1. NUENG หนึ่ง

858 12 0
                                    



            Jika menulis tentangmu adalah cara untuk mengabadikan, maka akan aku lakukan.

            Jika mengenangmu adalah salah satu cara menyakitiku, aku rela merasakan.

            Jika bersamamu adalah mimpi indahku, maka jangan bangunkan.

            Biarkan aku tertidur untuk waktu yang lama.

            Atau mungkin untuk selamanya.

            Agar cerita bersamamu menjadi kekal dalam keabadian. 

            Dalam keadaan patah hati, manusia seperti apapun akan berubah menjadi puitis melankolis. Tidak peduli seberapa alay kalimat yang gue tulis, rasanya seperti sajak indah yang menggetarkan hati.

             Beginilah gue, setelah dua minggu kembali dari Pattaya, Thailand.

             Seperti kehilangan arah dan tujuan. Tak ada lagi semangat. Bahkan hanya untuk sekedar tersenyum, rasanya begitu berat.

              Rasanya habis semua senyum itu gue berikan padanya selama di Pattaya.

              Tidak tersisa sedikitpun, bahkan untuk diri gue sendiri.

              Berhari-hari gue hanya mengurung diri di kamar gue yang berukuran 6x6m. Tanpa sekalipun membuka gorden di kamar gue, meskipun cuma sedikit, seakan bermusuhan dengan matahari. Seperti inilah yang gue rasakan, kelam.

              Pakaian dan bungkus makanan berserakan di mana-mana. Gue enggak peduli, meskipun sebentar lagi kamar gue berubah menjadi tempat pengepul sampah sekalipun. Gue sama sekali tidak punya semangat, bahkan untuk berjalan ke tempat sampah membuang plastic makanan.

               Hari ini gue terbangun pukul 13.00 WIB, waktu yang sama dengan waktu di Bangkok, Thailand. Hal pertama yang selalu gue lakukan saat bangun tidur adalah langsung berlari menuju meja laptop gue. Laptop di atas meja gue selalu menyala hampir 24 jam. Gue selalu mengecek facebook selama dua minggu ini. Mengecek facebook seseorang. Mungkin gue sekarang udah bisa dibilang stalker karena kerjaan gue setiap hari cuma mengecek facebook dan Instagram orang lain.


              "คู่รักที่น่าอิจฉา"


               Tertulis kalimat seperti itu di status facebooknya. Kemudian di bawahnya dia mengupload beberapa foto pasangan artis Thailand yang mesra. Kalau gue artikan statusnya dalam Bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah "Pasangan yang bikin cemburu".

               Mungkin maksudnya dia ingin menjadi seperti pasangan ini, begitu romantic dan dekat dengan kekasihnya. Rasanya menyedihkan sekali membaca status facebooknya itu, ingin sekali gue bisa menjadi pasangan idealnya itu, berada disebelahnya dan tertawa bersamanya. Tidak seperti sekarang yang hanya bisa memandangi fotonya setiap hari dan berharap bisa bersamanya. Benar-benar menyedihkan.

                "Bener-bener menyedihkan." Tiba-tiba terdengar suara Gilang tepat di sebelah gue.

                "Anjay!" Gue terkejut melihat Gilang yang tiba-tiba muncul, "Gila! Masuk enggak ada permisi-misinya!"

               "Gue udah ngetok pintu kamar lo daritadi, tapi enggak kedengeran. Siapa suruh denger music kayak orang budek, keras-keras." Gilang mengecilkan volume speaker di kamar gue. Ya, beginilah orang yang patah hati, butuh music untuk mengisi hari. Gilang kemudian melirik kearah laptop gue dan melihat facebook yang sedang gue stalker.

               "Masih kepikiran dia?" Tanya Gilang sambil menghela nafas.

               Gue langsung keluar dari Facebook dan menutup laptop, "Ya, iyalah. Gue masih penasaran banget sama dia." Gue berjalan meninggalkan meja laptop dan berbaring di tempat tidur kembali. Gilang duduk di meja laptop dan mulai membuka laptop, seperti biasa dia suka datang ke rumah gue untuk numpang wi-fi gratis dan browsing sesuatu.

              "Samperin lagi lah kalau begitu. Indonesia-Thailand cuma tiga jam doang kok."

             "Samperinnya sih gampang. Duitnya yang gak gampang. Lagian kemaren kita kan baru balik juga dari sana liburan. Belum lagi kerjaan shootingan gue yang enggak jelas waktunya bisa dadakan." Gue menutup kepala gue dengan bantal menahan kesal.

             "Tiket Jakarta-Bangkok besok, 1,5 juta pulang pergi." Ucap Gilang tiba-tiba, "Lagi diskon nih, gimana ambil gak?"

              Gue membuka bantal yang menutupi wajah gue, "Maksud nya?"

             "Harga tiket ke Bangkok 1,5 pulang pergi. Berangkat tanggal 20 baliknya tanggal 23, cukuplah ya kalau cuma buat cari jawaban aja."

             "Maksudnya gue harus kesana gitu?"

             "Pake nanya lagi, ya iyalah! Daripada lo disini terus kayak mayat ngapung enggak jelas, mendingan lo balik sana ke Pattaya dan cari jawaban soal perasaannya dia."

              "Sendirian?" Gue seperti ragu, membayangkan gue seorang diri pergi.

              Gilang menggelengkan kepalanya sambil menghela nafas panjang, "Bee, kalau mengejar sesuatu itu enggak perlu banyak mikir. Bilang iya aja dulu."

              "Kerjaan gue?"

             "Kejar dia sekarang atau lupakan?"

             Gue terdiam sejenak. Gue menatap layar laptop gue, tiket Jakarta-Bangkok pulang pergi seharga 1,5 juta rupiah. Tiga hari di Thailand.

             "IYA."

            Gue segera berdiri, entah kenapa tiba-tiba tubuh gue jadi lebih ringan untuk digerakan. Gue segera mencari tas backpacker gue untuk berkemas, gue melempar passport dan credit card gue ke Gilang, "Tolong beliin tiketnya! Gua mau siap-siap buat besok."

             Gilang tersenyum, "Gitu, dong. Seru kan, kalau lu sampai punya pasangan buat nemenin lu Menuhin semua bucket list kehidupan yang udah lu tulis."

             Gilang kemudian sibuk di depan laptop memesan tiket untuk gue besok, sedangkan gue sibuk memilih pakaian dan barang-barang yang akan gue bawa besok ke Thailand. Bucket list, benar. Semuanya berawal dari Bucket list yang gue tulis. Tapi gue enggak menyangka secepat ini gue akan kembali kesana. Rasanya baru dua minggu yang lalu gue mengakhiri perjalanan gue di Thailand. Semuanya terasa dejavu. Perjalanan ini seakan terulang kembali. Gue bahkan masih bisa mengingat setiap detik yang terjadi saat itu, perjalanan pertama ke Thailand bersama ketiga sahabat gue itu beberapa minggu lalu. Dan sekarang gue kembali kesana sendirian, terlebih lagi alasan gue kembali adalah untuk bertemu dengannya, Yui.

             Dan mungkin sepanjang perjalanan gue kembali ke Thailand besok, gue akan kembali mengenang detik-detik pertama gue sampai di Negara itu. Detik pertama ketika gue bertemu dengan Yui, pertemuan yang tidak pernah gue sangka sebelumnya. Jauh dari skenario yang sebelumnya sudah gue persiapkan.

             Yui adalah hadiah terbaik yang gue temui di Thailand.

             Meskipun sesaat, rasanya begitu lekat.

             Hingga membuat gue harus kembali menghampirinya.

            Tak apa, gue hanya perlu melihat senyumannya, sekali lagi.

            Senyuman yang membuatku luluh dalam hitungan detik dan tidak akan pernah gue lupakan sampai kapanpun.

***

JATUH CINTA DI PATTAYATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang