Hola ahihihi
Sebelumnya, apakah kita semua setuju bila kita cenderung berpihak pada orang-orang yang percaya tekad lebih penting daripada bakat?
Untuk menjadi jelas tentang definisi, izinkan aku menjelaskan apa yang aku maksud ketika aku menggunakan kata-kata "bakat" dan "tekad" sebagai "keterampilan".
=> Bakat. Aku mendefinisikan ini sebagai apa yang lahir denganmu, apa yang tidak berubah.
Ketika kamu memiliki bakat, itu dapat mengarah ke mana pun jika kamu tidak memiliki cara untuk mengolah atau memeliharanya. Hal yang tidak diketahui di sini persisnya adalah soal berapa banyak bakat yang kamu miliki —itu tidak dapat diukur.
=> Keterampilan. Ini (bersama dengan banyak hal lain) adalah apa yang datang dengan kerja keras dan praktik.
Semua orang bisa saja menempatkan tingkat kerja keras yang sama, tetapi tidak semua mencapai tingkat keterampilan yang sama dengan yang lain.
Orang-orang yang memiliki 'bakat' atau 'kecakapan' untuk sesuatu memang sering mendapatkan keterampilan lebih cepat menuju tingkat yang lebih ahli.
=> Tekad. Inilah yang membantumu mengatasi tantangan, keterlambatan, dan nasib buruk. Ini membuatmu tetap dalam permainan ketika kamu merasa semuanya bekerja sama untuk melawanmu. Ini membuatmu tetap pada jalur pertumbuhan dan peningkatan sebelum, selama, dan setelah kegagalan. Beberapa menyebutnya kegigihan.
Ya, hingga kini aku perhatikan dari sebagian besar penulis yang belum berhasil (dan tidak yakin apakah mereka dapat berhasil) senang untuk mendengar bahwa tekad atau kegigihan lebih penting daripada bakat karena ada 3 hal yang aku percayai:
1. Baik bakat atau keterampilan hasil kerja keras selalu bisa diakui.
2. Setiap orang memiliki semacam bakat —tetapi jadi apa?
3. Kita akan mengagumi orang-orang yang bekerja keras untuk melakukan apa yang mereka sukai.
*Kesimpulannya: Tidak ada siapa pun yang harus bekerja keras untuk mendapatkan bakat; Itu di luar kendali kita. Kita semua dilahirkan dengan kekuatan, dengan kualitas khusus untuk membantu kita berkembang pada sesuatu dalam hidup. Aku juga tidak akan berpikir kamu adalah orang yang lebih baik, atau lebih pantas untuk sukses, hanya karena kamu memiliki bakat.*
Kita akan terinspirasi oleh orang yang berbakat dan juga oleh orang-orang yang mengatasi peluang kecil/besar, atau yang bekerja lebih keras dari orang lain, untuk mencapai hal-hal besar. Biasanya ada pengorbanan yang luar biasa dalam hal itu. Ada sesuatu yang harus hilang atau tertinggal. Butuh nyali!
Jadi itu sebabnya aku tidak benar-benar peduli tentang bakat. Bagaimana menurutmu? Apa kita perlu bakat untuk memulai menulis?
Sebenarnya bakat adalah hal biasa. Bakat tidak ada hubungannya dengan karakter atau kontribusimu kepada dunia. Lagi pula ada 5 hal yang lebih penting daripada bakat:
*1. Apa yang membuatmu luar biasa?*
Setiap orang dari kita luar biasa. Kita masing-masing memiliki serangkaian kekuatan dan kelemahan yang unik. Bagi sebagian dari kita, perlu beberapa saat sebelum kita menyadari apa yang benar-benar ingin kita lakukan, apa yang kita lakukan di sini, dan apa yang harus kita kontribusikan di dunia ini. Tetapi kita masing-masing memang memiliki sesuatu yang luar biasa untuk berkontribusi. Jangan khawatir!
*2. Apa komunitasmu?*
Lingkunganmu, dan orang-orang yang mengelilingimu, itu sangat penting. Hubungan ini penting. Jadi apa yang ingin aku ketahui adalah: Siapa jaringan pendukungmu? Siapa yang mendorongmu? Jika kamu tidak memiliki siapa pun yang positif di sekitarmu, kamu perlu mengubahnya (kuy join bersama kami, New Dream's Struggle!)
*3. Risiko apa yang kamu ambil?*
Ini klise lama: tidak ada yang berisiko, tidak ada yang diperoleh. Kita menghadapi banyak hal sebelum sukses.
*4. Apa yang kamu lakukan setelah kamu gagal?*
Semua orang pernah gaga, tapi itu bukan bagian terpenting. Yang paling penting adalah apa yang kamu lakukan selanjutnya. Apakah kamu belajar? Apakah kamu tumbuh? Apakah pengalamanmu membuat hatimu lebih besar? Atau apakah itu menyusut, membuatmu kecil? Waspadai sinisme dan kepahitan, karena jika emosi ini menempel terlalu lama, mereka akan meracuni upayamu. (Bersama kami, kita membangun mimpi melalui kegiatan menulis)
*5. Bagaimana kamu berurusan dengan perubahan?*
Satu-satunya hal yang aku tahu pasti adalah bahwa penerbitan akan berubah. Apakah kamu akan mengencangkan dan menolak, atau akan mencari peluang?
Jika kamu frustrasi dengan haluan industri menuju, atau bagaimana kamu diperlakukan oleh editor ini atau agen itu, pertimbangkan kata-kata ini dari Joseph Campbell: Apakah sistem akan meratakanmu dan menyangkal kemanusiaanmu? Atau apakah kamu akan dapat memanfaatkan sistem untuk menuntut tujuan positif?
Sebelum mengarah ke arah industri sekalipun, lebih baik menulislah untuk dirimu sendiri sebagai awal karena aku pernah bertemu banyak penulis yang bertanya (pada dasarnya), "Bacalah tulisanku dan katakan padaku apa yang harus aku lakukan —jika aku harus terus berusaha."
Aku berempati jika kamu mencari beberapa tandamu memiliki bakat atau bahwa kamu akhirnya akan membuatnya. Ini sangat sulit untuk terus melakukan sesuatu jika kamu hanya menerima pengakuan atau dorongan dari luar saja. Sebagian besar itu hanya berkobar singkat, dan sesaat. Kamu membutuhkan motivasi penting di dalam, atau sikap, yang membawamu.
Cobalah sikap berikut:
✓ Mencari umpan balik dari para profesional, dan menghindari pertahanan dan perlindungan pekerjaanmu alias dengarlah apa yang membangun pekerjaanmu dan jangan pikirkan jika itu merusakmu.
✓ Investasikan dirimu dalam proses dan kebermaknaan dari apa yang kamu lakukan alias jangan berharap ini akan cepat dan langsung sukses, tak semudah itu.
✓ Memiliki kesabaran dengan proses, dan tidak terburu-buru.
✓ Mengambil keuntungan dari setiap kesempatan pertumbuhan yang mungkin, alias kuy bereksperimen kalo itu mungkin cukup baik ke depannya.
✓ Menjadi proaktif daripada menunggu untuk ditemukan, belum tentu semua orang menyadari ada diri kita yang berpotensi di antara mereka.
*Intinya, ini menjadi semacam kebijaksanaan yang hanya datang dari mengenal diri sendiri dan apa yang kamu inginkan.*
Ketika Bob berkata dalam Lost in Translation, "Semakin kamu tahu siapa kamu, dan apa yang kamu inginkan, semakin sedikit kamu membiarkan hal-hal mengecewakanmu."
KAMU SEDANG MEMBACA
ilmu kepenulisan
RandomSeputar Literasi, apa saja. Seminar yang saya ikuti, materi yang saya dapatkan atau pengetahuan saya sendiri. Sumber tertera ya, semoga Bermanfaat! Tolong tinggalkan jejak jika mau, jangan lupa Share pada teman yang juga membutuhkan. Terimakasih ❤