Terbit

121 11 1
                                    

"Tanyakan kepada pasir,
seberapa banyak cintaku.

Tanyakan kepada samudera,
seberapa dalam cintaku.

Tapi, tanyalah kepada pantai,
seberapa indah dirimu."

-ge

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Halo pembaca!

Saya mau ngelanjutin cerita tentang saya h3h3, enjoy.

Pada awalnya kehidupan saya itu bisa dibilang lengkap dan berkecukupan. Dan, saya yang pada saat itu masih belia dan super childish jadi saya gapernah sadar hal-hal yang terjadi di sekitar saya ya wajar aja sih namanya anak SMP yang masih lugu saya dibilang atau sering di panggil anak "rumah", ya jelas karna saya jarang main keluar dan emang dulu saya putih banget, hampir terlalu putih buat anak cowok (ya, karna terlalu putih saya jadi sedikit insecure h3h3).

Saya yang emang dasarnya anak rumahan itu, bikin saya sedikit minder dari anak-anak yang lain, awalnya karna lingkungan dirumah itu anak-anaknya suka main tiap sore dan rame banget kalo udah kumpul semuanya, dulu kira-kira awal saya pindah ke rumah yang sekarang, itu saya sering main keluar, main sama anak-anak yang lainnya dan udah punya banyak temen sekitaran rumah, namun entah gara-gara apa sejak kelas 6 SD saya lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah dan dikenal cukup "sombong" pada waktu itu.

Seiring berjalannya waktu, saya mulai balik main keluar dan balik kumpul lagi sama anak-anak sekitar rumah, mungkin kelas 2 SMP semester akhir saya udah sering banget keluar rumah tiap sore buat main bola di lapangan, atau hanya sekedar ngumpul dan ngobrol sambil ngabisin uang jajan.

Di SMP saya cukup dikenal anak yang caper dan emang sok gaul,
deket kemana-mana dan gapernah milih temen yang jadinya hampir seluruh SMP mungkin kenal sama yang namanya "Pege". Ciri khasnya adalah:
1.Sok ganteng
2.Kacamata bulet
3.Anak basket
4.Suka disuruh-suruh guru
5.Pecicilan

Sampai akhirnya kelas 3 semester awal, saya jadi anak yang lebih emosian dan sering menyendiri waktu itu. Kenapa? karna, papa saya dibawa ke Bandung,
Jadi papa ada "urusan" disana yang cukup lama banget. Kurang lebih ya 3-4 tahun kayanya saya tanpa papa di rumah, walau sebenernya sebulan sekali suka berkunjung dan kangen-kangenan, h3h3.
Walaupun jujur saya dan keluarga merasa cukup kehilangan dan kadang aneh kalo gaada sosok papa di keluarga, padahal lingkungan di tempat papa "kerja" malah friendly dengan orang-orang yang emang deket sama dia dari waktu dia masih di Bogor, dan papa juga keliatan gak terbebani. Tapi balik lagi it feels weird ketika kamu bertahun-tahun sama dia dan tiba-tiba ditinggal cukup lama, ya gak sih?

Saya bisa dibilang deket banget sama papa, hampir kaya temen sendiri, bahkan terlalu santai kalo ngobrol sama dia, bahasa
"gue-lo" itu udah biasa.
Dan disini saya kepikiran, ada waktunya seorang anak cowo butuh bimbingan dari seorang ayah/papa/bokap, dan disaat waktu itu datang, saya lagi ga sama papa yang bikin saya (jujur) cukup kecewa. Tapi ga sampai saya buta arah dan ngelakuin hal ga sewajarnya (ya mungkin sedikit), saya masih bisa mikir dan masih bisa kontrol emosi saya, ya saya pikir saya udah cukup dewasa dan udah seharusnya mikir buat masa depan saya.

Dan ada kaka cowo saya yang udah kerja di Jakarta sekarang pun menjadi kiblat saya, percayalah sebenci-benci nya saya dengan sikap dia yang dingin, kasar, sembarangan, dan nyebelin sampe ubun-ubun, saya tetep sayang sama dia. Karna dia adalah satu-satunya orang selain orang tua saya yang (sangat) saya takutin.

Gaada sosok papa bukan berarti saya kehilangan semuanya, bukan berarti saya harus bandel, nakal, atau apapun itu.
Justru itu ngebuat saya mikir akan tindakan yang bakal dan sudah saya lakuin selama ini.

Makasi pa udah bikin ade sekuat ini, semua ini bukan hukuman, tapi pelajaran buat kita semua, termasuk ade, anak bungsu papah ini.

Love you, dad 🖤

Karena papa saya yang gabisa dirumah, terus lagi ada permasalahan di sana-sini, sampe akhirnya perekonomian di keluarga saya naik turun, ga menentu (anjlok sih kalo dibanding sama sebelumnya). Alhamdulillah juga masih bisa menuhin hal yang penting.

Nah, sampai juga pada akhirnya, ke penghujung masa putih biru yang
berwarna-warni itu, dengan nilai yang pas-pasan.
Saya masuk salah satu SMA negri di kota Bogor ini, yang terkenal dengan "kenakalan" anak-anak nya (ya kalo kalian di Bogor pasti taulah), walaupun sebenarnya sudah pasrah dan sudah daftar ke SMA swasta, anak berkacamata bulat ini masih bisa masuk dan bertahan di SMA negri ini.

Dan kita sampai di mana saya bertemu teman baru, lingkungan baru, dan keluarga baru.

Selamat datang anak lugu berkacamata,

Selamat datang di masa SMA.

-ge

Curhatan si PegeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang