4. Rimbang (19)

73 7 0
                                    

Heh cuman 3?'-'

Banyak dong, sebagai orang tua tentu banyak yang harus kita ajarkan pada anak eaa /avv berasa dewasa/ cuih.

Yang pasti pertama, aku mau anakku belajar mengenal agama, dari orangtuanya. Memang bukan dari orangtua aja sih, tapi kan begitu, permulaannya dari kita. Kita yang bangun dasarnya. Aku mau mereka setidaknya paham, mengapa mereka diciptakan, atau kewajiban mereka, yah begitulah.

Kedua, aku mau mereka belajar akhlak yang baik, gak kayak aku kan yang minim akhlak– g. Manusia memperlakukan oranglain sebagaimana oranglain memperlakukan mereka. Aku gak laik sama pepatah ini, kadang banyak orang tolol yang ngejahatin orang yang rebahan pun butuh tenaga. Maksudku, gak ngapa ngapain malah diapa apain.

Aku mau mendidik karakter yang mereka dan aku inginkan. Setidaknya, tau bagaimana menyikapi tiap keadaan.

Ketiga, aku mau mereka belajar tentang kehidupan, khusus dariku. Aku gabakal langsung drop mereka dengan 'kehidupan itu kejam' atau semacamnya. Sebaliknya, aku mau mereka berpikir dunia selalu baik pada mereka. Aku mau membuka perspektif, kita sebagai penulis, penyair, pujangga, seberapa banyak kalimat tentang arti kehidupan yang kita telan? Apa kita paham? Aku sama sekali gaberhak apa apa sama sudut pandang orang lain.

Tapi setidaknya, aku bisa buka sudut pandang anakku disamping ia membukanya sendiri.

Selain itu, tentu banyak. Itu peran orang tua, tapi karena aku tamat sekolah juga belom, bolehlah kita putus pemikiran ini sampai sini saja.

Teruntuk anakku di masa depan yang pernah kusiapkan namanya, jangan bobrok ke emakmu yah. Unch.

-sekyan trima spina.

FLC WRITING CHALLENGE : APRIL (3) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang