Hari ini adalah hari yang di tunggu oleh raden walangsungsang,nyimas rara santang dan raden kian santang di karena mereka akan berkumpul bersama keluarga besar pajajaran mereka berpisah selama 10 tahun lamanya,mereka berpisah bukan berarti mereka saling membenci,tetapi mereka berpisah karena harus menyiarkan agama islam di beberapa daerah( mengembara) perintah dari ayahhanda prabu siliwangi.
Pada awalnya mereka berangkat bersama sama menuju selatan tetapi mereka memilih untuk memisahkan diri agar tugas mereka cepat selesai.
Pada saat itu usia raden walangsungsang 9thun,nyimas rara santang 8thun dan raden kian santang 7thun,ya usia yang masih sangat kecil tapi mereka bisa berbuat apa,ini adalah perintah.#tanah sembrang( sulawesi)ngarang
Rara:alhamdulillah akhirnya tugasku telah selesai.ini saatnya aku kembali ke pajajaran,aku sangat rindu dengan ayah,bunda,raka,dan rai.tunggu kedatangan ku pajajaran.(pergi ke arah laut) aku akan kembali ke pajajaran naik ini,bismillah ( menaiki kapal)#tanah sembrang(papua)ngarang
Walang: alhamdulillah ya Allah akhirnya tugas yang di berikan ayahhanda sdh selesai,dan aku harus kembali ke pajajaran,aku amat rindu dengan ayah,bunda,nyimas,dan rai.tunggu kedatangan ku pajajaran( berlari ke arah laut) aku akan kembali dengan naik kapal ini,bismillah (menaiki kapal sampan)
Aku kembali pajajaran( berteriak)#tanah suci(arab saudi)
Kian: alhamdulillah Yang Allah,hamba sdh selesai menjalankan tugas yang ayahhanda prabu berikan,dan ini saatnya aku kembali ke tanah jawa aku amat rindu dengan ayah,bunda,raka dan yunda.tetapi bagaimana aku bisa kembali ke tanah jawa,sedang aku tidak memiliki apa apa selain air putih ini.
?: hay rai,apakah kau ingin kembali ke tanah jawa?Cabutlah pedang itu,jika kau berhasil mencabut pedang itu,maka kau bisa kembali ke tanah jawa.
Kian: siapa khisanak?baiklah aku ku cabut pedang itu( knapa pedang ini kuat sekali)
?: kau tidak akan bisa mencabut pedang itu,karena kau telah bersifat sombong.
Kian: astagfirullah, maafkan hambamu Ya Allah,hamba telah sombong, apa yang harus hamba sombongkan di hadapanmu.Bismillah.hiya alhamdulillah
?: pergilah ikuti jalur bawah tanah itu,maka kau akan sampai ke tanah jawa.
Kian: terima kasih khisanak.#istana pajajaran
Prabu: dinda subang larang sebaiknya istirahat saja,biar dinda cepat sembuh.
Subang:tiada yang bisa menyembuhkan ku selain ke hadiran putra putriku.
Tiba tiba di depan pintu ada ratu krinting manik yang cemburu
Subang: kanda celat kau kejar!Prabu: knp dinda krinting manik lari?
Krinting: dinda cemburu kanda,
Prabu: apa yang harus dinda cemburukan,dinda sunang larang sedang sakit
Krinting: aku juga sedang sakit kanda.aku sakit menahan rasa cemburu yang teramat dalam.#tanah sembrang(kalimantan) ngarang
Dwi sari: anih aku harus kembali ke tanah kelahiranku, aku harap kau disini baik baik saja,aku janji jika ilmi kanurangaku sdh tinggi aku kan kembali kesini untuk melawan kebenaran.
Anis: apa kau janji
Dwi sari: aku janji.( selain untuk memperdalam ilmu agama,aku juga ingin mencari tau siapa raja baru di kerajaan ku)
Anis: baiklah ku tunggu kedatangan muSegitu dulunya jangan lupa vote
Votr,vote,vote,
KAMU SEDANG MEMBACA
KEMBALINYA RADEN KIAN SANTANG
أدب تاريخيini cuma khayal author dong lo,gk sesuai sma cerita aslinya perlu di garis bawahi ini cuma khayalan saja tidak sesuai dengan cerita asli yng ada di mnctv ok