SENYUM ITU IBADAH

27 1 0
                                    

😊 *Senyum itu Ibadah*

  Senyum adalah kecantikan yang lahir dari hati dan jiwa, anugerah yang bisa menenangkan perasaan, menyejukkan dan menentramkan hati yang gelisah.

   Senyuman merupakan kosmetika wajah yang paling tulus dan berharga, tidak perlu dibeli dan bisa dipakai setiap saat, tidak menimbulkan iritasi dan menghambat penuaan dini secara alami.

      Dengan tersenyum, kita bisa menyenangkan orang lain, sedekah termurah yang penuh berkah. Menumbuhkan semangat dan memancarkan ketulusan hati.

   Senyum merupakan tanda awal ketulusan hati yang lebih berharga dari sebuah hadiah. Tersenyum bisa menghadirkan energi positif bagi diri sendiri dan orang lain. Tentu saja senyum yang dimaksud ialah senyum yang wajar, bukan senyum yang dibuat-buat. Senyum tulus yang lahir dari kelapangan dan kebersihan hati dan keikhlasan jiwa. Menjadi bukti kemurnian persahabatan dan penyambung tali silaturahmi.  Senyuman bisa mengubah penderitaan menjadi kegembiraan, menciptakan suasana nyaman bagi diri sendiri dan orang lain.

    Begitu berartinya sebuah senyuman dalam kehidupan hingga Rasulullah SAW bersabda dalam hadits yang diriwayatkan  At-Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Al-Baihaqi.

*”Tabassumuka Fii Wajhi Akhiika Shodaqoh.”*

Artinya, “Tersenyum ketika bertemu dengan saudara kalian adalah termasuk ibadah.”

  Hadits ini mengajarkan kita betapa hal kecil yang sering kita nggap sepele dan kita abaikan ternyata memiliki nilai yang berharga dalam pandangan agama.

   Hadits ini juga memberikan gambaran kepada kita bahwa kebaikan bisa kita lakukan dengan cara sederhana, sedekah itu tidak harus selalu kita lakukan dengan memberi sejumlah materi jika kita memang tidak punya apa-apa. Karena membuat gerakan ekspresif dengan menarik sudut bibir ke atas tanpa bersuara sudah merupakan sedekah.

   Senyuman yang kita lakukan dengan ikhlas akan membawa manfaat bagi kita, diantaranya :

📌 *Pertama* , secara penampilan senyum membuat kita lebih menarik karena daya tarik kita lebih tercermin lewat senyuman. Tersenyum mencerminkan pribadi yang menyenangkan dan bersahabat di mata orang lain, sehingga orang merasa nyaman dan senang di dekat kita.

📌 *Kedua* , secara psikologis, senyum dapat mengurangi stress dan mengubah perasaan. Ketika kita merasa tertekan dan sedih, cobalah tersenyum, maka perasaan akan lebih baik dan pikiran lebih tenang

📌 *Ketiga* , dari segi kesehatan dapat mengurangi resiko  penyakit dalam seperti kanker paru-paru, jantung lemah, dsb.

📌 *keempat* , dari segi kecantikan adalah sebagai obat awet muda.

   Oleh karena itu
Tersenyumlah dengan hati yang ikhlas dan tulus karena Allah Swt serta  awali setiap aktivitas kita dengan senyuman dan akhiri setiap usaha dengan tersenyum dan lakukanlah di tempat dan waktu yang tepat serta jangan lupa berdoa.

MOTIVASI HIJRAHTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang