JADILAH DIRI SENDIRI

10 1 0
                                    

Zaman millenial seperti sekarang ini menjadi  "diri sendiri" adalah sesuatu yang langka dan jarang ditemui. Apakah seseorang bisa menjadi "dirinya sendiri"?  bukankah diri kita ini terbentuk berdasarkan pergaulan dan lingkungan sekitar ?

terkadang kebanyakan orang berusaha untuk menjadi trendy  untuk mendapatkan segala pujian dari orang sekitar. Menurutku berusalah untuk menjadi jujur meskipun diasingkan dan dihina oleh orang lain.

Kebanyakan orang diluaran sana bergaya tidak sesuai kemampuan, merasa trendy  dengan mengikuti lingkungan sekitar, dan melakukan hal yang tidak rasional demi di anggap trendy .

Tapi untuk menjadi jujur itulah sebuah kesulitan untuk diri kita sendiri. Setidaknya jujur mengajarkan kita melakukan sesuatu berdasarkan hati nurani, meskipun akhirnya dihina orang lain.

Kebanyakan kita ini takut untuk di caci dan dihina. Kita lupa bahwa orang hebat terlahir dari sebuah hinaan dan menjadikan hinaan itu sebagai batu loncatan untuk menuju kesuksessan.

Hinaan ini adalah proses penempaan diri kita sendiri. Untuk mengetahui seberapa hebat diri kita untuk menghadapi proses ini.  Jadikan caci maki mereka menjadi sebuah prestasi dimasa akan datang. 

Jangan takut menjadi orang jujur, jangan takut untuk melawan arus. Hanya karena tidak ada satupun orang yang setuju akan pendapatmu, bukan berarti pendapatmu salah.

Jangan takut untuk menjadi diri sendiri, takutlah jika kamu tidak mempunyai harga diri lagi.

Ketika orang lain memakai gadget keluaran terbaru, dan kau hanya tetap memakai gadget jadulmu, tak perlu meminta mereka untuk mengerti.

Ketika orang lain memakai motor keluaran terbaru, dan kau hanya tetap memakai motor tua mu, tak perlu meminta mereka untuk mengerti.

Ketika orang lain terikat akan rutinitas, dan kau hanya terikat kepada kebebasan, tak perlu meminta mereka untuk mengerti.

Ketika orang lain asyik dan betah didunia maya, dan kau hanya betah didunia realita, tak perlu meminta mereka untuk mengerti. 

Ketika orang lain melakukan sesuatu karena untuk disukai orang lain, dan kau hanya melakukan sesuatu yang kau suka tanpa mengharap pujian orang lain, tak perlu meminta mereka untuk mengerti.

Kita tidak perlu menyeragamkan diri kita sendiri terhadap orang lain. Tak perlu kekinian karena  kekinian akan menjadi hal bodoh disuatu saat.

Tak perlu repot-repot menyamakan diri kita dengan orang lain, kau diciptakan untuk menjadi unik . Sudah terlalu banyak orang yang menyeragamkan diri mereka sendiri.

Dirimu hanya ada satu dimuka bumi ini, lebih baik di hina dan di benci karena lidah berkata jujur, daripada disukai dan dipuji karena lidah menjilat.

Penganggummu akan pergi setelah kau tidak sesuai lagi dengan imajinasinya, tetapi orang yang menyanyangimu akan tetap bersamamu meskipun dia tau semua keburukanmu.

Dia menerima dengan apa adanya ,tanpa menuntut untuk menjadi orang lain dan ini jauh lebih indah, dibandingkan menjadi orang lain hanya untuk disukai kebanyakan orang.

Penulis : Muhammad Fauzi
Instagram : @muhammadfauzi746

Terukir Nama-Mu Di Laudz Mahfudz Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang