1 - Perasaan apa ini?

179 2 0
                                    

Gue Vanka. Anak rantau dari Jakarta. Gak jauh-jauh banget sih, gak sampe keluar pulau Jawa, dan hanya pindah ke Ibukota provinsi Jawa Barat, Bandung. Gue masuk ke salah satu Sekolah Menengah Kejuruan disana. Kenapa gue pindah? Ceritanya panjang banget. Pokoknya, ini semua gara gara disuruh nyokap bokap gue, mereka mau buang gue kali ya? Hm. Tapi, dengan kepindahan gue ke Bandung ini, serta masuknya gue ke sekolah gue ini, nyokap gue menaruh harapan banyak ke gue untuk tetep ngebanggain dia dengan bisa dapet scholarship. Sulit kan?

Karena gue masuk SMK, otomatis pelajaran anak SMA yang kayak fisika, kimia, sejarah itu cuma berlaku di kelas 10 aja. Guru-guru di sekolah gue juga kebanyakan masih muda semua. Gue tuh ya semacam cewek biasa lah ya, kalo ngeliat cowok ganteng tuh ya begitu, ada beberapa sih yang pernah gue suka, tapi ya suka suka nya kayak gitu aja. Kayak misalnya, yang pertama, kak Azriel, gue suka sama dia pas awal banget masuk sekolah, soalnya pas gue MOS dia tuh yang mimpin mimpinnya, tegas banget cui, apalagi ditambah dia yang jadi pembimbing kelompok MOS gue, rejeki nomplok kan?

Ya, pada saat gue suka sama kak Azriel, ada beberapa cerita sih yang cukup membuat gue baper, kayak dia pernah nyamperin gue pas lagi duduk di kantin, terus pernah juga waktu gue lagi makan, tiba tiba ternyata dia duduk depan gue kan, terus dia nengok ke belakang nanya ke gue "Eh Vanka, makan apa?" seneng sih, tapi gak berbobot banget pertanyaannya, dan gue cuma jawab "Ya ini makan apa?" terus dia ketawa2 gajelas. Pernah juga dia ngajakin gue bikin cover pas pulang sekolah, kan gue "content creator" gitu ceritanya, suka bikin video di YouTube + bikin song cover di Instagram padahal suara gue biasa-biasa aja.

Tapi, itu cuma berkisar beberapa bulan doang, soalnya muncul lagi lah kak Hilmy yang ternyata dia playboy coi. Ya, tapi tampan. Dia sih suka ngedm gue. Serta, dia suka mancing mancing kebaperan gue, masa dia mau beli motor bakal jalan sama gue. Ngakak gak sih. Gue kesel juga, karena tau-tau mereka berdua punya cewek. Lucu cui. Dasar cowok.

Oh iya, ada yang mau gue kenalin ke kalian, guru tertampan yang masih muda di sekolah gue. Guru sejarah. Pak Aksa. Ganteng. Banget. Gue dulu sama temen-temen gue suka ngeidolain dia gitu, abis ganteng. Tapi tau-taunya pelit nilai banget. Kikir asli. Nilai gue gak pernah tuntas sama dia. Kalo ngasih kisi-kisi, pas ujian yang keluar 1000% lebih susah dari kisi-kisi yang kita pelajarin. Jahat banget kan? Gue jadi kesel dan benci sama dia. Kenapa? Karena dia ngotorin rapot gue, kan gak enak kalo ngirim ke nyokap ada yang dibawah kkm. Udah mana kalo remedial, ngasih tugasnya susah banget, masa disuruh bikin globe dalam seminggu, aransemen lagu, terus gitu deh yang aneh-aneh. Tapi dia pinter banget sih, saking pinternya kayaknya dia lebih cocok jadi dosen daripada jadi guru anak SMK yang notabene kita tuh lebih menjurus ke bidang-bidang jurusan kita kan daripada pelajaran-pelajaran SMA.

Tapi, sekarang, tepatnya 2 bulan lagi gue bakalan naik kelas. Kenapa tiba-tiba gue merasakan hal yang lebih kalo dia masuk pelajaran di kelas gue. Gak tau sih. Pokoknya, setelah liburan UNBK dan USBN itu, gue merasakan hal yang berbeda dari dia, sebenernya sama sih. Cuman mungkin gue yang baru nangkep. Ya sebenernya, sebelum itu dia juga kayak gitu sih, tapi gue kok gak nyadar. Jadi waktu itu hari Rabu, gue lagi UAS, dan salah satu pelajaran yang paling susah adalah Sejarah di hari itu.

Nah setelah UAS Sejarah, gue ke masjid buat sholat Dhuha, datanglah salah satu temen gue yang beda jurusan, namanya Kirana. "Susah banget gak sejarah?" tanya gue. "Asli parah banget" jawab dia. Gue pun iseng, sebelum wudhu gue buka hp dan bikin InstaStory, gue bikin boomerang berdua sama Kirana, dengan caption "Terimakasih Sejarah", tiba-tiba Pak Aksa ngereply dm gue. "Iya sama-sama". Lah? Hahaha. Gue jawab lah "Iya pak, saya jatuh cinta banget sama soal sejarah" terus dia bales lagi "Iya, saya juga ❤", pas saat itu gue gak baper, soalnya gue masih biasa aja sama dia. Gue read aja deh.

Terus, sebelum libur UNBK ada presentasi tertutup di mata pelajaran dia. Waktu ini, gue juga belom naksir. Nah, pokoknya satu hari Senin hari dimana ada pelajaran Sejarah, waktu pengumpulan bahan presentasi, itu tuh tepat banget hari kejepit, dan kelas gue banyak banget yang gak masuk, yang masuk tuh cuma 15 orang. Gue? Karena gue anak rajin, gue termasuk di orang-orang yang menyelenggarakan "Harpitnas", gak masuk lah, ngapain masuk. Parahnya, cuma kelompok gue, yang seluruh anggotanya gak hadir. Alhasil, kita gak ngumpulin. Minggu depannya, waktu presentasi tertutup dimulai, pak Aksa bilang "Saya sudah ngeliat seluruh bahan presentasi kalian, tapi ada satu yang gak ngumpulin, saya gak tau kelompok siapa". Gue langsung bisik-bisik ke temen kelompok gue, sambil ketawa. "Kita-kita", bisik gue.

"Tapi, saya mau yang maju untuk presentasi duluan adalah kelompoknya Vanka,". Hah? Kenapa gue? Dendam nih orang. Gue pun maju dan ngasih kertas bahan presentasi ke dia yang seadanya banget. Itu kita kerjain di hari itu juga, parah. "Oh, jadi kelompok ini yang belom ngumpulin?" "Hehe, iya pak. Kemaren gak ada yang masuk," jawab gue. "Yaudah, semuanya keluar dulu selain kelompoknya Vanka,". Itu degdegan banget gak bisa terkontrol. Karena, kita semua tau dia sepinter apa, kita semua tau dia setengil apa, udah pasti dia bakal nyari kesalahan-kesalahan kita. Kenapa? Di hari dia ngasih tugas ini, dia bilang "Saya bakalan ngasih pertanyaan yang harus kalian jawab dan harus benar, paling-paling sih ada yang nangis,". Hah? Nangis. Yang kedua, pas semester 1 kita juga pernah dapet tugas kayak gini, dan itu bener-bener kita gak bisa jawab soal dari dia. Pinter banget parah dia tuh.

Presentasi pun dimulai. Tegang banget. Apalagi, muka dia yang bener-bener sinis kayak mau ngajak ribut, tambah bikin suasana semakin tegang. "Yak, coba gimana hasil dari presentasi kalian?"

. . .

Bersambung

Yak, jadi begitu teman-teman, chapter pertama dari story ini? Gimana gimana menurut kalian, menarik untuk dilanjut atau nggak?

Tunggu episode selanjutnya ya.
Terimakasih sudah membaca.

💛💛💛

Berawal Dari "Kamu"Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang