Sakit Hati

433 43 9
                                    

Setiap manusia di dunia ini pasti pernah mengalami yang namanya sakit hati. Sakit hati karena ucapan atau perlakuan. Namun, dari pengamatanku mereka memiliki cara tersendiri untuk mengobati sakit hati itu.

Sebagian dari mereka memilih untuk memaafkan lalu melupakan.

Memaafkan mereka yang pernah menyakiti lalu melupakan segala sesuatu yang membuat sakit hati.

Kemudian, sebagian dari mereka memilih untuk membalas dendam dengan mengingat-ingat.

Membalas dendam kepada mereka yang pernah menyakiti dengan mengingat-ingat apa yang pernah mereka lakukan.

Efar bilang, cara balas dendam terbaik adalah dengan cara membantu mereka ketika mereka ( yang pernah menyakiti) susah dan butuh bantuan.

Namun, jarang aku melihat korban sakit hati yang memakai cara Efar atau memakai cara memaafkan lalu melupakan.  Kebanyakan dari mereka lebih memilih opsi membalas dendam dengan membuat si pelaku sakit hati menderita dengan cara membunuh, membully balik, atau membongkar aib yang intinya membuat si pelaku harus merasakan sakit hati yang sama.

Sebenarnya kita tak bisa menghindari rasa sakit hati itu. Karena, entah sadar atau tidak, kadang mereka memang membuat kita sakit hati. Dan, kita pun tinggal di lingkungan yang banyak orang, kecuali bila kamu tinggal di hutan, pastilah takkan ada seorang pun yang membuatmu sakit hati.

Namun, bisakah mulai sekarang kita lebih berhati-hati? Karena perlakuan atau ucapan buruk kita mampu membuat orang lain sakit hati, sehingga berdampak buruk bagi mereka.

Ingat kawan, bila mereka yang sakit hati menuntut balas atas apa yang telah kamu lakukan, saat itu juga kamu harus berlapang dada.

What you give is what you take.

UntitledTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang