3. Konflik Teman Sebangku

329 87 85
                                    

Sudah sekitar satu bulan gue sebangku sama Misa. Diawal gue memang deket banget sama dia, tapi semenjak Misa deket sama Kala, gue merasa dilupakan. Nggak tau gue yang terlalu ambyar atau gimana, soalnya kalau gue lagi bertiga sama mereka, gue merasa sendirian.

Mereka selalu asik sama pembicaraannya yang kadang, gak sejalan sama gue. Dan sejak itu, gue merasa kalau gue nggak betah sebangku sama Misa.

Kalau mau shalat juga gue sering sama Rose dan temen-temennya. Mereka punya kumpulan empat orang gitu. Gue paling deket sama Rose dan Jisoo. Sementara Lisa sama Jennie, gue agak canggung nggak tau kenapa.

Rose sama Jisoo pinter banget soal matematika, kimia, sama fisikanya. Terkadang, gue juga suka nanyain gimana cara cepat buat ngerjain soal yang cukup rumit.

Awalnya gue emang ngerasa kalau  jurusan IPA adalah passion gue. Tapi semakin-kesini materinya tambah rumit. Kimia nggak sesederhana apa yang gue bayangin waktu SMP. Begitu juga sama Fisika. Setiap pelajaran fisika, gue pasti pindah tempat duduk—nebeng sama Rose, Jisoo, biar gue ngerti. Kadang, penjelasan temen lebih mudah dimengerti daripada guru.

Pelajaran yang gue suka di peminatan jurusan IPA cuma biologi, dan nilai ulangan harian gue selalu melebihi kkm di mata pelajaran itu.

Kalau menyangkut Fisika sama Kimia, udah, kepala gue rasanya mau meledak. Gue cuma mau ngingetin buat siswi SMP yang lebih suka hapalan dibanding hitungan, please, jangan masuk IPA. Soalnya bakalan ngebatin, ngerasa salah jurusan.

Mendingan masuk Bahasa aja. Nggak terlalu banyak pelajaran hitungannya.

Sebenarnya dari minggu kemarin, gue ngebet banget pengen pindah jurusan, soalnya gue nggak kuat masuk jurusan IPA. Bener kata Papa gue. Meski pun otoriter dan tegas, Papa emang paling tau gue, melebihi diri gue sendiri.Berbanding terbalik sama Mama, selalu menginginkan gue buat masuk jurusan IPA.

Padahal, menurut gue, mau IPA, IPS, atau Bahasa, ketiganya punya strata yang sama. Punya lanjutan program studi buat ke perguruan tinggi nanti.

Padahal, kemarin wali kelas gue udah ngomong kalau gue bisa pindah jurusan asal ada barternya dari jurusan yang akan gue tuju, gue menemukannya. Tapi, Mama nggak setuju. Beliau bersikeras ngomong ke gue buat bertahan di jurusan IPA.

Padahal, gue nggak betah sama sekali. Gue selalu bersemangat kalau pelajaran bahasa udah tiba, rasanya kayak refreshing gitu.

Sementara kalau pelajaran fisika sama kimia udah tiba, gue selalu mumet, dan pengen cepet-cepet kelas berakhir. Sedih. Tapi mau gimana lagi, kenyataannya kayak gitu.

Setiap bel istirahat kedengaran gue selalu seneng. Karena pelajaran fisika atau kimia udah beres. Dan kadang, guru kimia gue ada yang suka lupa waktu, terus menerus ngejelasin tanpa menghiraukan bel istirahat yang udah bunyi.

Sekarang gue sendirian lagi, di bangku, sumpah gue belum pernah ditinggalin terus kayak gini sama temen sebangku seumur hidup gue.

Gue merasa dilupakan keberadaannya sama Misa. Sebenernya gue sakit hati, pengen nangis, tapi gue bisa apa—gue nggak bisa ngeganggu atau memaksakan kehendak Misa yang nggak nyaman temenan sama gue, kan?

Akhirnya gue nyari kebahagiaan sendiri aja. Buat lupain masalah itu. Gue bawa kursi ke mejanya Rose sama Jisoo, kebetulan mereka lagi nonton drama korea. Mereka berdua pause dulu Drakor itu, terus ngajak gue buat gabung. Gue seneng banget.

Mereka berdua langsung dempetin kursinya. Terus gue gabung buat duduk bertiga, mencoba nonton Drakor walau sebenernya gue kurang suka sama tayangan itu.

"Shil, Misa kemana?" tanya Rose tiba-tiba. Gue senyum tipis. "Itu, sama Kala."

Rose tatap-tatapan sama Jisoo, mereka langsung ngerti, terus ngajak gue buat ke kantin bareng.

Distraksi Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang