Lulus.

181 14 2
                                    

27 April 2019

Ini masih jam 3 dini hari, namun Ara harus sudah bangun dan siap-siap untuk pergi ke salon, karena wisuda kelulusan akan dilaksanakan pukul 8 nanti. Ngantuk? Jelas, sangat ngantuk, apalagi ia semalam hanya tidur 3 jam.

"Kak ayo bangun, katanya jam set 4 udah harus di salon?" Kata Ibu, tapi ya namanya orang ngantuk mau di bangunin sesabar sekeras apapun ya tetep molor.

"Bentar buuukkk, masih jam 3 kan" kata Ara yang masih enggan membuka matanya.

"Bentar bentar, kakak kalo mandi itu lama, bisa-bisa setengah jam gak ngapa ngapain, belum lamanya, belum yang lainnya cepet nggak usah molor!"

Kalo mengira Ara langsung bangun, salah salah banget, dia cuma duduk gak langsung ke kamar mandi tapi ngumpulin nyawa dulu. Walaupun dia termasuk anak tua di keluarga ke dua, masuk cucu golongan tua dari Ibu dia juga tetep manja. Tapiii dia bukan anak yang manjanya di semua orang, dia cuma manja di lingkup doang, sama di temen deketnya, jadi kalo diluar ya Ara yang tetep terbuka dengan dewasa bisa diajak buat ngobrol buat cari jalan keluar bareng.

Dan ya pukul 04.10 dia baru pergi ke salon yang udah dia pesen, walaupun udah banyak orang di salon dan dia jadi terlambat, tapi untung aja masih bisa dateng ke tempat wisuda tepat waktu.

Selesai akhirnya, tepat pukul 8 Ayah udah jemput mau anter ke sekolah. Ara sekolah di sekolah yang beragama bahasa lainnya sih MAN, sebenernya sih alasan klise, bukan karna dia alim banget, oh enggak jangan berfikiran gitu. Dia masuk situ karna gak masuk SMA negeri di kota nya. Beda sama Mas Ham, Ara ga pinter-pinter banget.

Kalo kalian bingung, kenapa Mas Ham sama Ara sekolahnya jadi satu angkatan, soalnya dulu waktu masuk TK si Ara maksa dia mau sekolah, harus sama Mas Ham katanya, dan akhirnya ya mereka berdua sekolah ditempat yang sama dari TK sampai MI. Karna ya jarak umur nya ga jauh, cuma 8 bulan. Kalo kata orang jawa dulu "kesundulan" makanya jarak umurnya deket, Mas Ham lahir bulan Agustus tahun 2000 sedangkan Ara April 2001. Dan ga banyak yang tau kalo Ara punya kakak laki, kalo tau yaa bisa2 dia jadi jasa kurir titip haha.

"Nanti acaranya jam berapa kak?" Tanya ayah

"Kalo di undangan sih jam 8, tapi paling nanti molor yah, jam set 9 paling kirabnya. Ayah gabisa dateng kan nanti piket dikantor?"

"Iya nanti Ayah gabisa, Ibuk aja ya gapapa sama Mas Ham? Toh adek sekolah kan ini nanti, tadi udah berangkat kok pas Ayah jemput kakak tadi"

"Iyaa gapapa ayahh, nggehpun kakak tak masuk dulu"

Ara salim, sambil cium pipi, udah kebiasaan sih setiap mau keluar mesti gitu sama orang tua. Toh enak aja ngerasa lebih di sayang.

"Hati-hati yah"

"Enggeh, Ayah pulang dulu ya"

————

Acara sudah selesai, semua siswa dan wali murid udah bebas mau ngapain, udah di sediain tempat buat foto. Mas Ham sama Ibu dateng, jelas karna ini acara penting.
Ara benci di situasi orang lain natap heran ke dia, cuma gara gara Masnya satu-satunya ini dateng ke wisuda udah kek mau fashion show.

"Kalo pake baju biasa aja mas, isin aku di delok wong akeh, iki pisan lapo katek gowo kembang pisan, dungaren?"
"Kalo pake baju biasa aja mas, malu aku dilihat banyak orang, ini juga ngapain bawa bunga? Tumben?"

"Kurang biasa piye se dek? Mas mek nggawe hem putih, celonoan biasa ngene kok, iki pisan takok lapo atek gowo kembang, emang gelem mas rene gak gowo opo-opo?"
"Kurang biasa gimana sih dek? Mas cuma pake kemeja putih, celana biasa gini, ini juga tanya ngapain bawa bunga, emang mau mas kesini gak bawa apa-apa?"

Ugahari || Han Seungwoo Jung JaehyunTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang