Untuk melesat dengan cepat, sebuah benda harus memiliki momentum yang besar (Pakai bahasa fisika ini 😂😂😂). Begitu pula dengan sebuah kesuksesan. Kapan momentum itu tiba? Tidak sama bagi setiap orang. Ada yang langsung berhasil pada percobaan pertama. Ada pula yang harus jatuh dan bangun mencoba berkali-kali. Erisca langsung melejit karena Dear Nathannya, Cinderela sarif tersohor dengan BBFLG. Setiap orang punya naskah andalan.
Teman-teman bisa lihat di work saya. Saya sudah bergabung dengan wattpad sejak tahun 2015. Namun, baru aktif menulis pertengahan Juli 2016. Ada dua puluh dua cerita di work saya, namun tidak semuanya berhasil. Naskah yang pertama kali saya upload Guardian Angel tidak mendapat tanggapan yang baik. Mungkin karena ceritanya yang memang cukup pasaran.
Unrequited Love, meski banyak yang bilang idenya antimainstream juga kurang laku. Saya mencoba mengikuti selera pasar dengan menulis bad boy dan romance teenlit seperti You've changed namun kurang berhasil. Akhirnya saya putuskan saya untuk menjadi diri sendiri. Menulis apa yang memang saya sukai, yaitu genre misteri. Saya menyadari genre ini kurang laku, tapi mau gimana lagi kalau saya suka? Untuk menarik pembaca saya padukan genre ini dengan genre yang lainnya. Who am i itu misteri + chicklit. Dilatasi waktu misteri + teenlit. Wish series misteri +teenlit + fantasi.
Beberapa eksperimen saya gagal hingga saya akhirnya menemukan satu momentum dengan Trapped In The Past. Waktu menulis naskah ini adalah 5-10 reader yang aktif memberikan komen setiap kali saya update. Hal ini meningkatkan semangat saya untuk terus menulis. Perlahan tapi pasti naskah ini menarik minat pembaca. Naskah-naskah saya lainnya yang awalnya kurang laku seperti wish series tiba-tiba aja jadi banyak yang baca. Iya, wish series sudah saya upload tahun 2016 dulu tapi nggak ada yang baca hingga akhirnya saya unpublish. Permasalahan utamanya, saya kurang sabar menunggu munculnya momentum dan terburu-buru unpublish cerita yang menurut saya nggak laku. Tahun ini saya upload ulang wish series setelah reaksi pembaca dari TiTP yang lumayan. Ternyata sekarang naskah ini jadi cukup dikenal juga. Kenapa reaksi pembaca dulu dan sekarang berbeda? Jawabannya karena adanya momentum dari TiTP. Cerita ini menduduki rank 1 di genre misteri/thriller. Sehingga naskah saya yang serupa juga mendapatkan sambutan yang hangat.
Kapan momentum itu akan tiba? Kita tidak akan pernah tahu. Tugas kita hanya terus mencoba, memperbaiki diri dan bersabar. 😊😊😊
Dalam ilmu fisika momentum adalah besaran turunan yang dirumuskan dari kecepatan dikali massa benda. Misalnya sih ada kereta api yang melaju dengan kecepatan 60km/jam bandingkan dengan sepeda motor yang melaju dengan kecepatan yang sama. Ketika direm, mana yang lebih mudah berhenti? Tentu sepeda motor. Kenapa? Karena memiliki masa yang lebih kecil, sehingga momentumnya lebih kecil.
Maka jika kini kereta kita sedang berjalan lambat, terus saja tambah gerbongnya. Suatu saat nanti pasti akan ada momentum yang membuat kita tidak bisa dihentikan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Wattpad Tips for Newbie
No Ficciónrank #2 di genre non fiction (13/02/2019) Kamu baru gabung di wattpad? Bingung karena ceritamu nggak ada yang baca atau followersmu yang nggak naik-naik? Yuk baca tips ini. Semoga bermanfaat. ^^