Lana menutup pintu mobil sedan Audi hitam nya dengan kencang. Ini masih pagi, tapi Lana sudah nongkrong di bengkel, mengantar mobil kesayangannya karena beberapa hari ini suka ngambek alias mogok tak jelas.
"Empat hari lagi kesini ya teh" ujar sang montir setelah melihat kondisi mobil Lana.
"Kok lama banget atuh kang?"
"Iya teh, tenaga mesinnya sama bagian indikatornya. Banyak banget ini yang mau diperbaiki"
Mengangguk seolah paham lalu ia mengambil helm yang sudah dia bawa dari rumah di kursi belakang mobil sedannya. Lana sebenarnya sama sekali tidak mengerti dengan kondisi mobilnya saat ini. Toh bertahun-tahun dipakai, Lana hanya taunya mengisikan mobilnya bahan bakar dan di cuci. Mengganti oli juga karna Jojo yang mengingatkan. Selebihnya, hanya montir yang tau.
"Yaudah kang. Saya tinggal mobilnya ya"
"Siyap neng"
Tak lama kemudian, ojek online yang barusan dipesan Lana datang, untuk mengantarkan Lana ke kantor tempat ia mencari nafkah sekaligus menjaga iman agar tak tergoda Wara yang seminggu ini selalu berseliweran di sisi Lana. Entah itu cuma karena controllernya saja yang error saat dijalankan pada web browser, database yang rancu, atau config yang typo. Hanya karena itu Wara tiba-tiba langsung berada di depan kubikel Lana membawa laptopnya. Padahal kalo dari segi pengalaman, Wara harusnya sudah hatam dengan hal lumrah seperti itu.
Jadi jobdesk Wara itu ada dibagian final project website yang telah mereka buat, membuat beberapa aritmatika yang berhubungan dengan alur kerja website mereka, menjelaskan beberapa logika yang harus diterapkan, bertemu client, mendemokan website yang sudah mereka buat dan yang lainnya. Wara tak pernah berhubungan langsung dengan bahasa php yang mereka buat. Tapi seminggu ini seakan Wara begitu sibuk dengan kode-kode itu.
"Kok pake helm?" Tanya Feline saat Lana menekan jarinya di mesin absen dengan helm yang masih menyangkut dikepalanya.
"Mobil masuk bengkel"
"Taunya dipake aja sih. Dirawat ya kagak" ujar Jojo mengejek.
"Dirawat kok. Ga liat mobil aku bersih dan harum gitu" ujar Lana sambil melepaskan helm dan duduk di kursi kerja nya.
"Ya mobil juga kaya manusia lah. Kalo cuma covernya aja dirawat tapi mesinnya gak ya bisa sakit. Lu juga ganti oli aja perlu di ingetin dulu"
"Iya iyaa.. udah ah sana mau kerja nih" usir Lana tapi Jojo malah mendekat membawa flashdisknya saat Lana baru saja menyalakan komputernya.
"Coba cek Lan.. kok gue error mulu ya dibagian percabangan"
"Kuliah kenapa bisa wisuda sih. Perkara if doang"
"Ya makanya bantu" Jojo langsung menempatkan flashdisk pada CPU Lana, membuka beberapa folder kemudian membuka file berisi bahasa php yang telah dia buka dengan aplikasi Sublime Text yang ada di layar monitor Lana.
"Gue bingung sendiri bagian function" ujar Jojo sambil menunjuk bagian yang membuatnya bingung.
"Nih ya. Kalo untuk percabangan tunggal. Bikin fungsi if pake sintaks. Nih perhatiin" Lana mengetik beberapa bahasa php disana, dan diperhatikan oleh Jojo
"Kondisi ini dollar level, terus kasi sama dengan nya dua kali. Tutup kurung, buka kurung kurawal. Enter terus echo" ujarnya sambil melanjutkan ketikan.
"Pantesan.. gue kasi sama dengannya satu doang" Jojo menggaruk telinganya yang tak gatal.
"Lah dodol. Kalo satu aja itu sih assignment, kan ini kondisinya komparatif buat perbandingan value"
KAMU SEDANG MEMBACA
['Tipe Data']
ChickLitSebagai programmer, hal dasar yang harus di kuasai adalah Tipe Data. Mencakup beberapa nilai-nilai dari ekspresi untuk dapat mendefinisikan operasi yang akan dilakukan untuk membuat sebuah program. Sama hal nya dengan yang akan kita telaah dari kisa...