Birthday Party (1)

39 8 2
                                    

"it's my happy birthday."


Benar saja,hembusan angin malam ini menemani pestaku. Balon yang di tata rapih,dan tanpa sadar hampir semua warna baju yang dikenakan keluargaku bernuansa hijau,padahal aku sama sekali tak menentukan dresscode. Ngomong-ngomong tentang hijau,entah mengapa aku begitu menyukai warna hijau daun itu. Menurtku segar saja. Enak di pandang. When you boring about your work,your study,or whatever lah,coba deh pandang dedaunan yang warnanya hijau,rasanya tuh adem banget. Oke,cukup penjelasan warnanya. Aku dan keluarga ku sedang heboh menata posisi agar dapat berfoto bersama.

"Ehh geseran dikit ngapa." Ucap Aretha,kakak sepupu terr-mungil yang pernah ada. Ya bayangin aja,dia cucu paling gede tapi bisa badanku yang lebih gede dan tinggi dari dia. Gila gak tuh? Eya, wanita 22 tahun yang menurutku sudah mencapai titik kesuksesan. Bayangin aja,disaat temen-temen nya naik motor orang tua, dia udah berhasil ngelunasin motor dengan uang sendiri, temen-temen seangkatan dia pake cincin satu doang di jari manis itupun segede biji cabe, dia udah make lima sekaligus segede gaban, dimana temen dia sekarang semester akhir dan pada pusing dia malah enjoy nikmatin duit yang terus ngalir kayak air terjun di Sumatera Barat. Emang sihh, sedikit banyak dia suka iri liat temen SMA nya. Ngelihat temen-temen SMA nya kuliah buat dia sedikit minder. Tapi ya,Hellowww Eya, apa yang perlu kamu iriin? Harusmya mereka yang iri sama kamu,kamu bisa beli apapun yang kamu mau pake duit kamu sendiri,enjoy your life,syukurin aja. Dia anak cueek,bodoamat,trus gak bisa diajak gila-gilaan. Oh iya satu lagi,aku gak bisa bohong, dia cantik.

"Noh,makan tuh tempat." Ucap tanteku,Ririn. Ini sama mungilnya kayak Eya, bedanya tante Ririn jauh lebih tua dan kocak.

"Ihh badan aku kan kecil,ntarr kalau di geser-geser makin gak kelihatan." Rengek Eya.

"Iya udah woii jangan pada berantem cuma gara-gara foto. Geser Rin.kasih tuh bocah ruang yang luas,biar baju dia yang hits itu kelihatan." Ucap salah satu tanteku yang lain. Evi.

Nyengir,Eya hanya nyengir. Berfoto ria sudah selesai. Masuk ke acara selanjutnya,sebelum tiup-tiupan lilin,biasanya mamaku akan memberi kata sambutan sekaligus doa dan nasehatnya. Ini yang paling mengharuhkan sih,tapi kudu di tahan,jangan sampek blush on ku luntur.Engga deh, lebih tepatnya sekarang bukan waktunya buat nangis. Setelah menyelesaikan ritual nasehat. Lilin perlahan di nyalakan,nyanyian Happy Birthday mulai terdengar bersahutan di telinga. Ahh indahnya melihat senyum mereka. Tenang,itu yang kurasakan. Selesai melakukan itu,kami makan. Makan malam yang sebenarnya paling di tunggu-tunggu oleh mereka,namun aku lebih menunggu bagian setelah makan-makan,yaitu pemberian kado,jauh lebih menebarkan.

"Gila,badan aja yang kecil,makannya tetap satu konteiner. Hebat banget." Ucap paman muda ku,Riyan. Dia asli Aceh,namun tinggal disini bersama kami di karenakan sebuah alasan yang cukup kuat untuk membuatnya tetap bersama kami di tempat ini.

"Ahh berisik,paman gak usah protes,nikmatin aja tuh paha. Bayangin pahanya bik Odah tuh." Kata kak Eya.

"Bagusan juga mikirin pahanya Kimberly daripada pahanya bik Odah." Ucap paman Riyan lagi. Dasar mereka,emang gak pernah akur.

Ngomong-ngomong soal abang dan papa,kalian penasaran gak sih aku dari tadi gak ceritain keberadaan mereka di acara pestaku ini? Iya, mereka lagi gak di rumah, abang sama papa lagi nyari rezeki ke Manado, all hasil aku sama abang ngerayain ulang tahun lewat vc aja, seenggaknya pas aku tiup lilin dia bisa lihat dari hp. Merasa ada dia. Jujur,kangen. Tapi yaudahlah. Kalau papa, dia vc an sama mama. Ngerayain online lah istilahnya.

Akhirnya adegan yang aku tunggu-tunggu sudah di depan mata. Kak Eya dan tante Ririn mengambil beberapa bingkisan dari bagasi motor mereka masing-masing. Gila sih,itu banyak banget. Unboxing nih yang paling seru. Pas buka dari Kak Eya,dia kayak ngasih stelan gitu, baju tunik abu-abu,jilbab bercorak perbaduan abu-abu dan hitam,trus baju piama yang bercorakkan kartun doraemon. Kado dari tante Evi,hoodie yang warnanya tuh hijau. My favorite colour banget. Trus dari tante Ririn baju piama yang ada saku nya di depan,lucu banget. Dari paman Riyan ada pansus warna abu-abu,cocok banget kalau aku pake sama baju yang dikasih kak Eya tadi. Dari Uwak ada baju piyama warna pink,girly banget. Hmmm,bacot banget ya aku. Dari pacarnya abang ada sendal trus ada bulu-bulu nya gitu,fix itu lucu banget sendalnya sumpah gak boong. Dan dari tante Wulan, aku dibawa langsung ke toko nya buat pilih sendiri,sepatu. Wkwk. Selesai buka itu semua, tiba-tiba mama dateng dari belakang bawa bingkisan gede banget. Ada dua bingkisan. Bingkisan pertama yang aku buka isinya mukenah warna putih itu dari mama dan aku suka banget sama bordirannya. Bingkisan terakhir,oh God. Nikmat Tuhan manakah yang kau dustakan? Itu isinya laptop dong. Aku dapet laptop baru. Dan itu dari abang. Gila banget dia. Berarti ngeprank aku dianya.

Sedikit throwback. Dibalik semua hadiah yang di kasih ke aku, sebenarnya itu adalah hasil dari kode-an ku sebulan sebelum aku ulang tahun. Bukan kode sih itu,lebih tepatnya nyuruh beliin. Nah iya itu. Sebulan yang lalu aku ngirim vidio ke abang lewat Whatsapp,vidio yang isinya tuh nunjukin laptop warna hijau lucu banget. Ya,berhubung notebook aku juga rusak, dan itu bener-bener ngehambat proses belajar ku banget,akhirnya aku minta ke abang. Kemaren sebelum aku ultah,abang bilang, "De,maaf ya abang gak bisa beliin kamu laptop, mungkin tahun depan kalau abang ada rezeki dan umur abang nyempe pasti abang beliin kamu kok." Baca teks itu antara aku pengen nangis atau tetap stay cool. Karena gimanapun abang udah usahain itu buat aku,jadi aku gak punya alasan buat ngambek ke dia. Nahh loh,lihat aja,tiba-tiba tuh laptop udah di depan mata aja ya Allah, bener-bener bersyukur parah. Aku langsung ambil hp trus vc abang. Aku marah-marahin dia sambil nangis. Aneh sih aku,kenapa malah marah-marah ya? Kan udah di beliin. Ya kesel aja,udah sempat sakit hati gitu. Trus di balik ponsel dia cuma senyum-senyum tahi lalat astaga. Tau ah. Lanjut guys. Kado dari kak Eya,aku ngodein dia setiap kami makan malam bareng,aku suka ngomong, " Keknya tunik bagus ugha ya." Aku always ngomong gitu,gak Cuma makan malam aja sih,ya setiap ketemu dia aku pasti ngomong kayak gitu. Ehh tiba-tiba dia ngasih tunik + jilbab nya trus pake bonus baju piyama. Emang kakak sepupu terr-thebest dah. Kalau dari paman, setiap dia pulang kerja aku selalu nyium tangannya,sambil ngomong, " 38 " , ukuran kaki ku. Paman cuma senyum-senyum najis. Wkwk, kayaknya aku yang najis dehh. Trus tante Evi,aku always ngirim foto hoodie ke dia, dan tante wulan,dia emang udah janjiin buat bawa aku ke toko sepatu dan pilih sendiri. Kalau dari mama,aku bilang jleb langsung aja, " Ma,Kakak pengen mukenah baru. Mukenah kakak always pake yang bekas mama mulu." Mama diem aja, dan tiba-tiba udah di kasih aja. Ini kebahagiaan yang komplit menurutku. Bisa tertawa lepas bersama mereka satu malaman.

Sudah kukatan di awal, ini akan menjadi hari yang panjang bagiku. Benar saja, hari ini begitu melelahkan sekaligus membahagiakan. Oh iya,kecemasan ku terhadap ocehan mama sepulang sekolah benar saja terjadi. Belum mengucapkan salam,mama sudah menyemburku dengan berbagai macam mantra luar biasa miliknya dan lantas membuat ku bungkam. Daripada aku ngelawan, lebih baik aku langsung bantu aja. Ya walupun sepanjang aku bantu mama ocehannya gak berhenti. Bayangin aja gimana kesehatan telingaku sekarang. Pasti dia lagi syok parah deh. Setiap akhiran omelannya pasti ngomong, " ini tuh gara-gara kamu,udah tau ada acara di rumah, masih aja ikut-ikutan sama temen kamu. Gak mikirin mama banget." Tuhh kan aku sampek hapal mati apa yang di bilang mama ke aku. Ya wajar mama marah,aku gak mikir panjang soal itu memang. Aku mikirnya,semua pasti berlalu,udah itu aja.

Satu persatu keluargaku meninggalkan acara, ya jelas pulang ke rumah mereka masing-masing. Eitsss kalian jangan salah paham. Mereka meninggalkan acara dengan posisi semua udah bersih, keluarga siap siaga banget. Sebelum pulang, mereka bantu beres-beres dulu baru pada cabut. Keren gak tuh? Bener-bener my familys my team deh pokoknya. Jadi sayang aku wkwk. Setelah semuanya meninggalkan TKP, akupun masuk ke dalam kamar, menata rapih kado-kado yang udah aku unboxing. Aku membersihkan diriku,mengganti dress yang ku kenakan dengan daster ala-ala anak muda gitu deh. Meghapus make up natural di wajahku, ke kamar mandi untuk mencuci muka,kaki,tangan,wudhu trus nyuci motor,ngepel rumah,mandiin kucing,ehh astaga keterusan. Rentetan rutinitas yang sudah aku lakukan sejak kecil hingga sekarang. Aku mulai merebahkan tubuhku di atas kasur yang sudah menemaniku sejak TK sampai umurku sudah 17 tahun,nyaman, walaupun busa dan pernya tuh udah gak banget. Tapi sangkin terbiasanya aku gak ngerasain ketidaknyamanan yang seharusnya aku rasain.

Sebelum benar-benar terbawa ke alam mimpi, aku mengecek ponselku.

"Astaga,gak sadar banget aku buat snap sebanyak itu." Ucapku sambil menatap titik-titik pada layar ponselku, tak percaya dan kaget parah. Penerus Awkarin garis keras.

Aku mulai membalas satu persatu ucapan selamat ulang tahun dari teman satu sekolah, teman beda sekolah, kakak kelas,alumni, bahkan teman yang kenalnya cuma lewat instagram tapi bisa seakrab itu. Me-repost setiap snapgram yang mereka tag ke aku. Sangat bersyukur tentang hari ini. Masih banyak orang yang care dan menghargai hariku. Setelah membalas semua chat dan me-repost semua instastory,aku memutuskan untuk mampir di explore dan melihat-lihat sebentar. Ada gosip baru atau enggak? Dasar aku. Hingga aku terfokus pada satu postingan. Ahh air itu mengalir tanpa permisi. Untung jari ku bersahabat, ia dengan suka rela memutus jalannya air brengsek itu yang hampir membasahi pipi kenyal ku. Brengsek. Ternyata yang kupikir ini hari sempurna dalam hidupku, namun tetap saja ada cacat. Aku benar-benar percaya tak ada yang sempurna di dunian ini.

epiphanyWhere stories live. Discover now