Sebagian besar orang melihat yoga adalah seni olah tubuh / olah raga stretching dan juga flexibility, ada juga yang menilai yoga itu adalah meditasi dengan membaca mantra mantra yang berkaitan dengan keyakinan.
Yoga memang benar seni olah tubuh untuk kesehatan dan juga ada meditasi nya , tapi yoga menurut saya adalah jalan hidup , jalan menuju perubahan, kenapa saya mengatakan itu karena saya merasakan perubahan besar terjadi disaat saya mendalami yoga, kurang lebih mungkin 6 tahun sudah saya rajin melakukan yoga dan meditasi .
Selain benefit nya tubuh lentur dan sehat, yoga mengajarkan saya banyak hal tentang kehidupan seperti hubungan manusia dengan alam semesta, dan bagaimana kita menghadapi atau mengatasi stress dan depresi di jaman modern ini , baik tekanan sosial ataupun ekonomi.
Saya tertarik dengan yoga , awalnya saya tidak suka sama sekali dengan olah raga apalagi yoga tidak pernah terbesit dihati saya untuk melakuan yoga dan meditasi, 6 tahun yang lalu sebelum saya rutin melakukan yoga , gaya hidup saya sangat tidak sehat , mulai dari makanan , pola tidur yang tidak teratur , karena tuntutan pekerjaan yang banyak menyita waktu saya yang terkadang lupa waktu dan tidak memikirkan kesehatan.
Suatu hari saya bertemu dengan teman untuk ngobrol disalah satu mall di daerah Jakarta selatan, Saat bertemu dengan dia banyak sekali pertanyaan karena melihat dia fresh sekali luar dalam, saya bertanya ke dia " Kamu fresh banget sih , perawatan yah " dia tersenyum dan menjawab pertanyaan saya " Makanya olah raga dong , coba deh ikut yoga" , karena saya tidak tertarik yang namanya olah raga , saya tidak terlalu menanggapinya.
Tetapi dalam hati saya bertanya-tanya , masa sih yoga bisa buat kita jadi glowing seperti itu tapi kan gerakannya susah sekali, hmm tapi menarik ya , lalu saya membayangkan gerakan yoga, karena saya pernah sekali lihat di TV , tubuh di stretching dan bisa lentur bagaikan karet , sepertinya susah sekali.
Dalam perjalanan pulang kerumah kenapa saya kepikiran terus tentang "Yoga,Yoga dan yoga" apa iya saya harus mecobanya,esok harinya saya putuskan untuk melakukan yoga karena rasa penasaran saya yang sangat tinggi.
Di kelas yoga pertama saya merasakan pusing , mual dan badan gemetar, kenapa bisa seperti itu , apa saya salah gerakan atau bagaimana, ternyata apa yang saya rasakan itu normal dan tidak membahayakan, karena badan yang tidak pernah melakukan olah raga apalagi yoga , otomatis reaksinya seperti itu karena proses mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh saya.
Setelah melakukan yoga untuk pertama kalinya badan terasa sakit (wajar karena tidak pernah olah raga) tapi saya rasakan ada yang berbeda disini tidur saya pulas dan relax sekali, akhirnya saya rutin melakukan yoga sampai dengan saat ini , bahkan dalam seminggu saya bisa melakukan yoga 4 sampai 5 kali dari berbagai macam jenis yoga saya ikuti seperti Bikram , Asthanga , Vinyasa , Yin Yang dan Kundalini yoga.
Awal nya saya tertarik yoga selain penasaran tujuannya untuk langsing,glowing,awet muda (semua yg berhubungan dengan raga), sampai saya merasa kecanduan dengan yang namanya yoga, lalu saya mencari informasi lebih banyak tentang yoga , seperti apa itu yoga sebenarnya ,benefitnya apa saja dan dari mana asalnya yoga dst.
Ternyata yoga itu tidak hanya olah tubuh saja tetapi bagus sekali untuk Body, Mind and Soul agar menjadi seimbang, tapi seimbangnya darimana dan bagaimana saya tidak paham sampai akhirnya ada satu kejadian dimana saya cedera di lutut sebelah kiri sampai bengkak tidak bisa jalan , karena saya coba ikut-ikutan teman olah raga lari .
Dengan kondisi lutut bengkak dan nyeri saya tidak bisa melakukan yoga selama 1 bulan. Teman teman,keluarga menyarankan saya untuk periksa ke dokter karena sudah terlalu lama saya biarkan, tapi saya malah merasakan bukan ke dokter tapi saya harus yoga dan saya yakin sekali bisa sembuh, karena saya pernah baca di internet kalau yoga bisa menyembuhkan cedera dan berbagai penyakit lainnya.
Saya dengarkan kata hati saya langsung menuju tempat yoga bikram di daerah kemang, di dalam ruangan yang sangat panas dengan suhu ruangan yang mencapai 42 derajat dan kondisi lutut bengkak rasanya memang tidak mungkin sekali bisa beryoga, tapi dengan modal nekad dan yakin sembuh saya tidak mundur.
Pose bikram yoga ini sebanyak 26 pose, di dalam ruangan yang panas itu sedih sekali rasanya karena yang biasanya saya bisa melakukan gerakan itu sampai selesai dan tidak ada kendala tapi ini susah sekali, pose demi pose saya selalu merasakan kesakitan yang luar biasa di lutut kiri saya.
Sepertinya guru bikram yoga saya ini sudah perhatikan dari sejak awal sebelum saya masuk kedalam ruangan yoga dan beliau berhenti memberikan arahan kepada saya dan juga peserta lainnya, lalu beliau menghampiri saya dan mengucapkan kata-kata yang sangat menusuk hati dan juga membuat saya berfikir keras.
"Jangan dipaksakan kalau sakit , belajarlah untuk mendengarkan tubuhmu, biasanya kamu lakukan semuanya sangat mudah, tetapi dengan kondisi seperti ini tidak bisa kamu paksakan, cobalah untuk fokus,sabar, dan bernafas dengan baik ,kirimkan nafasmu ke rasa sakit itu, energimu bisa menyembuhkan sakitmu. Yoga bukan sebuah kompetisi dan masing-masing tubuh manusia berbeda setiap harinya , besok datang lagi sampai kamu paham apa itu yoga sebenarnya "
Bermakna dan dalam sekali kata-kata itu, saya kembali lagi di kelas bikram yoga setiap hari dan mendengarkan, melihat yang guru yoga saya katakan dan juga memberikan contoh gerakan kepada saya dan juga peserta lainnya, ternyata memang luar biasa sekali yoga ini, saya merakan lutut kiri saya semakin membaik dan bengkaknya pun hilang dan saya mulai bisa kembali berjalan dengan normal.
Saya sadar didalam yoga ini saya diajarkan banyak hal seperti mendengarkan kata hati bukan "ego" yang bermain di pikiran, dan juga yoga melatih kesabaran untuk sesuatu yang baik hasilnya , semua berproses tidak ada yang instant, kalau tubuh menjadi langsing itu adalah bonus asalkan kita rajin dan disiplin dan mendengarkan arahan sang guru.
Karena saya sadar yoga itu seperti magic buat saya, lalu saya coba sharing ke beberapa teman saya , dan mereka tertarik untuk beryoga dan Puji Tuhan sampai dengan saat ini mereka senang sekali dengan yoga karena merasakan benefitnya, seperti menjadi lebih tenang, sabar akan proses sesuatu dan juga tubuh menjadi lebih fit dan yang paling saya rasakan dan juga teman-teman yang lain bahwa yoga bisa menurunkan emosi dan lebih mudah mendengarkan kata hati / intuisi.
Di dalam beryoga saya merasakan perubahan cara pandang di kehidupan saya sehari hari seperti fokus,kontrol emosi, bagaimana cara menenangkan hati disaat sedang marah, kecewa dll dengan melakukan pranayama breathing dan juga beberapa gerakan yoga membuka heart chakra untuk melepaskan emosi , sedih , kecewa dsb.
Yoga juga menyadarkan dan memahami keterikatan manusia dengan alam semesta, begitulah pengalaman saya selama 6 tahun berlatih yoga.
KAMU SEDANG MEMBACA
MENDENGAR MELIHAT MERASA
SpiritualKisah ini menceritakan seorang wanita bernama Rada yang menemukan siapa dia sebenarnya melalui yoga dan meditasi dan juga membawa perubahan didalam kehidupannya. Semakin mendalami alam semesta semakin terbuka ruang/dimensi yang tidak dapat dirasaka...