#5

341 21 2
                                    

Try Out UTBK 

Jangan hanya mengandalkan SNMPTN,  plan B harus ada,  UTBK a.k.a SBMPTN!!

Apa sih bedanya?

UTBK itu tesnya,  setelah muncul nilainya berapa,  baru deh diseleksi melalui SBMPTN.

Di kelas 12,  banyak banget bimbel-bimbel atau kakak-kakak mahasiswa nawarin try out. Waktu itu saya ikut try out dari UNPAD (pastinya) dan terpaksa ikut kompetisi try out dari salah satu bimbel (terlanjur didaftarin sama sekolah -__-)

Try out UNPAD waktu itu lumayan mahal,  sekitar 50K.  Bagi saya itu cukup menguras dompet. Try out dari PTN lain juga ada,  tapi ya,  mahal-mahal woi T^T.

Kalo kompetisi try out yang saya ikuti itu dari salah satu bimbel terkenal di indonesia,  tapi saya gak terlalu minat juga. Karena tahu ujung-ujungnya pasti promosi.

•••

Yang pertama saya ikuti itu kompetisi try out dari bimbel,  sistem try out nya Computer Based Test hampir mirip UTBK sungguhan katanya.

Saya bener-bener gak niat ngerjainnya. Saya asal klik next-next tanpa serius jawab soal. Saya juga selesai paling pertama di ruangan.

Setelah beberapa hari,  muncullah hasil kompetisi try out tersebut. Saya malas cek hasilnya karena sudah pasti hasil saya jelek. Tapi guru saya mengirimkan hasilnya ke whatsapp. Saya peringkat 3 dan lolos ke babak semifinal.

Trus saya kaya,  what the heck,  ngerjain try out aja ngasal woi! Kok bisa?!?!

Akhirnya saya mau gak mau lanjut ke babak semifinal.

Babak semifinal diselenggarakan di PTN negeri terdekat di wilayahnya. Karena saya dekat ke UI,  saya ikut semifinal di situ.

BTW,  itu pertama kalinya saya ke Universitas Indonesia. Luas banget! Sejuk,  enak banget kalau kuliah di sini! Ada bis kuning dan sepeda. Maafkan saya yang norak 🤣

Dan ya,  saya gak lolos semifinal. Saya dapet voucher bimbel sebesar 5.000.000 serta sertifikat. Yah,  gak ngaruh juga,  voucher 5 juta tapi biaya bimbelnya puluhan juta sama aja boong,  masih mahal :"(. Sertifikatnya juga mana bisa dilampirin untuk SNMPTN.

•••

Try out UNPAD,  ini yang paling ditunggu.

Diselenggarakannya di SMP negeri yang kebetulan juga adalah SMP saya dahulu. Wahh sekalian reunian sama sekolah.

Saya dengan semangat mengikuti berbagai acara. Try out saya kerjakan dengan serius. Sosialisasi jurusan di UNPAD juga hal yang paling saya nantikan.

Saya memilih mengikuti sosialisasi Fakultas Ekonomi Bisnis,  tentu saja. Nah,  dari sinilah saya menemukan pilihan saya.

Dari paparan para mahasiswa FEB UNPAD,  saya baru mengetahui ada jurusan Ekonomi Islam di UNPAD. Saya sempat ragu,  takutnya mahasiswanya sangatt religius sedangkan saya hanya sebutir debu T_T.

Tapi mahasiswa dari jurusan tersebut menjelaskan,  kalau UNPAD itu bukan Universitas Islam Negeri,  jadi ya fine-fine aja.

Kakak mahasiswa itu bilang,  di ekonomi islam,  gak perlu takut karena kita fokus belajar ekonominya,  bukan fokus belajar agamanya. Selain itu juga kita dapat double materi baik ekonomi konvensional dan ekonomi syariah. Ada mata kuliah bahasa Arab juga.

Saya jadi tertarik.

SNMPTN 2020 !!Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang