Menulis untuk Mengejar Popularitas

3.2K 382 59
                                    

Pada suatu hari yang sangat amat cerah banget sekali, Otong menghampiri Deva yang kelihatannya sibuk padahal gak ngapa-ngapain.

Otong: Kak, lagi sibuk ya?

Deva: Liat aja sendiri, ngapain pake nanya.

Otong: Jangan ngegas gitu kak, Otong cuma mau minta pendapat. Menurut kakak lebih baik jadi penulis atau jadi yutuber? Otong mau cepet terkenal kak, biar banyak subscriber dan follower kayak Itti Hililintir dan Uttu Hululuntur.

Deva: Gak sekalian kayak Ette Helelenter dan Otto Hololontor?

Otong: Iya, kayak mereka berempat dah.

Deva: Aduh tong, tong. Kok bisa-bisanya loe mau cepet tenar? Manjat Monas aja tuh, dijamin langsung masuk berita dan viral di medsos.

Otong: Ya gak gitu juga caranya kak.

Deva: Ya terus gimana. Eh, dengerin gue ya Tong. Popularitas itu jangan dijadiin niat buat berkarya. Itu tuh cuma bonus.

Otong: Tapi Otong emang ngincer bonusnya kak buat bikin tulisan atau yutup. Terkenal itu kan enak. Bayangin aja kak. Punya fans, diundang acara ke sana ke sini, banyak tawaran endorse iklan main film, uang jadi banyak, wah pokoknya mengkhayalnya aja udah enak kak, apalagi jadi kenyataan.

Deva: Punya haters, gak ada waktu buat temen dan keluarga, bingung ngatur schedule, gak bisa tidur sampe sakit karena gak ada waktu buat istirahat dan diri sendiri, kalo ucapan dan perbuatan loe salah sedikit langsung disorot wartawan dan jadi bahan gosip banyak orang, jadi viral, semua orang bakal komentar dan nyinyir. Nah, itu semua udah loe pikirin Tong?

Otong: Belum.

Deva: Semua yang loe lakukan dan katakan bisa mempengaruhi banyak orang, kalo loe salah, fans loe akan ngikut salah. Loe ikut nanggung dosanya, dosa jariyah. Itu udah loe dipikirin?

Otong: Belum.

Deva: Jadi, masih mau terkenal dan punya banyak follower, subscriber, fans, atau apalah itu sebutannya?

Otong: Ampun kak. Udah udah, Otong lebih baik jadi manusia biasa aja yang bermanfaat bagi nusa bangsa dan agama.

Deva: Pinteeer.

Otong: Sekarang Otong mau bikin video yutup kak tentang tutorial berjalan.

Deva: Astaga, buat apaan?

Otong: Buat para bayi yang belum bisa jalan kak. Orangtua zaman sekarang kan nyodorin bayinya pake yutup biar gak rewel. Pasti tutorial berjalan ini bermanfaat buat para bayi.

Deva: Hadeuh, terserah loe dah Tong. 😒

Untuk Apa Menulis? [TAMAT]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang