menyampaikan suatu hal pada kalian.." jelas ayahanda abdullah
.
"Waalaikumsalam..." jawab semua diruangan itu serentak
..
"Abu ada hal penting apa yang akan abu sampaikan..?" tanya ibu abdullah pada suaminya itu.
...
"Dua tahun yang lalu sudah abdullah fhalau takbir lulus sebagai sarjana kedokteran.. Dia adalah putra semata wayang di keluarga kita.. Dan sejak lulusnya itu ia telah mengabdi pada negara sebagai seorang dokter di rumah sakit pusat.. "
..
"Lalu apakah salah abdullah ayah..?" tanya abdullah memutuskan pembicaraan ayahnya.
..
"Abdullah tidaklah bersalah.. Tapi ketahuilah abdulah putraku.. Ayah dan ibumu sudahlah tua abdullah.. Ayah dan ibu ingin sekali menggendong cucu dari putra semata wayang ayah.." tetang ayahnya pada abdullah.
..
"Maafkan abdullah ayah.. Abdullah belum bisa mencarikan seorang wanita yang kelak bisa memberikan cucu kepada ayah.. Karna abdullah masih menunggu kedatangan ha... " Abdullah pun menangis dan meninggalkan semua orang di ruangan saat itu menuju kamarnya.
..
"Ya allah yang maha mengetahui.. Berilah hambamu ini petunjuk mu.. Petunjuk dimanakah hana sekarang ya allah.. Hamba sangat merindukan dia.. Merindukan suara merdu lantunan ayat-ayat sucimu yang terucap dari bibirnya... Hamba memang bersalah" ucap abdullah di kamarnya seorang diri.
.....
Memang sejak abdullah membaca surat itu ia mulai merubah sikapnya. Entah ada racun apa yang disuntikan pada abdullah melalui surat itu oleh hana sehingga mampu membuatnya berubah seperti sekarang ini.
Setelah sholat subuh abdullah selalu mengaji dan membaca kitab-kitab keislaman milik ayahnya dan beberapa yang ia beli dari toko buku islami lalu sarapan dan berangkat kerumah sakit tempat ia bekerja. Begitu seterusnya sejak kepergian hana.
...
Siang itu acara reuni 2 tahunan alumni universitas keislaman bogor yang seangkatan dengan abdullah dan hana.
Semua berkumpul disana berbincang-bincang dan bersenda gurau

"Bungalau....!!!!" teriak salah seorang lelaki..
...
"Ya allah.. Assalamualaikum aim." jawab abdullah pada sahabat dekatnya itu
Memang sejak lulus mereka jarang sekali bertemu dan jarang sekali berkomunikasi .
.....
"Hahh.. Apa kabar denganmu aim.. Dan ini..." katanya bingung menatap perempuan bercadar yang sedang di gandeng oleh aim..
.....
"Aku seperti mengenal mata ini.. Sperti tak asing bagiku.. " Tukas abdullah..
"Iya benar aku ingat sekarang.. Bukan kah kau ini Zulaika.. Iya siti zulaika fakultas pendidikan masyarakat islam teman dekat hana bukan..?" sambungnya lagi setelah ingat semuanya ..
..
Kemudian zulaika pun tersenyum terlihat dari matanya yang seolah menyipit
.
"Benar sekali bungalau.. Akulah siti zulaika .. Sahabat dari gadis sholehah bercadar halimatusahana itu.. "
Ibrahima pun ikut tersenyum dengan jawaban dari keduanya itu..
..
"Senanglah aku melihat istriku tercinta dengan sahabatku terkasih saling mengenal satu sama lain." ujarnya sembari mengusap-usap punggung zulaika
...
"Subhanallah.. Apa yang kau katakan ini benar aim..?" sahut bungalau terkejut "Lantas mengapa aku tak tahu semua ini..?" sambungnya lagi
..
"Bagaimana kau bisa tahu abdullah fhalau takbir .. Bahkan kau saja sibuk memikirkan hana bukan? Lalu beberapa pekan kau berdiam di kairo meninggalkan indonesia dengan niat untuk mencari hana.. Bukankah sudah kami terangkan padamu bahwa sesiapapun dari kami yang mengenalmu tidak tahu menau dimana hana berada.. Hanya allah lah abdullah.. Mintalah padanya.." Penjelasan dari Dr. Ibrahima rekan kuliyah abdullah..
...
"Bukankah aku pergi ke kairo hanya beberapa pekan saja.. Lalu kembali ke indonesia.. Dan bekerja lagi di RS Pusat bogor.. Lalu. Mengapa aku tak tahu tentang kalian berdua.?" tanya abdullah lagi pada keduanya
..
"Memang benar yang kau katakan.. Setelah menikah RS swasta di bogor tempatku bekerja mengadakan pertukaran tenaga medis dari kalangan dokter dengan RS Lain di luar kota... Dan akulah yang terpilih sebagai tenaga pertukaran itu.. Dan aku memboyong serta istriku menuju jakarta.. Dan saat hendak menuju bandara kami terkena musibah.." Ungkap aim dan terhenti
....
......
"Tas kami dijambret.. Ponsel yang tersimpan nomor penting teman-teman kami semuanya ada disana.. Dan untuk sampai di hadapan dokter abdullah.. Panjang ceritanya dokter.." sambung zulaika istri aim itu..
..
Kemudian mereka melanjutkan pembicaraan di meja makan sebuah restaurant bintang lima yang sudah di booking itu..
"Lalu apakah kau sudah memiliki istri abdullah.. Atau kah calonnya? Hh katakanlah pada kami bungalau ceritakanlah" kata aim menggoda abdullah sambil menyuap makanan dari piringnya
..
Wajah abdullah pun terlihat sedih dan manatanya pun lurus menghadap kedepan tanpa tentu pandangannya dan seolah tak berkedip
"Sampai detik ini aim.. Sampai detik inipun aku masih menunggu hana." jawabnya singkat.
..
Ibrahima dan siti zulaika pun mengerti dan memilih untuk tidak melanjutkan pembicaraan tentang hal itu, dan mengalihkan ke hal lain saja.
..
........
.
Tungguin kisah selanjutnya ya readers.. !!

izinkan aku bertemu orang tua muTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang