Maulana Malik Ibrahim adalah mubaligh pertama yang datang ke Indonesia sebagai utusan khusus untuk menemui Raja-raja dan Pemuka-pemuka adat, guna memperkenalkan ajaran Islam kepada mereka.
Beliau adalah putra dari Barokat Zainul Alam, seorang Ulama besar. Tentang negeri asal Maulana Malik Ibrahim ini, ada yang mengatakan dari negeri Arab, ada yang menyebutkannya Gujarat India, bahkan dari Campa (Kamboja). Itulah sebabnya orang mengenalnya sebagai Maghribi(Orang tua dari Barat).
Beliau dikabarkan datang ke Jawa pada tahun 1404, sewaktu Majapahit berada di bawah kekuasaan Wikramawardhana. Dengan demikian berarti beliau datang ke Jawa pada waktu Majapahit perang saudara yang lebih dikenal dengan sebutan perang Paregreg. Tempat pertama yang beliau singgahi adalah Leran yang terletak di sebelah barat kota Gresik yang sekarang. Di Leran inilah Maulana Malik Ibrahim mulai berdakwah menyiarkan agama Islam. Setelah merasa banyak mengenal adat istiadat setempat, maka Maulana Malik Ibrahim pun bermaksud menemui Wikramawardhana untuk memperkenalkan ajaran Islam, akan tetapi Wikramawardhana rupanya tidak bermaksud memeluk agama Islam. Mengetahui hal tersebut Maulana Malik Ibrahim tidak berputus asa.Karena kegigihannya dalam berdakwah,maka dalam waktu singkat banyak penduduk yang memeluk agama Islam, terutama dari kalangan kasta Waisya dan Sudra. Untuk mendidik para pengikutnya, Maulana Malik Ibrahim merintis pendirian Pesantren yg dibuat mirip dengan mandala-mandala yg dibuat oleh orang Budha dan Hindu untuk mendidik kader mereka. Dari Pesantren tersebut lahir para da'i yang kemudian menyebarkan Islam ke daerah lain di Jawa dan sekitarnya.
Maulana Malik Ibrahim dan para pengikutnya tetap menyebarkan agama Islam di daerah Gresik dan sekitarnya, sampai wafatnya. Beliau wafat di Gresik dan dimakamkan di kampung Gapura Gresik. Pada nisan beliau tertulis beberapa ayat Al-Quran yg terdiri dari Surah Al-Baqarah: 255, Surah Ali'Imran:185, Surah Ar-Rahman:26-27, Surah At-Taubah:21-22.Demikianlah kisah kehidupan Maulana Malik Ibrahim dalam menyebarkan Ajaran agama Islam di Jawa.
🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃
KAMU SEDANG MEMBACA
Kisah Walisongo✔
Historical Fictionالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ💚 Walisongo dikenal sebagai penyebar Agama Islam di tanah Jawa pada abad ke-14. Mereka adalah simbol penyebaran Islam di Indonesia, peran mereka sangat penting dalam mendirikan kerajaan Islam di J...