#8 Mimpi

30 1 0
                                    

Jujur gue takut banget. Sampe di depan rumah, si Rena masih bisa senyum sama gue. Dia turun dan gue lepasin helmnya. Gue mau anter dia masuk ke rumah, tapi nggak dibolehin. Akhirnya gue pun cuma liatin dia masuk ke dalam rumah.

Reno : Gue ikut nganter ke dalem ya? Sekalian gue pamit sama ortu lo.

Rena : Udah, nggak usah. Entar gue salamin aja.

Reno : Oh, yauda deh kalo gitu. Bye...

Rena : Bye... (tersenyum dan melambaikan tangan)

Baru dua langkah beranjak dari motor, tiba-tiba Rena batuk berdarah. Gue pun kaget. Dia juga segera mengusap mulutnya.

Reno : Rena, lo kenapa? Ren?

Rena : Gue nggak papa kok Ren. Ini cuma lipstik gue doang kok. (masih tersenyum sambil membersihkan darahnya yang semakin tercecer)

Reno : Itu bukan lipstik Ren.

Gue pun menggendong Rena masuk ke dalam rumah. Bang Rama yang sepertinya udah denger dari dalem pun segera nolongin gue dan bawa Rena ke kamar. Gue pun ikut ke kamarnya. Mama Rena bantu bersihin darah di mulutnya, Papanya langsung nyariin alat bantu pernafasan buat Rena. Bang Rama pun segera telfon dokter keluarga mereka. Dan nggak lama dokternya pun datang dan mulai memeriksa Rena. Gue bingung, gue khawatir, gue takut kalo gue nggak bakal ketemu Rena lagi. Gue cuma bisa liat dia dari deket pintu. Rena pun juga ngeliat gue dan dia sepertinya nangis. Bang Rama pun langsung nanya gue disana.

Rama : No, gue kan udah minta lo jagain Rena. Tapi kenapa sekarang jadi begini?

Rena dari kasurnya seperti memberi isyarat sama bang Rama supaya dia nggak marahin gue. Mama dan Papa Rena juga cuma bisa menangis di sebelah Rena. Gue pun melihat Rena dari luar kamarnya. Mama Rena ngehampirin gue dan minta gue untuk pulang aja. Gue merasa hancur. Gue nggak bisa ngeliat Rena kaya gitu. Gue nggak bisa ngeliat Rena nangis dan sedih. Gue takut. Gue marah. Gue masih belum bisa nerima semua ini. Gue masih pengen berangkat dan pulang sekolah bareng sama dia. Tuhan, aku mohon jagalah Rena.

Besoknya pas mau berangkat, gue ngelamun pas sarapan. Gue takut Rena nggak keluar dari rumahnya pagi ini.

Papa : Kamu kenapa Ren? Kok ngelamun gitu?

Reno : Oh, enggak Pa. Reno cuma mikir hari ini tugasnya udah kelar semua apa belum.

Papa : Tumben kamu mikirin tugas. Udah tobat ya? Mumpung udah di akhir gitu ya?

Reno : Enggak juga kok Pa.

Mama : Kamu kenapa sih Ren? Kalo kamu mau cerita, cerita aja ke kita.

Reno : Ehem, aku berangkat dulu ya Pa, Ma. Assalamualaikum.

Mama Papa : Waalaikumsalam.

Pas gue keluar, nggak ada tanda-tanda Rena mau sekolah. Rumahnya pun sepi. Gue juga nyesel sih, kenapa kemarin gue malah pulang. Gue malah ninggalin dia. Harusnya kan gue nemenin dia. Gue pun juga ngga berani ngirim pesan karena situasi yang masih genting.

Pagi itu pun gue sama sekali nggak mood dan nggak ada niat berangkat ke sekolah. Tapi sesampainya di sekolah, begitu gue masuk kelas, ada sebuah keajaiban. Gue melihat Rena udah ada di bangkunya. Gue kaget setengah mampus, tapi gue tahan biar nggak ada yang kaget dan bingung. Gue sama dia pun cuma bertatap muka, dan sejenak gue berhenti di depan bangkunya.

Rena : Ada apa Ren?

Reno : Gue mau ngomong.

Rena : Hmm tar aja ya, kita ketemu di parkiran. (sambil tersenyum)

Reno : Oke. Gue tunggu disana.

Gue pun lalu duduk di bangku gue.

Dion : No, tumben lo nggak bareng sama Rena? Ada apa?

Yoan : Kalian lagi marahan ya? Kan kemarin abis seneng-seneng.

Reno : Engga kok.

Seharian ini gue bingung sendiri dan diam. Gue sama sekali nggak fokus sama sekolah hari itu karena mikirin satu hal. Kenapa Rena hari ini ada di kelas? Pas pulang sekolah, gue langsung menuju parkiran, nunggu Rena disana.

Reno : Ren... Kenapa...

Rena : Sekarang lo udah tau gue kan? Gue kan udah bilang, rasa sayang lo buat gue nggak akan bertahan lama karena gue penyakitan.

Reno : (terdiam) Enggak Ren, lo salah. Gue tulus sayang sama lo. Tulus. Dan gue akan buktiin ke lo.

Rena : Heh, sayang sama kasihan tuh beda tipis. Yaudah deh, gue pulang duluan ya.

Reno : Tunggu. Lo ngga pulang sama gue?

Rena : Bang Rama udah jemput. Kenapa?

Reno : Gue masih pengen sama lo.

Rena : Reno, rumah gue masih ada di depan rumah lo kok. Gue belum pindah.

Reno : (tersenyum) Kalo gitu, tar gue kesana.

Rena : (tertawa) Iya... Gue duluan ya, bang Rama udah nungguin tuh.

Reno : Bye...

Sore ini gue berencana ke rumah Rena. Gue pengen ngungkapin semua perasaan gue ke dia sebelum semuanya terlambat. Lagi-lagi ketika gue ngetuk pintu rumahnya, yang bukain pintu adalah bang Rama.

Reno : Bang Ram, maafin gue. Gue nggak bermaksud...

Rama : Kalo lo nyariin Rena, dia ada di kamar, langsung aja kesana.

Gue cuma tersenyum ke bang Rama lalu menuju kamar Rena ditemenin sama bang Rama. Gue ketuk pintu kamar Rena, tapi nggak ada jawaban.

Reno : Rena? Ini gue, Reno. Gue mau ngomong sesuatu sama lo. Bisa lo bukain pintunya nggak?

Rena tetep nggak ngerespon gue. Bang Rama pun mulai ninggalin gue. Gue tetep terdiam di depan pintu kamar Rena. Gue pun tetep menunggu dia sambil bersandar di pintu kamar dia. Lima belas menit kemudian, gagang pintu kamar Rena bergerak. Gue pun segera berdiri. Gue melihat Rena menunduk lalu kita saling berpandangan.

Reno : Rena, gue mau ngomong sama lo.

Rena : Kenapa lo masih disini?

Reno : ( menghela napas) Gue bener-bener sayang sama lo. Gue bakal buktiin kalo gue tulus sama lo. Gue bakal selalu jagain lo.

Gue melihat Rena menunduk dan meneteskan air mata. Gue pun memegang lengannya dan meminta Rena melihat gue.

Reno : Ren, liat gue Ren. Gue janji nggak bakal nyakitin lo. Dengan gue tau semua tentang lo, gue jadi lebih bisa jagain lo.

Rena pun melihat ke gue dan tersenyum dalam tangisnya.

Rena : Makasih Reno. Lo udah mau bilang semua itu ke gue. Tapi lo sadar kan, kita nggak bakal bisa sama-sama terus.

Reno : Nggak Ren, lo bakal terus sama gue sampe kita tua.

Rena pun kembali menangis dengan air mata yang lebih deras. Gue pun segera memeluknya. Mencoba menenangkan tangisannya. Gue berharap kesedihan ini segera berakhir.

Reno : Gue ngga akan ninggalin lo Ren.

RenaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang