Yeremia 29:11 (TB) Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.
Tuhan sudah memiliki rencana atas setiap hidup kita, asal kita berjalan sesuai dengan tuntunannya, akan tetapi terkadang kita sendiri bingung seperti apa rencana Tuhan akan hidup kita, sebelum kita mengetahui apa yang Tuhan rencanakan harus kita pahami bahwa Dia sudah lebih dulu mengenal kita. Ada banyak cara Tuhan memberitahukan kepada kita mengenai rencana yang Dia beri atas kita, salah satunya dengan contoh sebagai berikut, dalam perjalanan kita terpaksa harus mengurus ban motor yang bocor, saat sedang sibuk mengurus hal tersebut di tukang tambal ban ternyata kita melihat seorang Tua yang kesulitan menyeberang jalan, akhirnya karena khawatir terjadi sesuatu dengannya kita membantu orang tua tersebut. Membantu orang menyeberang mungkin kelihatan sepele bagi orang lain, tetapi bagi orang yang ditolong itu adalah hal yang sangat luar biasa, seandainya ban motor tidak bocor, mungkin orang tua tersebut bisa tertabrak kendaraan, Tuhan tahu bahwa kitalah orang yang tepat untuk membantunya karena bisa jadi orang lain tidak peduli dengan orang tua tersebut sehingga secara tidak langsung kita menjadi harapan baginya. Begitu juga dalam kehidupan kita sehari-hari, ada kejadian yang kita anggap hal yang menjengkelkan, tetapi saat mengalami hal itu marilah kita lebih melihat lagi sekeliling kita, mungkin ada sesuatu yang ingin Tuhan sampaikan agar kita berjalan sesuai keinginanNya.
N.B : Tulisan ini sudah pernah dipublikasikan penulis di instagram : @pikulsalib
YOU ARE READING
Tuhan (selalu) ada
Spiritualtulisan-tulisan ini berisi refleksi bagi umat kristiani ataupun bagi yang ingin mengenal Tuhan.