Duduk di hall, jadi orang pertama yang dateng ke sekolah menjadi kebiasaan sehari-hari. Bukanya apa-apa,cuma numpang WiFi sekolah aja, mumpung gratis. Lumayan lah, bisa buat nonton Cimol Montong yang lagi berantem sama Kismis.
Hari ini ada yang beda,satu persatu orang pada berangkat. Tapi kok,pada ngeliatin aku kayak aneh gitu si? Aku si bidi imit lih yi-_-
Terutama pak satpam tuh. Ngeliatinya sampe biji matanya mau copot aja.Apel pagi hari ini dimulai. Disana sudah berdiri Bu Loli,guru BK yang galak dan nyebelin sedang berkoar-koar mengabsen satu persatu siswa yang telat dan siswa yang tidak memakai atribut seragam dari sekolah. Aku ngga tau kenapa ya,setiap beliau ngomel tuh penginya muntah. Kekenyangan sama omelan dia sampe dispepsia kayaknya deh.
"Kalian bertujuh yang tadi datang telat,sini berdiri di depan,biar bisa jadi pelajaran untuk teman-teman kalian agar tidak berani berangkat telat seperti kalian" kata Bu Loli mulai beraksi. Itu ibu kalo ngomong ngga usah dimanyunin juga mulutnya elah. Bukanya keliatan seksi malah jontor tuh monyong.
"Hey,kalian yang merasa pake makeup, kerudungnya ngga sesuai,dan yang pake tas tante-tante maju kedepan sekarang!" Bu Loli kejam kan? Kilat matanya aja berkibar-kibar kayak jemuran kekeringan kena angin topan.
Eh,sekarang Bu Loli kok melotot ke aku si? Duh, kasian matanya Bu,udah tau sipit tapi dipaksain melotot gitu. Btw aku salah apa ya? Aku kan murid teladan (kata mama) jadi ngga pernah,eh maksudnya jarang kena hukuman. Apalagi hukuman dari Bu Loli, idih amit-amit dah.
"Hey kamu! Nama kamu siapa?!"eh,ini Bu Loli lagi ngomong sama aku sambil melotot loh.
"Nama saya Juliet Bu, dari kelas 11 Askep (assisten keperawatan) 2", jawabku.
"Kamu itu niat sekolah ngga si? Ini itu sekolah! Bukan kamar kamu, jadi ikuti peraturan yang berlaku. Jangan seenaknya aja jadi murid, apalagi ini sekolah kesehatan, jadi harus disiplin. Sekarang ibu tanya, kenapa kamu ke sekolah bukanya pake seragam malah pake baju tidur?", Omel Bu Loli.
Aku kaget dong. Aku mikirnya Bu Loli kena sawan apa ya, ngomelin aku nyampe kekgitu. Malu akutuh,dimarahin didepan orang banyak,sedih deh huhu. Bu Loli jahat.
Oh iya.. aku baru inget,aku tadi pagi lupa ngga mandi. Tadi bangun tidur langsung ke sekolah. Ini aku masih pake baju tidur gambar tawon sama sandal jepit. Ya Tuhan;("Maaf Bu,saya lupa ngga pake seragam, soalnya tadi pagi buru-buru",itu cuma alesan si, itung-itung buat nutupin malu-_-.
Batinku berteriak 'dasar bu loli sialan!'"Sekarang kamu ikut baris di depan bareng sama siswa-siswi indisipliner yang lain"titah Bu Loli. Sabar aja dah.
"Baik Bu" jawabku pasrah. Mau gimana lagi,nasib badan punya otak yang kadang gesrek.
"Kalian yang indisipliner, setelah apel ikut ibu ke ruang BK!"kata Bu Loli.
***
Di ruang sidang alias ruang BK, Bu Loli sudah bersiap untuk mengadili kita berlima belas yang tidak taat aturan.
Bu Loli tidak sendiri, tapi ditemani sama pak Setya selaku ketua prodi keperawatan. Aduh cobaan apalagi si, Bu Loli aja cukup bikin enek, ketambahan pak Setya yang hobi ngambil keputusan tiba-tiba sampe muridnya hampir jantungan."Perhatian semuanya, kali ini saya bersama pak Setya sudah sepakat mengambil langkah yang paling tepat untuk merubah sikap kalian. Sebagai hukuman sekaligus pelajaran, lebih jelasnya,akan pak Setya sampaikan. Silahkan pak Setya, waktu dan tempat saya persilahkan." Duh itu Bu Loli ngomong apa si,bikin penasaran aja. Ngga ada intinya banget deh omongannya ngga berfaedah sumpeh.
"Selamat pagi anak-anak, disini saya akan mengumumkan hukuman apa yang akan kalian terima. Sebenarnya kita memberikan hukuman ini karena kesalahan yang kalian lakukan itu hal kecil yang sering kalian sepelekan,sehingga kalian menjadi terbiasa tidak disiplin seperti ini. Kalian semua sudah kelas 11,bukan saatnya main-main lagi. Harus memikirkan tentang progres praktek kerja lapangan (PKL) yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Berhubung kalian ini murid spesial,maka kami akan mengirim kalian PKL di ujung barat provinsi. Disana terdapat rumah sakit baru, sehingga kalian akan mendapat banyak ilmu. Dan perlu kalian perhatikan bahwa tidak ada yang boleh menolak,dengan segala alasan. Ini keputusan sudah final. Data kalian akan saya kirim ke lahan hari ini. Untuk pemberangkatan, waktunya sama dengan siswa-siswa yang lain." Kata pak Setya
"Tapi jauh pak, berarti harus cari kost dong?" Salah satu dari kita ada yang tanya.
"Tidak boleh ada yang tinggal di kost, kalian akan diasramakan. Dirumah sakit itu sendiri sudah menyediakan, dengan fasilitas ruangan, air, dan listrik, jadi kalian harus bawa kasur sendiri dari rumah."
Hah?
Kita semua syok dong, ngga boleh tinggal di kost, diasramakan tapi bawa kasur dari rumah. Aneh banget si. Udah tempatnya diujung kulon, bayangin aja ya ampun, jauh-jauh ke batas provinsi bawa-bawa kasur segede gaban, belum lagi bawaan yang lain. Tau ah,pengin lenyap aja deh rasanya.
"Oke, saya rasa sudah cukup, sekarang kalian kembali ke kelas masing-masing tali jalanya jongkok" kata Bu Loli .
Aku mah nurut aja, jalan jongkok pelan-pelan, terus pas deket pager keliling lompat keluar deh. Kan kalo dipikir malu juga sekolah pake baju tidur. Bodo amat sama pelajaran,paling gurunya ngga ada yang masuk kelas. Setiap hari juga jam kosong sampe pulang. Absen mah aman, udah tadi pagi pas apel.
***
"Assalamualaikum Ma, Juliet pulang"
udah sampe rumah nih,cepet kan. Soalnya tadi numpang mobil doyok pak Wasim yang biasa dipake buat ngangkut kambing ke pasar. Ngga papa lah bau kambing,yang penting cepet sampe ke rumah."Loh Jul, kamu kok belum mandi udah pergi-pergi? Emang ngga sekolah?" Ini mama curiga nih pasti.
"Sekolah libur ma, gurunya ada acara zumba massal di sawah samping sekolah" aku njawab sekenanya.
"Loh,emang sawahnya ngga becek,bisa dipake buat zumba gitu?"kan mama tuh suka kepo.
"Katanya itu salah satu inovasi baru buat mbajak sawah ya Ma." Good job Juliet, jawabanmu emang top bego.
"Ooh, kamu tadi dari mana? Kok bau kambing si?" Aduuuh gara-gara naik doyok nih, wanginya masih nempel.
"Juliet dari pasar Ma, tapi langsung pulang. Soalnya pas sampai dipasar Juliet lupa kalo Juliet kan ngga punya uang"
_____________________________
Oke gaess.. segitu dulu ya.
Jangan lupa voment
See you.
KAMU SEDANG MEMBACA
Juliet In The City
Mystery / ThrillerSuara teriakan para pemukim yang mengejarku semakin jelas terdengar. Ku langkahkan kakiku ke depan. Mengandalkan keseimbangan dan langkah panjang kakiku yang tak begitu panjang. Ih apa sih. Ku percepat langkahku dengan hati-hati. Jalan ini sangat li...