Rumah bagi buku adalah tempat ia berdiam selama tidak dibaca. Idealnya adalah ditempatkan pada lemari atau rak buku khusus. Usahakan tidak menyimpan di dalam kardus ataupun kotak kayu.
Simpan buku dengan cara disusun berdiri, jangan pernah dengan cara menumpuk karena bisa merusak jilid buku dan covernya, Gunakan pembatas rak agar buku yang kita susun berdiri tegak. Susunlah buku berdasarkan klasifikasinya agar nanti mudah untuk dicari. Pengecualian untuk booklet boleh disimpan dengan cara ditumpuk.
Susunan buku berdiri selain memudahkan saat mencari judul, juga dimaksudkan agar udara dapat tetap masuk ke dalam sela-sela buku, menumpuknya hanya akan membuatnya menjadi cepat lembap. Bahkan jika dibiarkan menumpuk dalam jangka waktu yang lama, lembaran-lembaran buku akan saling menempel dan huruf-hurufnya pun menjadi cepat pudar.
Guna mencegah kertas menguning dan berjamur, bagian kertas tdak bersentuhan langsung dengan kayu dinding rak. Bisa disiasati dengan melapisi bagian dasar rak dengan plastik atau kertas lain. Hal ini disebabkan adanya kecendrungan kayu untuk mengeluarkan zat asam tertentu yang bisa menyebabkan kertas buku menguning dan berjamur.
Terdapat beberapa kriteria ruang penyimpanan buku, di antaranya adalah:
a. Ruangan dengan temperatur yang stabil, sejuk, kering/tidak lembab (tingkat kelembaban udara sekitar 35%-50%), sekitar 16-18 derajat celsius - hindari gudang yang letaknya di bawah permukaan tanah maupun terlalu dekat dengan atap/langit-langit rumah
b. Tidak gelap, cukup terang. Serangga sangat suka membuat sarang di tempat yang gelap dan tempat yang gelap juga merupakan tempat yang ideal bagi jamur untuk berkembang biak
c. Tidak terkena sinar matahari langsung maupun cahaya lampu yang panas
d. Ada jarak dengan ventilasi ruangan (jendela atau pintu) dan benda-benda elektronik yang bisa mengeluarkan panas (misalnya: kulkas, oven, radio, TV)
e. Letaknya mudah dijangkau dan dibersihkan secara berkala
f. Memiliki sirkulasi udara yang memadai - usahakan lemari buku tidak menempel ke dinding atau bersentuhan dengan lantai.
YOU ARE READING
TIPS MERAWAT BUKU YANG BAIK
غير روائيBuku adalah jendela dunia, banyak hal yang bisa didapatkan dari rutintas membaca. Entah itu milik sendiri, meminjam dari perpustakaan, teman ataukah sanak saudara. Buku adalah mercusuar yang berdiri di tepi samudra waktu yang luas. Tapi buku tak han...