Jalaluddin Ar Rumi dengan Guru Mursyidnya

41 2 0
                                    

Allahumma shalli'ala sayyidina Muhammadin wa a'laa aali sayyidina Muhammad

****
Suatu malam, Jalaluddin Ar Rumi r.a mengundang syeikh syams tabrizi kerumahnya.

****
Sang Mursyid Syamsudin pun menerima undangannya itu dan datang kekediaman rumi. Setelah semua hidangan makan malam siap, syams berkata pada Rumi.

****
" Apakah kau bisa menyediakan minuman untukku?"
( Yang dimaksud: arak/khamr) Rumi kaget mendengarnya.

" Memangnya guru juga minum?"

"Iya", jawab syams
Rumi masih terkejut ,

" Maaf saya tidak mengetahui hal ini".

"Sekarang kau sudah tau maka sediakanlah".

"Diwaktu malam seperti ini, Dimana aku bisa mendapatkan arak?".

"Perintahkan salah satu pembantumu untuk membelinya".

****
"Kehormatanku dihadapan para pembantuku akan hilang".

" Kalau begitu, kau sendirilah yang pergi untuk membeli minuman".

****

" Seluruh kota mengenaliku, bagaimana bisa aku keluar membeli minuman?".

" Kalau memang kau muridku, kau harus menyediakan apa yang aku inginkan. Tanpa minum,malam ini aku tidak akan makan, tidak akan berbincang, dan tidak bisa tidur".

****
Karena kecintaan pada gurunya syams, akhirnya Rumi memakai jubahnya, menyembunyikan botol Dibalik jubah itu dan berjalan  kearah pemukiman kaum Nasrani.

****
Sampai sebelum ia masuk ke permukiman tersebut, tidak ada yang berpikir macam macam terhadapnya, namun begitu ia masuk ke permukiman kaum Nasrani, beberapa orang terkejut dan akhirnya menguntitnya dari belakang.

****
Mereka melihat Rumi masuk ke sebuah kedai Arak. Ia terlihat mengisikan botol minuman kemudian ia sembunyikan lagi dibalik jubah lalu keluar. Setelah itu ia diikuti terus oleh orang orang yang jumlahnya bertambah banyak. Hingga sampailah rumi didepan mesjid Tempat ia menjadi imam bagi masyarakat kota.

****
Tiba tiba salah seorang yang mengikutinya tadi Berteriak!
" Ya ayyuhan naas, syekh Jalaluddin yang setiap hari imam sholat kalian baru saja pergi ke perkampungan Nasrani dan membeli minuman!!! ".
Orang itu berkata begitu sambil menyingkap jubah Rumi. Khalaya melihat botol yang dipegang rumi.
" Orang yang mengaku ahli Zuhud dan kalian menjadi pengikutnya ini membeli arak dan akan. Dibawa pulang!!!".
Orang itu membeli siarannya.

****
Orang orang bergantian meludahi muka Rumi dan memukulnya hingga serban yang ada di kepalanya lengser keleher. Melihat Rini yang hanya diam saja tanpa melakukan pembelaan, orang orang semakin yakin bahwa selama ini mereka ditipu oleh kebohongan Rumi tentang Zuhud dan takwa yang dapat diajarkannya. Mereka tidak kesian lagi untuk terus menghajar Rumi hingga ada juga yang berniat membunuhnya.

****
Tiba tiba terdengarlah suara syams tabrizi:
" Wahai orang yang tak tahu malu, kalian telah menuduh seorang alim dan fikih dengan tuduhan minuman khamr, ketahuilah bahwa yang ada di botol itu adalah cuka untuk bahan masakan. Seseorang dari mereka masih mengelak.

" Ini bukan cuka, ini arak". Syams mengambil botol dan membuka tutupnya. Dia m meneteskan isi botol ditangan orang orang agar menciumnya. Mereka terkejut karena yang dibotol itu memang cuka. Mereka memukuli kepala mereka sendiri  dan bersimpuh dikaji Rumi. Mereka berdesakan untuk meminta maaf dan mencium tangan Rumi hingga  pelan Pelan mereka pergi satu demi satu.

****
Rumi berkata pada syams, "malam ini kau membuatku terjerumus dalam masalah besar sampai aku harus menodai kehormatan dan nama baikku sendiri. Apa maksud semua ini?".

****
" Agar kau mengerti bahwa wibawa yang kau banggakan ini hanya khayalan semata. Kau pikir kehormatan orang orang awam seperti mereka ini yang selalu abadi? Padahal Kau lihat sendiri, hanya karena dugaan satu botol minuman  saja semua penghormatan itu sirna dan mereka jadi meludahimu, memukuli kepalamu dan hampir saja membunuhmu. Inilah kebanggaan yang selama ini kah perjuangan kan dan akhirnya lenyap dalam sesaat.

****
Maka bersandarlah pada yang tak tergoyahkan oleh waktu dan tidak terpatahkan oleh perubahan zaman, bersandarlah hanya kepada Allah SWT.

🔷🔲🔷🔲🔷🔲🔷🔲🤣

Ingat yah teman teman semua yang ada di dunia ini sifatnya fana

Hanya sementara!!!

Maka kejarlah dunia seakan akan kamu hidup untuk selama lamanya,

Dan kejar akhirat seakan akan kamu hidup hanya satu hari

So, jangan lupa tekan bintang dan vomentnya yah 😊

Assalamualaikum...🤗

Berita Islami Masa KiniTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang