Untuk pertama kali nya menginjakkan ke gedung mini yang kami biasa sebut 'Workshop' ini ternyata bukan itu panggilan nya.
Pelajaran produktif (kejuruan) pertama yang kami jalani adalah Perakitan Komputer.
Perakitan Komputer ini berada di ruang Hardware. Ruang Hardware adalah satu-satunya ruangan yang kami paling malas untuk memasuki nya. Gimana ga males, ruangannya panas, gerah, pengap, kipas nya ga terasa dingin. Udah kaya di neraka. (Padahal belum pernah ke neraka:v)
Salah satu teman sekelas ku, namanya Nur. Nur ini memiliki kakak sepupu yang bersekolah di SMK ini juga. Jadi, pemahaman tentang pelajaran wajib dan produktif itu masih ngambang di otak ku.
"Jadi, Nur, produktif itu kaya' gimana sih maksudnya??"
"Kalau pelajaran wajib kan yang bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Fisika, gitu-gitu lah ya, kan? Nah, kalau produktif itu ya mata pelajaran bengkel."
"Ohh, gitu." wajar dong aku ga tau, kan murid baru. Ehe.
Guru Perakitan Komputer ini, terbilang masih muda. Usia nya saat itu dua puluh dua tahun. Panggil saja, Pak Faisal.
Siapa sangka guru yang kurus tinggi nan semampay itu akan selalu terlihat cool dan tidak ingin marah-marah. Aku jadi teringat wajahnya saat marah gais:v
Pak Faisal adalah guru pertama kami, guru yang membuka semua jendela pengetahuan seputar sekolah ini. Mulai dari nama kantin, penyebutan workshop yang ternyata mereka menyebutnya "BENGKEL TKJ".
FYI yaa, beliau ini ternyata alumnus dari sekolah ini juga. Dan rata-rata guru produktif banyak dari alumnus SMK ini. Sangat tercerahkan, pantesan masih muda-muda.
Back to story, Pak Faisal mengajarkan Perakitan Komputer ini pakai alat yang sudah bekas alias tidak terpakai lagi. Jadi bebas mau disentuh gimana pun, tidak akan mengalami kerusakan kecuali di banting:D
Tahap pertama yang harus kami lakukan adalah mencatat teori. Hahh, sudahlah panas, mencatat pula. Lalu, pengenalan komponen CPU.
Dan hal yang paling terpenting adalah setiap siswa/i wajib memiliki perkakas pribadi yang wajib dibawa saat praktik ke bengkel. Beberapa di antara nya:
*Obeng plus (Obeng bunga)
*Obeng minus
*Tang
*Pinset (Alternatif)
*KuasJadi, kalau ada penggrebekan anak sekolah yang bawa alat diatas, tidak ditangkap kan, ya??! Wkwkwk
Di sela-sela pengenalan komponen, kami masing-masing satu meja yang isinya 5-6 orang itu memiliki 1 MB (Motherboard).
Kami diberi waktu beberapa menit untuk menghapal beberapa letak komponen di MB. Kebayang ga tuh ricuh nya di situasi panas, gerah, pengap di ruang Hardware.
"Ini tadi apa namanya wey??"
"Eh aku lupa ini apa"
"Liat lah aku, ga nampak, lohhh""Suara mereka menggema bagai nyamuk-nyamuk di malam hari yang sedang padam listrik.
Aku sering khilaf pada komponen Chipset dan Heatsink Fan. Bentuk nya sama, rupa dan warna juga sama. Peletakan tidak jauh beda. Dan, ternyata chipset ini memiliki 2 tempat dan kami sempat dimain-mainkan oleh beliau. Huh!
Sc: caratekno.com
Nah, yang ada di dekat Processor namanya chipset Northbridge, sedangkan yang jauh adalah chipset Southbridge.
Ujian disini banyak yang gagal, loh. Haha.
Aku banyak yang lupa dialog nya, haha:D
Maklum udah *tittt*
Jangan lupa vote+comment nyaa:)
KAMU SEDANG MEMBACA
The Story Behind of TKJ
Random[On Going] "Sistem akan memahami kita, kalau kita memahami apa yang sistem inginkan" - Guru. "I'M NOT HACKER, I'M JUST SECURITY PROFESSIONAL" - Unknown. ---- "Cepat sikit!! Nanti kena setrap lagi sama Pak Faisal!" - Faisal, Wakil Ketua. happy readin...