Agama dan Islam

3.4K 99 0
                                    


Apa kaitannya agama dengan Islam?
Apa hubungannya Islam dengan Tuhan?

Bismillahirrahmanirrahim saya akan mencoba berbagi ilmu yang saya dapatkan lewat tulisan saya ini

Di Islam itu sendiri memiliki teori mengenai pengertian agama, mungkin saya akan mengambil beberapa teori para ahli islam apa itu agama

1. Dr. A. Mukti Ali
Agama adalah kepercayaan akan adanya Tuan Yang Maha Esa dan hukum yang diwahyukan kepada utusan-Nya untuk kebahagiaan hidup manusia didunia dan Akhirat.

2. Drs. Idi Gazalba
Agama adalah kepercayaan kepada tuhan dan hubungan manusia dengan yang kudus,dihayati sebagai hakekat yang gaib,hubungan mana menyatakan diri dalam bentuk serta sistem kultus dan sikap hidup berdasarkan doktrin tertentu.

3. Musthofa Abdurrazik
Agama adalah peraturan yang bertautan dengan keadaan yang suci.

4. Syaech Mahmoud Saltout
Islam adalah agama Allah yang diperintahkan-Nya untuk mengajarkan tentang pokok-pokok serta peraturan kepada nabi Muhammad SAW dan menugaskanya untuk menyampaikan agama tersebut kepada seluruh manusia dan mengajak mereka untuk memeluknya.

5. Tenku. M. Hasby Assiddiqhie
Agama adalah suatu kumpulan peraturan yang ditetapkan Allah untuk menarik dan menuntun para ummat yang berakal sehat,suka tunduk dan patuh kepada kebaikan,supaya mereka memperoleh kebahagiaan dunia dan akherat.

Itulah teori menurut para ahli. Jika kita mengkaji menurut bahasa arabnya. Dalam kamus Bahasa Arab disebutkan beberapa kemungkinan makna دين dalam Al-Qur'an diantaranya adalah : 1) السلطان والحكم = kekuasaan, 2) الطاعة =ketaatan, 3) الجزأ = pembalasan, 4) العادة = kebiasaan, 5) الحساب = perhitungan, Makna-makna tersebut memiliki pengertian :

1. Penyerahan Diri
أفغير دين الله يبغون وله أسلم من في السماوات والأرض طوعا وكرها وإليه يرجعون.

"Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah berserah diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan". (QS. Ali 'Imran : 83)

2. Kerajaan/kekuasaan
ما تعبدون من دونه إلا أسماء سميتموها أنتم وآبآؤكم ما أنزل الله بها من سلطان إن الحكم إلا لله أمر ألا تعبدوا إلا إياه ذلك الدين القيم ولكن أكثر الناس لا يعلمون

"Kamu tidak menyembah yang selain Allah kecuali hanya (menyembah) nama-nama yang kamu dan nenek moyangmu membuat-buatnya. Allah tidak menurunkan suatu keterangan pun tentang nama-nama itu. Keputusan itu hanyalah kepunyaan Allah. Dia telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Dia. Itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui". (QS. Yusuf : 40)

3. Taat
قل إني أمرت أن أعبد الله مخلصا له الدين(11) وأمرت لأن أكون أول المسلمين(12)

"Katakanlah: 'Sesungguhnya aku diperintahkan supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama. Dan aku diperintahkan supaya menjadi orang yang pertama-tama berserah diri' ".(QS. Az-Zumar : 11-12)

4. Pertanggungjawaban
إنما توعدون لصادق(5) وإن الدين لواقع(6)

"Sesungguhnya apa yang dijanjikan kepadamu pasti benar, dan sesungguhnya (hari) pembalasan pasti terjadi". (QS. Adz Dzaariyat : 5-6)

Begitulah pandangan Al-quran tentang Agama. Jika kita kaitkan dengan Islam,pengertian islam itu sendiri menurut teori yang sudah dikaji dari bahasa arabnya: al-islām, الإسلام "berserah diri kepada Tuhan") (Turk: İslam) adalah agama yang mengimani satu Tuhan, yaitu Allah.

Pengertian Islam menurut bahasa, kata Islam berasal dari kata aslama yang berakar dari kata salama. Kata Islam merupakan bentuk mashdar (infinitif) dari kata aslama ini.
الإسلام مصدر من أسلم يسلم إسلاما

1. Islam berasal dari kata 'salm' (السَّلْم) yang berarti damai atau kedamaian.
وَإِنْ جَنَحُوا لِلسَّلْمِ فَاجْنَحْ لَهَا وَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّهُ هُوَ
السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

"Dan jika mereka condong kepada perdamaian (lis salm), maka condonglah kepadanya dan bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui" . (QS. Al-Anfal : 61)

2. Islam Berasal dari kata 'aslama' (أَسْلَمَ) yang berarti berserah diri atau pasrah.
وَمَنْ أَحْسَنُ دِينًا مِمَّنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ وَاتَّبَعَ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا ۗ وَاتَّخَذَ اللَّهُ إِبْرَاهِيمَ خَلِيلًا

"Dan siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya (aslama wajhahu) kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayanganNya" . (QS. An-Nisaa : 125)

3. Islam Berasal dari kata istaslama-mustaslimun : penyerahan total kepada Allah SWT.
بَلْ هُمُ الْيَوْمَ مُسْتَسْلِمُونَ

"Bahkan mereka pada hari itu menyerah diri". (QS. As-Saaffaat : 26)

4. Berasal dari kata 'saliim' (سَلِيْمٌ) yang berarti bersih dan suci.
إِلَّا مَنْ أَتَى الَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ

"Kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih". (QS. 26 : 89).

إِذْ جَاءَ رَبَّهُ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ

"(Ingatlah) ketika ia (Ibrahim) datang kepada Tuhannya dengan hati yang suci". (QS. Ash-Shu'araa: 84)

5. Islam Berasal dari 'salam' (سَلاَمٌ) yang berarti selamat dan sejahtera.
قَالَ سَلامٌ عَلَيْكَ سَأَسْتَغْفِرُ لَكَ رَبِّي إِنَّهُ كَانَ بِي حَفِيًّا

"Berkata Ibrahim: 'Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu, aku akan meminta ampun bagimu kepada Tuhanku. Sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku' " . (QS. Maryam : 47)

Agama dan Islam jika kita lihat menurut al-quran,keduanya memiliki makna yang sama. Dapat kita simpulkan bahwa agama dan Islam memiliki pandangan yang sama yaitu mengimani satu Tuhan.Maka agama dan Islam saling terkait dan memiliki tujuan yang sama sehingga orang islam = orang beragama. Pantaslah jika Islam disebut sebagai sebuah agama karena berdasarkan segi bahasa dan arti memiliki kesamaan yaitu mempercayai Tuhan. Jelas sekali beragama itu sangat penting:-) karena dengan beragama kita mengimani sang Khaliq dan Islam lah yang mengajarkan cara untuk lebih mengenal sang Khaliq.

Kita harus mengimani atau mempercayai adanya keberadaan Tuhan. Setelah kita sudah mempercayai adanya Sang Khaliq,kita pasti ingin mengenalnya atau mencari tahu dengan mempelajari agama,di Indonesia terdiri dari 5 agama,kita harus mempelajari 5 agama tersebut demi mencari kebenaran. Alhamdulillah jika sudah dilahirkan dari keluarga Islam. Dengan akal dan ilmu inshaAllah kita dapat memilih agama yang benar:-) jika memilih agama yang salah tentu untuk kedepannya salah, ibaratnya agama itu merupakan bahan mentah dalam pembuatan rumah. Setelah kita mendapatkan bahan mentahnya tersebut bagaimana kita mengolahnya bahan tersebut agar bisa membentuk pondasi yang kuat, cara kita mengolahnya itu ibaratnya adalah Islam. Islam lah yang mengajarkan bagaimana kita menjadi manusia baik,damai,kuat dan sabar menjalankan hidup di dunia. Islam itulah merupakan cara untuk membangun rumah surga kita nantinya.

Belajar tidak harus dari hal yang besar. Belajar untuk jadi manusia lebih baik cukup mempelajari Islam saja. Lalu bagaimana kita mempelajarinya? Maka Allah menurunkan Al-quran dan hadits. Serta ijitihad para ulama. Dari ketiga sumber itu kita dapat mempelajarinya.

Mengenal IslamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang