Masalah

402 35 1
                                    

Siapa yang tak pernah mendapat masalah? Bahkan para nabi pun dapat masalah, apalagi kita yang hanya manusia biasa?

Yang membedakan kita dengan yang lain adalah bagaimana cara mengatasi masalah itu.

Sebagian orang lebih memilih mengatasi masalah dengan tenang. Tapi, ada juga sebagian orang yang lebih memilih mengatasi masalah dengan koar-koar.

Apa kalian tahu, bahwa masalah yang tadinya sepele menjadi tambah runyam hanya karena tingkah kita?

Karena apa? Karena kita terlalu membesar-besarkan masalah.

Untuk menyelesaikan masalah kita harus tenang dan berfikir. Memutar akal kita untuk mencari jalan keluar supaya masalah ini bisa selesai.

Marah-marah tak akan menyelesaikan masalah, yang ada menambah masalah.

Masalah tak hanya datang sekali, tapi berkali-kali selama kita hidup.

Kadang masalah satu belum kelar, kita dapat masalah lain. Benar tidak?

Karena masalah ada itu untuk belajar. Belajar bagaimana menyelesaikan masalah dengan benar. Setiap ada masalah itu kita diharuskan belajar.

Masalah satu mengajarkan kita untuk ini, masalah lain mengajarkan kita untuk itu.

Bahkan masalah orang lain pun bisa kita jadikan pembelajaran.

Karena masalah ada itu untuk mendewasakan kita, bagaimana kita bertindak dan bagaimana kita harus bersikap.

Semoga kita semua bisa bijak dalam menangani masalah yang ada. Jadikan masalah hari ini sebagai bekal untuk menghadapi masalah di esok hari.

Andaikan bisa meminta, pasti kita tak ingin mendapat masalah, kan? Tapi, apakah kita bisa hidup tanpa masalah?

UntitledTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang