Pengertian Filsafat

344 13 2
                                    


Filsafat menurut bahasa di ambil dari kata bahasa Arab Falsafah yang berasal dari bahasa Yunani Philosophia. Philos berarti kata suka atau cinta dan Sophia berarti kebijaksanaan. Jadi Philosophia itu berarti suka pada kebijaksanaan. Maksudnya setiap orang yang berfilsafat akan menjadi bijaksana.

Aristoteles (382 SM – 322 SM)

Filsafat adalah Ilmu Pengetahuan yang meliputikebenaran yang berisi Ilmu Metafisika, Retorika, Logika, Etika, Ekonomi, Politik, dan Etetika atau (Filsafat Keindahan).

Cicero (106 SM – 43 SM)

Filsafat adalah ibu dari semua seni (The Mother Of All The Arts) dan merupakan seni kehidupan.

Plato (427 SM – 348 SM)

Filsafat adalah suatu ilmu yang mencoba untuk mencapai pengetahuan yang sebenarnya.

Imanuel Kant (1724 – 1804 M)

Filsafat adalah suatu ilmu (pengetahuan) yang menjadi pokok dan pangkal dari segala pengetahuan yang di dalamnya mencakup 4 persoalan yaitu Metafisika, Etika, Agama, dan Antropologi.

Al Farabi (870 – 950)

Filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang alam maujud dan bagaimana hakikatnya yang sebenarnya.

Descarters ( 1590 – 1650)

Filsafat adalah kumpulan segala pengetahuan dimana Tuhan, alam dan manusia menjadi pokok pengetahuan.

Drs. Hasbullah bakry didalam bukunya "Systematika Filsafat" menyatakan filsafat adalah ilmu yang menyelidiki segala sesuatu yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai ketuhanan, alam semesta dan manusia sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana hakikatnya sejauh yang dapat dicapai akal manusia dan bagaimana sikap manusia itu seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu.

Prof.Dr. R.F. Beerling mengatakan dalam bukunya yang berjudul "Filsafat Dewasa Ini" menyatakan filsafat tidak akan di dapat selain di dalam dan diantara manusia yang berfikir. Binatang tidak sanggup berfilsafat dan tuhan boleh kita anggap terlalu sempurna untuk mempunyai masalah-masalah dan untuk mencari jawabannya, hanya manusia yang memikirkan masalah-masalah.





Tarikh Al-Tafkir: Asal muasal berfikirTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang