Part 4 - Bola Basket

12 3 0
                                    


Terik matahari jam 12 siang di sekolah benar-benar bikin orang spanning. Pengen banget yang seger-seger gitu ya Tuhan. Malah abis ini ada pelajaran olahraga lagi. Benci banget aku sama pelajaran olahraga. Semoga hari ini enggak main yang pakai bola-bolaan deh. Entah kenapa aku sering banget kena bola, kayak bola basket lah, bola sepak lah, bola kasti lah, ggrrr... kubenci permainan yang ada bolanya! Kayakna kepalaku ada magnetnya selalu kena sasaran bola yang salah lempar.

Tiba-tiba ada yang mengagetkanku dengan sensasi dingin di pipi.

"Awwwww!" kataku kaget

Amia datang menempelkan kaleng minuman soda ke pipiku. Dia paling jago desak-desakan di kantin, makanya dia tadi menawarkan diri untuk mengantrikan minuman yang belinya mesti antri sendiri di kios jual minum, sedangkan aku menunggu di meja kantin sambil menunggu pesanan kami datang.

"Bengong aja lagian. Tadi udah pesenin belom?"

"Udah katanya nanti dianterin. Siapa yang bengong. Lagi mikir hari ini olahraga apa ya? Malessss pelajaran olahraga huhuhu...." Keluhku ke Amia.

"Ya elah, dari dulu takut banget pelajaran olahraga. Yaudah lah, hadapi dengan jantan. Nanti gue jagain klo olahraga pake bola" Kata Amia dengan nada sok.

"Uwuwuw.. makasih sheyenkkkkk!" Balasku ke Amia sambil pura-pura mau meluk.

Amia memang tahu aku benci pelajaran olahraga yang pakai bola-bolaan. Dia memang sahabat sejatiku. Apapun terasa mudah bila bersama dia. Kayak aku enggak perlu teman lain kalau ada dia.

"Eh, di sekolah ini ada yang lo suka gak Lyn?" Tanya Amia random gitu.

"Hah? Ngg.. Engga ada kayakna deh. Emang ada yang keliatan bonafit untuk dijadikan pacar?"

"Ya, lo selama ini kayakna terlalu lurus deh. Setidaknya mesti punya kisah cinta di sekolah gitu. Biar masa-masa sekolahnya berwarna, trus lo bisa cerita nanti ke anak cucu lo, nih dulu mamak kek gini bla-bla-bla"

"Ah lo ngajarin gue, mentang-mentang udah punya pacar, eh iya mana tuh si kakak kelas panutan lo?" Aku membalasnya ketus. Kadang-kadang memang nih Amia suka sok menggurui banget gayanya.

Amia sudah punya pacar. Namanya Reynold, panggilannya Rey. Dia kakak kelas, SMA 1. Gedungnya sebelahan dengan Gedung SMP kami, biasanya Rey suka datang pas lagi jam istirahat. Kantin sekolah kami luas, jadi SMP dan SMA jam istirahatnya sama dan kantinnya cuman 1 ini, makanya mereka suka janjian ketemuan di sini.

"Tadi dia chat bilang kalau belum kerjain PR Matematika, jadinya dia nyontek temennya punya jam istirahat, so dia gak ke sini deh" Jawab Amia sambil menyeruput minumannya.

"Ouw pantes. Yaudah jangan sedih ya shay..."

"Norak ah"

Kita ketawa bareng. Receh banget memang kita ini.

Jam 1 siang. Bel tanda masuk kelas berbunyi. Jam 1 lewat 15 menit kita harus sudah siap di lapangan untuk pelajaran olahraga. Aku dan Amia bergegas untuk ganti baju seragam kami dengan kaos olahraga.

Anak-anak kelas kami sudah berkumpul. Pak Joni guru olahraga kami menginstruksikan anak laki-laki membawa sesuatu dari ruang perlengkapan olahraga. Seperti bisa membaca isi pikiranku, Stevan dan Aldi kembali membawa 5 bola basket dari ruang perlengkapan olahraga. Alamak! benar kan hari ini olahraganya pakai bola-bolaan. Kayaknya trauma pas SD kena bola di jidat sampai bengkak belum hilang. Sampai detik ini masih terbayang-bayang rasa trauma itu.

Dengan muka suram aku mengerutu, Amia hanya tertawa sambil mengasihaniku. Dia bilang belum tentu kali ini ada bola nyasar dan bilang supaya aku enggak usah panik. Justru mesti dilawan rasa trauma itu. Gampang banget memang kalau ngomong, tapi prakteknya susah, Mia! Huhuhu...

"Oke anak-anak, hari ini bapak maunya yang cowok berbaur ya sama yang cewek. Jadi hari ini pasang-pasangan cowok cewek latihan lempar tangkap bola ke temannya, lalu dilanjutkan latihan dribble. Bisa ya? Kita mulai pemanasan baru kita bagi setelah ini pasang-pasangannya" perintah Pak Joni.

Pemanasan pun dimulai. Ada-ada aja si Pak Joni ngapain mesti ama cowok sih. Ya wajar suka risih ya sama anak cowok, orang masih abege gini jadinya masi malu-malu gitu, karena takut malu-maluin terus diketawain.

Setelah selesai pemanasan Pak Joni mulai membagi anak cowok dan cewek di kelas kami. Kayak diatur sama Tuhan aku disuruh berpasangan dengan Alfa. Glek! Udah enggak suka bola-bolaan, ini dipasangin ama dia lagi yang sikapnya susah ditebak.

Alfa mendatangiku sambil membawa bola basket ditangannya. Kok aku tiba-tiba deg-degan gitu yah? Hmm.. jangan sampai dia tahu aku grogi, aduh plis mukaku jangan merah, merah malu atau apa ya, aku enggak ngerti kenapa ini?

"Ayok" kata Alfa mengajakku memulai latihan lempar tangkap bola.

"O-oke" suaraku agak bergetar.

Alfa memulai posisi untuk melempar dan aku pas di depannya kira-kira jaraknya sih sudah pas untuk latihan lempar tangkap bola basket ini. Aku mulai menguatkan diri untuk percaya diri. Kami awalnya kurang kompak karena aku melempar terlalu pelan dan Alfa melemparnya terlalu kuat, yang ada aku malah menghindar gara-gara takut kena bola.

"Gue coba pelanan, lo coba agak kuat lemparnya ya" Alfa memberikan instruksi. Dia menyadari sepertinya ke-awkward-an ini.

Aku berusaha mengikuti instruksi dia. Lama-lama aku mulai nyaman dan enggak grogi lagi seperti saat awal. Setelah rasanya cukup, kami mencoba gantian mendribble bola mengikuti contoh yang ditunjukkan Pak Joni. Aku merasa payah sekali, bola sering sekali lepas dari tanganku dan bergulir. Memang sepertinya olahraga tidak ditakdirkan untukku. Saat aku mulai kelelahan mencoba mendribble bola, aku agak melirik ke Alfa, seolah-olah bilang "ini lo aja gantian, gue udah capek".

Alfa membalas lirikanku sambil agak menahan senyum. Hah? Dia kayaknya meledekku deh. Aduh! Malu banget kayaknya. Daritadi jangan-jangan dia fokus ngeliatin?

Dia mengambil bola basket dari tanganku kemudian.

"Udahan yuk gantian sama yang lain, tadi pak Joni udah kasih kode buat gantian"

Puji Tuhan! Dalam hatiku berteriak kegirangan, penderitaan ini akhirnya selesai.

"Oh, oke" Jawabku.

"Eh.."

"Apa?" Aku menoleh

"Buku komik gue, lo bawa?"

"Oh, bawa. Tadi lupa ya gue mau balikin. Sorry. Nanti ya di kelas".

"Ya, btw.. kalau nanti buku komiknya keluar lagi kelanjutannya, lo mau pinjem lagi?"

"Hah?" Kok aku agak kaget ya dia tanya gitu. Nawarin gitu maksudnya? Kupikir sih, setelah ini enggak minjem lagi, kemarin gara-gara udah gak sabaran aja jadi terpaksa minjem, habis itu mau beli sendiri aja. "Ng.., memangnya lo mau pinjemin gue lagi?" Akhirnya kata-kata itu yang terlontar. Kok aku kayak mancing dia gitu.

"Ya, sepertinya lo suka banget ama komik itu, ya gue bisa dapet buku itu dengan cepat, kalau enggak mau juga engga apa-apa sih". Alfa mulai salting.

"Kok bisa lo dapat bukunya cepet? Kemarin lo bilang belinya di mall, bukannya sama aja ya? Gue telat aja ke mallnya, duluan lo".

"Ya kemarin itu kebetulan, tapi sebenarnya gue kenal sama yang punya penerbitnya" Jawabnya

Aku merasa terpukau. Alfa kenal sama yang punya penerbit? Keren banget bisa gitu, jadi punya fast access -kah kalau ada buku-buku baru keluar?? Makin penasaran kan, jangan-jangan dia anak Sultan? Sumpah! Misterius banget ini orang, terus tiba-tiba nawarin, ada angin apa ya? Aku enggak mau GR sih tapi, kok kayakna dia jadi baik?

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jan 04, 2020 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

1.000 Miles to Get Your HeartTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang