Pengen nulis, tangan gue ngerasa gatal kek nya.
Kembali ke laptop.
Apakah kalian merupakan pengguna setia Wattpad?Kalau iya, selamat. Kita satu divisi.
Kegiatan menulis tampaknya bisa menjadikan bisnis yang menjanjikan apabila berhasil.
Eh, kalau enggak berhasil gimana dong?
Pasalnya, di era perkembangan zaman yang semakin cepat. Semakin banyaknya juta manusia dan tumbuhnya orang-orang yang berkecimpung di dunia pengembang aplikasi. Maka muncullah aplikasi lainnya. Aplikasi yang lebih menjanjikan ketenaran, jumlah pembaca, dan bahkan finansial.
Lagipula, siapa yang tidak tergiur bukan?
Siapa pun akan tergiur apabila menjanjikan kehidupannya sejahtera. Enggak usah terlalu jauh deh, bisa makan dengan hasil menulis itu rasanya bersyukur banget.
Tapi setelah menyelami ranah kepenulisan bertahun-tahun. Kok malah belum ada yang berubah ya? Berjalan di sini-sini saja. Pengikut pun enggak ada yang nambah dengan sukarela.
Andai saja enggak ada istilah jumlah pengikut ataupun fitur yang kelihatan berapa kali tayang. Sepertinya pemikiran ini enggak bakalan muncul sebuah pemikiran, "aku bagaikan remahan rengginang" bagi saya yang merupakan penulis enggak terkenal.
Mari kita tetap santuy dan menikmati segala prosesnya.
Toh fitur jumlah pengikut dan berapa kali juta tayang akan memberikan manfaat juga.
Hanya tinggal kitanya yang bijak menyikapinya. Berusaha melupakan fitur yang membuat hati nelangsa dan dilema berkepanjangan.
Sebab perjalanan menulis ini jauh lebih menyenangkan. Berhasil menguraikan prakata yang bersarang sangat menakjubkan. Terlebih lagi melawan rasa malas berkepanjangan. Eh.
Jika kalian merupakan penulis. Ada banyak platform yang bersedia menerima kalian apa adanya. Ingat, hanya sekadar menerima loh. Bukan berarti memberi. Seperti lapak gratis ini contohnya.
Kita hanya cukup mengenali jenis platform yang sesuai dengan hobi saat ini. Misalnya suka sekali dengan cerita perjalanan dan ingin memberikan review suatu produk. Penulis blog merupakan pilihan yang terbaik untuk lebih mudah dikunjungi.
Sebenarnya boleh-boleh saja menulis di dunia jingga ini. Hanya saja orientasi orang-orang yang pergi ke Wattpad itu rata-rata suka novel. Sebuah kisah cinta, komedi, sedih, petualangan, dan lain-lain.
Ada penulis yang ingin mahir dalam satu kategori. Misalnya tentang genre romance. Ia akan tahu lebih mendalam tentang arti sebuah cinta di antara sebuah hubungan.
Ada pula yang ingin mahir di banyak genre fiksi. Genre romance bisa, humor, teenlit, young adult, dan lain-lain. Wuah ini hebat keknya.
Ada pula yang ingin bisa menulis fiksi maupun non fiksi. Sebuah sudut pandang yang berbeda. Bisa meluahkan tulisan dengan perasaan maupun logika.
Dulu saya merupakan penulis fiksi umum yang ingin bisa menulis non fiksi sebenarnya.
Kemudian menuliskannya dalam satu akun dan dipenuhi beda-beda buku. Menarik untuk sementara. Selebihnya terlihat seperti lapak gado-gado. Tidak memiliki ciri khusus.Nah, kalau ini nih yang kelihatan urakan. Enggak jelas, arah dan tujuannya bagaimana. Terlebih lagi para pengikut pun pada bingung. Ikuti enggak ya. Eh.
Menulis bisa di mana saja. Termasuk di gawai sekalipun. Seperti tulisan ini.
Terkadang, jika ingin melihat sudut pandang sebagai pengamat. Pencitraan diri itu sangat diperlukan sebenarnya. Bahasa kerennya sih Personal Branding.
Ya, kita mau dikenal sebagai apa? Apakah penulis fiksi ataupun non fiksi? Mahir di bidang segala urusan masak-memasak atau suka dengan sepak bola?
Ada banyak pilihannya.
Namun lebih baik memberikan posisi khusus untuk diri sendiri. Misalnya saya akan menjadi penulis yang mahir di bidang non fiksi. Kemudian menuliskannya di blog.
Kalau menulis fiksi pun hanya beberapa genre. Chicklit, Fiksi Umum, dan Fiksi Ilmiah.
Nah, bagaimana dengan kalian? Apakah sudah menemukannya?
Hal ini bukan bertujuan untuk membatasi sebenarnya. Hanya saja, untuk langkah awal berupa mengkategorikan saja agar menjadi sesuatu yang berarah.
Sesuatu yang sudah berarah itu menyenangkan. Enggak perlu dilema ini itu. Tinggal mengikuti alurnya saja. Tujuannya saja juga jelas. Bahkan keberhasilannya bisa diprediksi. Tergantung membuat jejak di beberapa lapak.
Happy in your way
08:00 WIB
Monday, 29 June 2020
KAMU SEDANG MEMBACA
Motivasi dan Galau
Non-FictionBagian non fiksi yang berusaha saya buat untuk kepentingan diri sendiri. Eh .... Saling berbagi, barangkali kalian bisa juga menemukan sesuatu di dalamnya. Biasanya sih perkara hati yang tidak tau pengolahannya bagaimana. Yuk, cekidot mampir dan men...