4. Martha

15 2 0
                                    

Ketika dia membuka matanya di pagi hari, itu karena seorang pembantu rumah tangga muda datang ke kamarnya untuk menyalakan api dan berlutut di atas permadani perapian menyapu keluar bara-bara dengan berisik.

Mary berbaring dan mengamatinya selama beberapa saat dan kemudian mulai melihat-lihat ruangan itu. Dia belum pernah melihat kamar seperti itu dan berpikir itu penasaran dan suram. Dindingnya ditutupi permadani dengan pemandangan hutan yang disulam. Ada orang-orang berpakaian luar biasa di bawah pohon dan di kejauhan ada sekilas menara kastil. Ada pemburu, kuda, anjing, dan wanita.

Mary merasa seolah-olah berada di hutan bersama mereka. Dari jendela yang dalam ia bisa melihat hamparan tanah yang luas yang tampaknya tidak memiliki pepohonan di atasnya, dan terlihat seperti lautan keunguan yang tak berujung, kusam, dan keunguan.

"Apa itu?" katanya, menunjuk keluar jendela.

Martha, pembantu rumah tangga muda, yang baru saja berdiri, melihat dan menunjuk juga. "Itu di sana?" dia berkata.

"Iya."

"Itu tegalan," dengan senyum yang baik. "Apakah itu menyukainya?"

"Tidak," jawab Mary. "Saya membencinya."

"Itu karena itu tidak terbiasa," kata Martha, kembali ke perapiannya. "Menurutku itu terlalu besar 'sekarang. Tapi itu akan menyukainya. "

"Apakah kamu?" tanya Mary.

"Ya, benar," jawab Martha, dengan ceria menyapu parut. "Saya hanya menyukainya. Tidak ada yang telanjang. Ditutupi dengan hal-hal yang berbau tidak sedap. Sangat indah di musim semi dan musim panas ketika menyapu aroma bunga. Baunya seperti madu dan ada banyak udara segar - dan langit terlihat begitu tinggi sehingga lebah-lebah yang ada di langit-langit membuat suara yang indah seperti senandung sebuah lagu. Eh! Saya tidak akan tinggal jauh dari moor untuk apa pun . "

Mary mendengarkannya dengan ekspresi muram dan bingung. Para pelayan pribumi yang dia kenal di India tidak sedikit pun seperti ini. Mereka patuh dan tidak berani berbicara dengan tuan mereka seolah-olah mereka sederajat. Mereka membuat salaam dan menyebut mereka "pelindung orang miskin" dan nama-nama semacam itu.

Pelayan India diperintahkan untuk melakukan sesuatu, bukan diminta. Bukan kebiasaan untuk mengatakan "tolong" dan "terima kasih" dan Mary selalu menampar wajahnya ketika dia marah.

Dia bertanya-tanya sedikit apa yang akan dilakukan gadis ini jika seseorang menampar wajahnya. Dia adalah makhluk bundar, kemerahan, berwajah tampan, tetapi dia memiliki cara yang kokoh yang membuat Nyonya Mary bertanya-tanya apakah dia bahkan tidak akan menampar kembali - jika orang yang menamparnya hanya seorang gadis kecil.

"Kamu adalah pelayan yang aneh," katanya dari bantalnya, dengan agak angkuh.

Martha duduk di atas tumitnya, dengan sikat hitam di tangannya, dan tertawa, tanpa terlihat sedikit pun keluar dari amarah.

"Eh! Saya tahu itu," katanya. "Jika ada Nona besar di Misselthwaite, aku seharusnya tidak pernah menjadi salah satu dari pelayan pembantu rumah tangga. Saya mungkin dibiarkan menjadi putri purnawirawan tetapi saya tidak pernah diijinkan naik ke atas. Aku terlalu umum dan aku terlalu banyak bicara di Yorkshire. Tapi ini rumah yang lucu untuk semua yang sangat megah. Sepertinya tidak ada Tuan atau Nyonya kecuali Tuan Pitcher dan Ny. Medlock. Tuan Craven, dia tidak akan bermasalah tentang apa pun ketika dia di sini, dan dia hampir selalu pergi. Nyonya Medlock memberiku tempat yang baik. Dia mengatakan kepada saya bahwa dia tidak akan pernah bisa melakukannya jika Misselthwaite seperti rumah besar lainnya. "

"Apakah kamu akan menjadi pelayan saya?" Mary bertanya, masih dengan cara India kecilnya yang angkuh.

Martha mulai menggosok panggangannya lagi.

The Secret Garden [ONGOING]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang