Dan saya berakhir di SMA.
Ketika sedang masa orientasi, sebagian besar teman saya ingin masuk jurusan IPA. Tentu saja tidak mengherankan, masih tertanam steorotip bahwa anak IPA tuh pintar-pintar, dan anak IPS bandel.
Saya sendiri masih bingung mau masuk jurusan mana. Saya suka hitungan yang pastinya lebih banyak di IPA dan saya tidak suka hafalan, tapi disisi lain saya suka ekonomi.
Akhirnya saya memilih jurusan IPS. Saya sudah membayangkan betapa ngantuknya nanti pelajaran sejarah dan sosiologi yang penuh cerita dan hafalan.
Tapi ternyata tidak. Guru sejarah dan sosiologinya asik, dan lama kelamaan saya menikmati belajar kedua mata pelajaran tersebut.
Mata pelajaran ekonomi? Ini mata pelajaran kesukaan >~<. Nilai saya paling tinggi di ekonomi, dan tertinggi kedua di geografi karena geo juga ternyata menyenangkan.
Matematika? Sebenarnya saya suka, tapi entah kenapa nilainya pas pasan terus. Saya berlatih soal tiap hari, tapi ketika menemukan variasi soal berbeda saya sering kesulitan menjawabnya.
Di IPS, kelas saya hanya berisi 26 anak. Karena peminat IPS sedikit sekali. Tapi nggak masalah. Toh saingannya makin dikit kan 😉
Jujur saja, saya hampir gak punya teman di kelas. Teman dekat saya hanya 2-3 orang. Awalnya terasa berat dan merasa kesepian, tapi lama-lama terbiasa.
Kenapa? Karena teman-teman saya tidak suka dengan saya yang terlalu menonjol diantara para guru. Nilai saya selalu yang tertinggi. Saya juga enggan memberi contekan pada teman-teman saya. Jika mereka meminta saya mengajari mereka, saya pasti akan mengajari mereka sampai mereka mengerti. Tapi teman-teman saya malas belajar, mereka hanya mau jawaban saja. Kalian bisa ngerti gak sih perasaan saya 😂
Ada untungnya sih punya teman sedikit. Saat istirahat/jam kosong dimana teman-teman sekelas saya ngobrol/ngerumpi/kabur ke kantin, saya menghabiskan waktu dengan latihan soal UAS, UN, UTBK, sampai habis beberapa buku tebal. Saya juga jadi dekat denga guru sekolah karena saya sering bertanya tentang soal-soal yang sulit.
Tujuan saya dari awal masuk kelas 10 -> SNMPTN dan SBMPTN.
Saya juga membuat target.
Plan A, nilai rapot harus bagus, harus ranking 1 paralel. Lolos SNMPTN.
Plan B, belajar materi UTBK dari awal kelas 10 untuk persiapan jika SNMPTN gagal.
•••
Belajar itu membosankan, seringkali merasa bosan, jenuh, dan muncul godaan ingin rebahan aja, scrolling medsos, main game, atau nonton anime&baca komik.
Saya juga merasa begitu.
Maka dari itu ada hal-hal yang saya lakukan ketika jenuh belajar :
• Tulis PTN&Prodi tujuan di kamar, print logonya jika perlu, jadiin wallpaper hp.
• Tingkatkan motivasi belajar. Bisa dari motivasi guru BK, artikel motivasi, quotes instagram, youtube, dan lainnya. Kalau saya sendiri sering dimotivasi oleh guru geografi saya semasa SMA ;))
• Atur waktu belajar. Kalau saya membuat jadwal belajar dirumah tiap hari belajar apa saja, berapa jam, dan target menjawab latihan soal.
• Jangan lupa istirahat sejenak setelah belajar.
^^
Saya bisa belajar tiap hari karena sekali lagi, saya gak punya teman. Pulang sekolah langsung cepat ke rumah. Tidak ada acara nongkrong atau bermain dulu. Tapi jujur aja, saya suka ngerasa sedih gak bisa menikmati masa-masa bandel putih abu seperti yang lain :")
KAMU SEDANG MEMBACA
SNMPTN 2020 !!
Short StoryCerita yang dibuat untuk diri saya sendiri, kalau kalian mau baca boleh juga kok xD Siapa tau pengalaman saya bisa bermanfaat.