#Ramadhan 14: Dewa - Dewi

104 7 0
                                    

Siang ini hujan lebat jatuh turun ke bumi yang makin gersang sebab ulah manusia yang serakah, membabat hutan, meninggalkan percikan api dan menjadi asap yang mengepul, menyebabkan hewan yang juga makhluk hidup ciptaan Tuhan menjadi menderita. Itulah keegoisan yang hakiki, muak gue dengan mereka.

Gue menatapi berita headline di TV, beberapa daerah terkena dampak asap yang semakin gelap, mengakibatkan penyakit sesak nafas, padahal mereka lagi berpuasa dan lebaran sebentar lagi. Orang-orang bermaskeran dijalanan. Gue mesti bersyukur ditempat gue tinggal tak ada hutan yang bisa dibabat lagi, tak ada yang bisa dijadikan lahan pertanian, sehingga tak ada asap. Gue berharap pemerintah segera mencari dan menghukum pelakunya, walaupun mereka penjahat berkerah putih nan kaya raya.

Handphone gue berdering.

"Madiaaaaa.... Dewa jalan sama cewek lain, huahuahauahua...." Suara isak tangis diseberang.

"Apa? Sama siapa? Dimana lo liat?" Gue shock mendengar kabar buruk ini, karena gue tau kalo Emma sayang banget sama Dewa.

"Tadi gue liat di mall, jadikan gue udah lama curiga, gue ikutin tanpa sepengetahuan dia. Ternyata beneran dia jalan sama cewek itu, gandengan tangan, huahuahauahua...." lagi Emma menangis keras.

Seketika gue jauhkan handphone dari telinga gue.

"Udah lo cek ? jangan-jangan cuma temen doang" gue pingin Emma berpikir positif.

"Udah, dia emang selingkuh! Hiks...." Terdengar Emma membuang ingusnya.

Gue mendengus panjang.

"Apa gue bilang, nggak usah pacaran, awalnya aja seneng, ujungnya lo bakal sakit! Trus gimana?"

"Gue udah mutusin dia, tapi sekarang kok gue nyesel"

Gue heran sama Emma.

"Bagus itu, lo dulu yang mutusin dia kan? Ngapain juga nyesel, aneh Lo!" Gue blak-blakan.

"Tapi...tapi gue masih sayang sama Dewa, mad. Gimana dong?" Tangisannya makin menjadi-jadi.

"Udahan dong nangisnya, ngabisin tenaga aja nangisin cowok jahat itu! Ntar lo juga bakal lupa sama dia, mending lo tingkatan ibadah sama Allah, nih mumpung bulan Ramadan, banyakin nabung amal. Syukur... Lo udah keluar dari dosa pacaran!" Gue yakin Emma bisa lupain si Dewa segera, meski mereka udah 2 tahun bersama.

"Mad, maaf ya kamaren gue nggak denger apa kata lo, gue terlalu sibuk bucinin Dewa, sampe khilaf nggak tau kepribadian aslinya Dewa tu gimana, gue beneran buta." Tangisnya berhenti.

"Iya, Alhamdulillah. Sekarang Lo udah jadi makhluk bebas, nggak bakal ada lagi cowok yang nyakitin Lo, waktunya move up." Gue menghibur Emma.

"Okeh, gue Emma berjanji mulai saat ini dan seterusnya akan melupakan cowok brengs*k yang bernama Dewa" Dia mengikrarkan janji kuatnya.

"SETUJU!" jawab gue lekas.

"Ceweknya siapa sih?" Di pikiran gue nggak ada nama satupun, sama siapa Dewa selingkuh.

"Dewi!!!! anak OSIS junior kita, ah nggak usah bahas dia lagi!" Sewotnya.

"Ha? pantesan dulu adek kelas sering ngetawain Dewa sama Dewi, ini toh jawabannya, ckckck" gue nggak habis pikir, makanya ladies.... kita mesti kudu peka everywhere and everytime!

Setelah hampir sejaman nelpon, sampe telinga gue anget, Emma mematikan sambungannya. Satu sisi gue seneng dia bisa keluar dari jeratan pacaran, tapi disisi lain gue juga sedih, dia nangis begitu. Ah... Tapi lama-lama ntar dia bisa lupa sendiri, walau membutuhkan waktu.

###

Gue cek chating-an di handphone, kenapa Diandra nggak ada komunikasi sama gue lagi? Gue ngerti dia mensupport gue untuk hijrah, tapi nggak gini juga, masa gue nggak ada silaturahim ama dia, biasanya pagi sampe malam chatting an mulu, ada aja yang kita bahas, mulai dari pelajaran, gosipin temen SMP SMA, gosipin tetangganya Diandra atau tetangga gue, kirim meme-meme nggak jelas atau bahas kesukaan dia mobile game, padahal gue kagak mengerti sama sekali, tapi tetep gue ladenin. Oya sekarang gue udah sadar bahaya ghibah, jadi gue udah ninggalin kebiasaan itu. Uh... sepi rasanya, Diandra diem gini.

Syifa juga nggak ada ngabarin mau pergi bukber SMA apa nggak? Pada kemana sih anak-anak? Gue nggak tau apa masalah cewek tomboi itu, pingin nanya ntar malah dibilang kepo, takut dia marah. Kalo liat Syifa marah ngeri, tatut.

Syifa udah nanyain perihal seragam gue yang ditulis "Diandra, I LOVE YOU". Kata Diandra, dia cuma iseng doang. Gue nggak serta-merta percaya aja dong, gue liat video rekaman temen-temen, saat itu Diandra wajahnya serius banget nulisnya. Apa dia pingin, gue bilang apa yang dia tulis? Atau dia mau ngucapinnya? Ih.. banyanginnya aja gue mual, geli.

###

Hujan masih belom aja reda, udah seharian, apa ntar nggak banjir nya? Gue khawatir RT sebelah kebanjiran, karena saluran selokannya bermasalah. Kalau kompleks kita Alhamdulillah aman, disamping emang daerahnya bersih, saluran air juga lancar. Huft... perut gue keroncongan, sabar ya ntar kita balas dendam beli makanan fast food, udah hampir satu bulan gue puasa makanan berkalori tinggi, sekarang saatnya mumpung gue sendiri di rumah. Bang Afnan lembur, Papa dan Mama buka bareng diluar, Mama udah pergi dari tadi siang.

Sambil nunggu buka puasa, gue ambil note dan nulis ide yang menurut gue menarik. Gimana kalo kepanitiaan MTQ juga dikasih award, mengingat kerja keras mereka untuk kesuksesan acara kita semua. Misalnya ada kategori: panitia paling bersemangat, panitia paling rajin, panitia paling rame, devisi paling receh, de el el. Seru nggak sih? Ntar hadiahnya bisa dipikir belakangan, mana tau ada sponsor yang mau ngasih cuma-cuma, Hahahaha. Ok gue tulis dulu biar nggak lupa, ntar gue bilang ke Kak Zaki, gue 100 persen yakin dia setuju.

###

30 Hari Hijrah di Bulan Ramadhan [TAMAT]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang