01

2 1 0
                                    

Pindahku menjadi keputusan yang terindah

~~~

Waktu menunjukkan pukul 10.00, waktu yang pas untuk berhibernasi di hari minggu dari pada beraktivitas tapi tetap saja hiruk piruk kota Jakarta tidak bisa dihentikan padahal waktu masih pagi ,dan  itulah kegiatan yang selalu gue lakukan setiap hari minggu datang yaitu HIBERNASI.

"VINAAA BANGUN JANGAN TIDUR MULU NANTI REZEKINYA DIPATOK AYAM". Teriak mamah.

"Iya mah 5 menit lagi" sahut gue yang masih asik bergelut dengan mimpi.

"GUSTI BINGUNG MAMA MAH SAMA KAMU, KERJA NA TEH HIBERNASI WEH JENG HIBERNASI" Omel mamah.

"Oeoooeeee oeoeee" tangisan dede bungsu menggema

"PAPAH PEGANG SI BUNGSU MAMA LAGI MASAK" teriak mama.

"Mamam mamam oeooo oeoo" tangisan Mas Ayub.

"SUSAN ANAK KAMU TUH MINTA MAKAN, SAMA SUAMI KAMU BANGUNIN KERJA DAN SI ZAKARIA KEMANA?" teriak mama lagi.

"IYA MAH, SI ZAKA MASIH TIDUR SAMA ATEUNYA" teriak kaka gua.

"MAH PAPAH MINTA BIKININ KOPI" teriak papa juga.

"GAK NGELIAT PAH AKU MASIH MASAK, UDAH NANTI AJA URUS DULU TUH SI BUNGSU,SUSUNYA ADA DIKASUR" Teriak mama sambil marah marah.

"VINA BANGUN JANGAN HIBERNASI TERUS, ANAK PERAWAN BUKANNYA BANTUIN MAMA NYA MASAK KEK, GIMANA NANTI PUNYA SUAMI, SUAMI KAMU MAU DILAYANIN APAAN BANGUNNYA AJA SIANG TERUS" Teriak mama lagi lagi dan lagi

"Haduh mah kan namanya juga hari minggu yah, saatnya hibernasi".

"Astagfirullah punya anak perawan tapi kaya punya anak bujang, bantu bantu mamanya kek" gerutu mamah

"Iya iya nih bangun". Jawab gua langsung bangkit dari tempat tidur dengan setengah nyawa, gua bangun dengan perlahan karna takut si Zakaria bangun kan kalo bangun tambah lagi kebisingan di rumah, terus kalo gua gak bangun dari hibernasi bisa bisa mama gua teriak teriak sampe mulutnya berbusa itu kan menyeramkan.

Ya seperti itulah aktifitas keluarga gua di rumah sederhana milik keluarga papa Surya dan mama Linda yang dihuni oleh 2 orang dewasa laki laki, 2 orang dewasa perempuan, 1 orang remaja perempuan, 1 orang bayi perempuan, 1 orang balita laki laki,dan 1 orang anak laki laki di salah satu kampung kota Jakarta.

Oh iya hampir lupakan kenalin nama gua adalah Vina Maretyana anak pertengahan dari 3 bersaudara, kaka pertama bernama Susan maharani dan sudah menikah dengan Ridan Effendi memiliki anak bernama Mas Zakaria yang masih anak anak dan Mas Ayub yang masih balita. Dan adek gua yang bernama Jannati Maulida yang masih bayi di karenakan sang Mama hamil tanpa direncanakan padahal udah punya cucu 2 dan umur gua udah 16 tahun bisa bayangkan, gua punya adek di umur segitu, padahal umur gua sekarang 17 tahun!!.

"Vina abis mandi langsung jemur pakaian, mamah sama papah mau ngomong sama kamu" ucap mama.

"Iya mah siap" sahut gue.
Ada apaan yah gak kaya biasanya mamah ngajak ngomong dikasih tau dulu biasa juga spontanitas?. Pasti ada yang serius. Pikir gue.

Setelah gua melakukan ritual mandi ala anak gadis yang lama banget terus udah jemur pakaian saatnya melaksanakan titah orang tua.

Keluarga gua bukan orang kaya yang punya duit banyak, bukan jutawan atau milliyarder apalagi billioner, keluarga gua keluarga sederhana yang tinggal di salah satu rumah kecil di pinggiran Kota Jakarta bagian barat yang sama sama berjuang beradu nasib menjadi anak rantau, yang beli baju bagusnya paling banyak cuman lebaran doang itu juga cuman 2 steal baju.
Gua juga cewek biasa biasa aja, gak ada yang special dalam diri gua, kalau kalian berharap gua cantik!!! Oh itu salah gue cewek pendek dengan pipi chubby di tambah ada beberapa noda jerawat tapi gak banyak, warna kulit kuning langsat, rambut hitam lebat kaya iklan shampoo, jadi jangan berharap gua cantik kaya shifa hadju atau cassandra lee.

"Ada apa mah?tumben banget mau ngomong aja bilang dulu?" Tanya gua tanpa basa basi.

"Tuh papah mau ngomong" sahut mamah.

"Jadi gini vin, kamu taukan keadaan ekonomi kita gimana? hasil papah jadi OJOL (ojeg online) belum memenuhi kebutuhan kita sehari hari ditambah utang kita yang di bank ditambah lagi kamu sekolah kan semuanya butuh biaya!. Jadi papah sama mamah rencananya mau pindahin kamu ke sekolah di SUBANG kamu tinggal sama nenek dan kakek hitung hitung nemenin mereka yang udah sepuh" jelas papah

"Tapi pah aku kan udah kelas 2 SMA masa pindah sih? Emang hasil mama ngejahit juga kurang?" Tanya gua.

"Hasil mamah jahitkan bantu bantu papah menutupi hutang di bank, bisa kok nanti papah yang atur surat pindahnya" jelas papah lagi.

Gua pindah atau engga yah?. Di satu sisi gua gak mau ninggalin sekolah gua yang enak banget walaupun gua gak punya temen sih, di satu sisi kasian mamah papa gua, okeh mungkin ini yang terbaik. Pikir gua.

Tarik napas buang, gua yakin ini pilihan yang terbaik.
"Aku mau pindah ke SUBANG" jawab gua yakin.

"Ya udah minggu depan kamu pindah" jawab mamah senang.

"Minggu depan mah? Kok cepet banget?" Tanya gua kaget.

"Makin cepat Makin baik" ucap papah.

"Baiklah" jawab gua pasrah.

Semoga ini jalan yang terbaik.... I hope

*****

Heem awal yang sangat makin aneh!!
Jangan lupa comment dan likenya yah :-)

HOPETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang