Menggali Potensi, Meraih Prestasi, Menyebarkan Kontribusi💕
Setiap manusia pasti telah dianugerahi Allah mempunyai kelebihan dan kekurangan. Namun sayangnya banyak di antara kita yang bingung dan bahkan tidak tahu kelebihan diri sendiri dan lebih banyak tahu kekurangan. Banyak alasan yang diutarakan seperti, merasa tidak yakin atau tidak percaya diri, karena masa lalu, hambatan dari orang sekitar dan berbagai alasan lainnya.
Ibarat seseorang yang hendak pergi ke suatu negara atau kota, ia sudah tau ingin kemana saja dan naik apa, sehingga jadi mudah menuju ke negara atau kota tersebut.Sama halnya ketika sudah mengenal diri dengan baik, akan lebih mudah menata hidup ke depannya. Kabar baiknya juga, kita akan fokus terhadap kekuatan, tidak lagi minder, membandingkan hidup sama orang lain karena sadar setiap orang punya kelebihan. Selain itu, ketika sudah kenal diri kita bisa menyiapkan kelak mau dikenal dan dikenang sebagai apa? Chef? Public speaker? Ustadzah? Atau yang lain? :)
Bukan hanya itu saja, dengan mengetahui kelebihan diri sendiri, kita akan jauh lebih berkontribusi untuk lingkungan sekitar bahkan agama loh melalui apa yang menjadi kelebihan kita
Lalu, bagaimana sih caranya jika belum mengetahui kelebihan kita dengan cara mudah?1. Tulis sebanyak-banyaknya hobi/ skill/ ketrampilan/ kelebihan apapun yang merasa kamu punya atau ingin kamu coba nih.
2. Setelah ditulis, mulailah praktekan satu persatu secara konsisten, misal selama satu minggu kamu latih ingin memasak, lakukan rutin, kemudian minggu kedua public speaking, latihlah dirimu senantiasa berbicara layaknya public speaker sampai kelebihan yang kamu ksudah tulis ya!
3. Kemudian lihatlah dari list yang kamu tulis dan kamu sudah coba. Manakah satu ketrampilan yang menjadikan kamu merasa berbeda dan senang ketika menjalankan, gak mengeluh, gak merasa berat sekaligus hal itu buat kamu giat belajar? Biasanya itu akan terlihat cenderungannya loh
4. Ada waktu kamu butuh introspeksi, bertanyalah pada orang-orang terdekat sekiranya apa yang membuat kamu lakukan dan mereka berkomentar positif untuk kamu
5. Kamu juga bisa mengikuti test kepribadian psikologi, aku sih menyarankan kamu bisa ikut yang langsung dari psikolog atau talent maker yang dimana kamu bisa psikolog
KAMU SEDANG MEMBACA
MOTIVASI HIJRAH
SpiritualSetiap hamba harus bisa berubah entah berubah menjadi baik atau buruk. Tapi hamba yang faham akan agama ia akan slalu berusaha menjadi lebih baik. Hanya sebuah materi agama yang insyaallah bisa membantu kita untuk memperdalam agama.