Target

4K 480 46
                                    

Kemarin saya sudah bilang kan. Untuk sukses kita harus punya target dan rencana. Awal tahun saya bikin target ingin punya naskah yang dibaca 30k viewers dan ingin punya followers 3k. Lama waktu untuk mencapai target ini saya tulis satu tahun. Upaya yang saya lakukan adalah dengan melakukab daily update dari bulan Januari sampai Juli.

Kenyataannya bulan Mei aja, target itu sudah tercapai. Lalu saya bikin target kedua. Saya ingin mendapatkan rank #1 di genre Misteri/thriller, ada satu naskah yanh viewersnya mencapai 100k dan punya followers 10k. Dua dari target ini sudah tercapai dalam waktu 2 bulan saja ternyata. Padahal waktu yang saya rencanakan sampai akhir Desember. Saya sudah pernah dapat rank #1 di genre Misteri/thriller (walau cuman dua hari aja 😂😂😂) dan sudah ada naskah yang hampir 100k viewersnya, masih 99,4k sih hari ini. 10k followers masih jauh kayaknya, sekarang ini notifikasi followers baru makin dikit aja. Kemungkinan penyebabnya karena saya nggak lagi daily update. 😅😅

Meski nggak lagi daily update, Saya tetap bikin jadwal kapan update. Jadwalnya gini, Senin dan Kamis Pheromones. Selasa, Kamis dan Sabtu, Wish Series. Rabu dan Minggu Unrequited Love. Jumat libur. Kenyataan ini jadwal sering saya langgar. 😂😂😂  Terutama Pheromones, karena ini naskah segar yang langsung saya tulis di wattpad, jadi jadwal updatenya sering telat-telat. Kalau Wish Series dan Unrequited Love sebenarnya adalah naskah lama yang sudah siap draftnya jadi tinggal upload aja.

Coba deh teman-teman sekarang tulis juga apa target, berapa lama waktunya, dan usaha apa yang akan kalian lakukan untuk mencapainya. Lakukan dengan konsisten dan lihat hasilnya nanti. Ingat, dalam menentukan target harus rasional dan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki sekarang.

Kak Bel kemarin bilang tuh, kebanyakan pembaca suka membaca naskah yang partnya udah banyak. Itu bener. Malah ada juga pembaca yang maunya baca naskah yang ada label tamat aja. Kemungkinan ini karena hadirnya beberapa penulis yang updatenya menahun atau update nggak sampai selesai karena alasan tertentu. Saya sendiri kalau baca cerita yang masih ongoing kadang suka kesel kalau updatenya lama hahaha. Kan kita udah buru-buru penasaran gitu sama ceritanya.

Jadi kalau naskahmu jumlah chapternya emang masih dikit jangan berharap bakal dibaca banyak orang. Kita bukan Erisca Febriani yang sekali update dibaca 100k viewers. Update secara berkala dan tunggu hasilnya. Kadang setelah tamat yang baca masih aja dikit, tapi bisa jadi kalau didiamkan nanti jadi banyak. Kayak #trappedinthepast itu. Saat tamat viewersnya 4.000 an aja. Siapa yang nyangka sekarang viewersnya tembus hampir 100k dan sudah pernah dapat rank #1 di genre misteri/thriller? Jangan patah semangat dan jangan menyerah. Percayalah, naskah yang baik akan ditemukan oleh pembaca suatu hari nanti.

Upaya yang perlu kita mulai dari sekarang adalah konsisten dalam menulis. Buat saja target harian dulu yang sesuai dengan kemampuanmu. Misalnya nih, menulis 300 word sehari. Nah, tiga hari aja kamu sudah bisa upload satu chapter. Kalau di theWWG ada event wajib tuh one day one chapter. Ini adalah event yang bener-bener bisa melatih konsistensimu dalam menulis. Juga menilai sekuat apa tekadmu untuk bergabung dengan grup ini.

Istilahnya sekarang kita sedang babad alas. Jadi perjuangannya lebih susah. Setelah followers kita tembus 1k aja, untuk naik ke tangga selanjutnya pasti juga jadi lebih mudah.

Wattpad Tips for NewbieTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang