Masih di hari pertama sekolah. Hal aneh kembali terjadi. Gathran mengunjungiku ketika istirahat kedua baru saja dimulai. Aku baru selesai sholat Dzuhur dan hendak meletakkan mukenaku ke tas.
"Ran, gak sibuk kan, ya?" Dia langsung menghampiriku ketika aku sudah memasukkan mukena ke dalam tas.
"Gak juga. Kenapa emang?"
"Masjid, kuy." Ajaknya.
Hah? Bukannya tadi dia juga baru dari masjid. Kenapa sekarang dia mengajakku ke sana? Jangan-jangan dia tadi belum ke masjid.
"Lu... Belum sholat, Gath?" Ujarku sedikit ragu-ragu, khawatir salah.
"Suudzon aja dah. Gua cuman mau nagih janji lu."
"Janji? Janji apa, ya?" Aku sedikit bingung dan berusaha mengingat-ingat.
"Subhanallah. Habis liburan 2 minggu lu langsung lupa."
"Maaf, ya. Saya terlalu hanyut dalam rebahan di hari libur sehingga hampir melupakan segalanya." Ujarku dengan bangga.
"Rebahan tapi rangking satu. Itu gimana ceritanya ya?" Dia sedikit mendekatkan wajahnya padaku.
"Coba tanya ekskul kepenulisan. Mungkin ada yang tau ceritanya kayak gimana." Aku mulai mengacaukan pembicaraan ini.
"Woy, gak usah bawa-bawa ekskul apaan tau. Cepetan tepatin janji lu. Ntar keburu masuk."
Dia menarik tangan kananku. Aku tidak bisa melawan hanya pasrah dibawa olehnya ke masjid.
Diperjalanan, aku baru mengingatnya. Janji yang kubuat dengannya.
Flash back
"Woy, Gathran. Lu bisa gak sih belajar dikit aja. Lu kan udah hampir dikeluarin dari sekolah. Lu gak takut napah dikeluarin?" Ucapku pada Gathran yang sedang main bola pas pulang sekolah.
Ini terjadi beberapa bulan lalu saat aku mendengar bahwa Gathran hampir dikeluarkan dari sekolah.
"Etdah, lu ngatur gua banget, sih. Ortu gua aja kagak peduli gua dikeluarin sekolah atau gak. Gua gak dipeduliin di rumah. Jadi terserah gua kalau mau belajar apa gak." Ucap Gathran sambil menendang bola ke gawang.
"Gua kasian ama lu. Masa lu udah kelas IPS di kelas terakhir pula. Gua gak mau lu di kelas terakhir lagi tahun depan. Kesempatan tuh cuman dateng sekali. Ini kesempatan buat lu berubah. Lu mau gak gua kasih hadiah kalau lu belajar?" Aku duduk di kursi dekat lapangan sekolah, tempat dia bermain.
"Hadiah paan? Kalau permen kagak mau, ah." Ucap Ghatran.
"Gak spesial, sih. Gua bakal hafalan ke lu. Surat apapun yang lu mau, bakal gua hafalin terus gua setor ke lu."
"Aih, setoran. Ngapain amat lu setoran ke gua. Itu namanya bukan hadiah. Maunya lu itu mah." Dia kembali menendang bolanya ke gawang.
"Gua serius. Gak pernah ada loh yang denger gua hafalan kecuali keluarga gua." Aku pun berdiri dari tempatku dan mendekatinya. "Jadi, mau gak? Jarang-jarang loh gua ngasih hadiah ke orang." Aku tiba di depannya yang sedang duduk di dekat gawang karena kelelahan. Keringat mengucur dari dahinya.
"Kesempatan kayak gini gak selalu lu dapetin loh. Denger suara ngaji cewek cantik kayak gua yang gak pernah didenger orang-orang kecuali keluarga gua."
Dia tiba-tiba berbaring di tanah dengan kedua tangan direntangkan. "Lihat aja ntar." Setelah itu, dia menutup wajahnya dengan lengan kirinya.
Tidak kusangka dia masih mengingat kejadian itu. Aku masih belum siap untuk menepatinya hari ini. Aku harus bagaimana?
Setibanya di masjid, dia memberikan sebuah Al-Quran padaku sambil berkata, "Surat Az-zariyat minimal 10 ayat. Cepet, gak pake lama."
YOU ARE READING
Bintang sekolah
Teen FictionKerjaan mereka isengin temen terus. Walaupun di antara mereka ada ketua OSIS, mereka gak dihukum sama sekali. Padahal, ketua OSISnya disiplin banget. Alasan gak pernah dihukum, karena mereka iseng ke murid yang gak jera-jera dikasih hukuman sama OSI...