Setelah selesai lebaran. semua santri di wajibkan datang kembali ke pondok untuk mengikuti acara halal bihalal atau perkenalan dengan siswa-siswa santri baru. Begitu kagett nya gua pas begitu tau kalo jumlah seluruh santri yang ada di pondok gua" tiga belas ribu santri" terdiri dari SMP dan SMA, setelah selesai acara halal bihalal gua dan santri baru yang lain nya di larang kembali ke kamar. Dan gua sama yang lain di kumpulin tengah lapangan oleh senior-senior gua dan lebih bangsatnya lagi gua di tarik ke depan untuk perwakilan karna gua di anggap anak manja karna masuk ke pesantren ini lewat jalur orang dalem atau anak titipan ustadz.
Gua dan 2 temen gua di suruh tunggu lapangan dan temen gua yang lain setelah di jelaskan peraturan pesantren yang berlaku untuk 1 tahun ke depan di perbolehkan untuk balik ke kamar masing-masing. Sedangkan gua dan temen gua di ajak ke kamar senior gua. Ngomong nya sih mao ngobrol biar kenal lebih deket sama gua bertiga. Oke akhirnya gua dan 2 temen gua akhirnya setuju untuk ikut ke kamar senior gua, yah walaupun perasaan udah gak enk tpi lebih bahaya lagi kalo gua sama 2 temen gua buat nolak ajakan senior gua.
Pas sampai di kamar senior gua, gua dan temen-temen gua di ketawain sama senior gua yang lain karna mereka menganggap kalo gua bertiga ank manja atau ank cengeng. Lalu gua dan temen gua di tawarin rokok sama senior gua dan bodoh nya gua, gua nerima rokok itu dari senior gua. Dan kedua temen gua nolak rokok dari senior gua dan otomatis gua di anggap lebih bandel dong dri kedua temen gua ini. Setelah gua dan temen-temen gua selsai di tanya-tanya dan gua selesai ngerokok gua dan 2 temen gua di suruh megang angkatan sama senior-senior gua karna senior gua nganggap kalo gua bertiga pantes buat megang angkatan dri pada temen-temen gua yang lain karna gua sama kedua temen gua gak enk buat nolak akhirnya gua bertiga mao buat megang angkatan.
Gua dan dua temen gua di kasih waktu 3 hari buat bikin nama angkatan akhirnya gua dan kedua temen gua mutusin buat ngumpulin angkatan gua besok selesai solat isya di aula pesantren untuk mengadakan rapat dadakan untuk menentukan nama angkatan gua untuk 3 tahun kedepan. Besok nya selesai sholat isya berjamaah gua ngumpulin angkatan di aula dan di hadirin sama senior gua 3 orang setelah berunding panjang dengan angkatan gua. Akhirnya gua dan angkatan gua sepakat untuk menamakan angakatan gua yaitu GRATAZ " Gerakan tempur as syafi'iyah" heran kan lu kenapa nama angkatan gua kaya nama bocah tongkrongan wkwk karna gua menyesuaikan dengan senior-senior gua yang mana nama angkatannya rata-rata kaya begitu.
Setelah selesai membuat nama angkatan, kakak senior gua lanjut ke acara peresmian pemegang angkatan yaitu gua, adul, dan sultan yang di pilih oleh senior gua. Jadi semua tanggung jawab angkatan di pegang sama gua bertiga. Ketika ada masalah atau angkatan ada masalah atau urusan dengan kakak kelas gua bertiga yang di panggil sebagai pemegang angkatan untuk menyelesaikan permasalahan.
Dan yang menjengkelkan nya lgi setiap angkatan gua ada yang songong atau tidak sopan sama kakak kelas gua bertiga yang di panggil dan di pukulin karna di anggap gk bisa ngurus angkatan. Setelah mengetahui begitu gua bertiga memutuskan untuk menjadi bar bar di angkatan karna setiap kali ada maslaah selalu kami yang kena walaupun itu bukan salah kami bertiga. Akhirnya gua bertiga mengutuskan setiap kali ada songong gua bertiga gak segan-segan buat maen tangan ke orang itu. "Yaiyalah anj lu bayangin coba yang songong siapa yang kena siapa babi"
Jadi setiap kali ada maslah gua bertiga langsung turun tangan menyidang temen angkatan gua ini.Oh iya kalo di pesantren setiap kali ada masalah selalu melakukan sidang yang di maksud dengan sidang itu di introgasi atau di tanya-tanya lalu di lanjutkan dengan acara pemukulan bareng-bareng. Kebayang gak lu tiba-tiba di panggil disuruh ke kamar kakak kelas masuk-masuk kamar gelap tiba-tiba ada yang loncat nendang kepala lu pas lampu nyala tiba-tiba muka lu udh babak belur. Dan lebih anj nya lagi setelah semua puas mukulin korban, korban langsung di baik-baik in. Itu yang gua bertiga rasain pas tau kalo megang angkatan begini.
Makanya gua bertiga mengutuskan untuk menjadi bar bar terhdap angkatan gua biar tidak ada yang merasakan apa yang gua bertiga rasakan. "Lu bayangin baru hari pertama gua bertiga udh di gituan karna ada satu orang yang songong sama kakak kelas" Dan akhirnya angkatan gua menyadari kalo megang angkatan gk semudah yang di bayangin. Oh iya satu lagi bukan berarti yang megang angkatan selalu orang yang jagoan, jago berantem dll. Gua bertiga juga kalo bukan karna di pilih ogah megang angkatan lu bayangin gua bertiga di suruh ngurusin 750 santri gimna kaga kaya orang tolol gua di pondok.
KAMU SEDANG MEMBACA
kehidupan di pesantren
Casualeini cerita tentang pengalaman hidup gua menjadi anak pesantren.