Love your self? Have you?

8 2 2
                                    

Love your self for me its mean ikhlas cause Allah.
Suatu keadaan dimana kamu menerima dirimu sendiri, without insecure and others. Dimana bagaimanapun kamu kamu tetap suka, tapi peduli seberapa jelek kamu, kalo kamu ikhlas kamu bakal bisa love your self in my definition.

Saat kamu ikhlas dengan dirimu, tak peduli hitam putih, kurus gendut, tinggi pendek dan lainnya, maka kamu akan cantik dengan sendirinya. Dont mind with what people say, everybody can beautifull just the way they are.

Sesuatu yang perfect bagi seseorang maupun sebagian besar orang belum tentu juga perfect dimatamu, bukan? Contohnya dalam berpakaian, banyak perempuan sekarang menganggap cantik harus dengan pakaian branded and stylist. Namun bagiku, dengan ikhlas berpakaian serba tertutup sesuai syari'at maka aku akan cantik dengan sendirinya. Namun saranku sebagai muslimah yang baik, mari kita laksanakan perintah-Nya untuk menutup aurat, karena itu wajib.

Juga betapa indahnya islam, dimana Allah tak melihat manusia dari fisik. Dimana surga bukan  hanya untuk orang-orang cantik, bukan hanya untuk para sultan dan orang kaya raya. Dimana Allah menilai hamba-Nya dari keimanan dalam dadanya, dari ibadah yang ia lakukan karena-Nya. Semangat tuk menggapai surga dan berkumpul dengan hamba-hamba-Nya.

But, untuk nanamin ikhlas itu berat. Sangat. Lebih berat daripada rindunya Dylan yang sangat remeh. Ahli ibadahpun kadang masih perlu untuk terus memperbaiki ikhlas dihatinya saat ada cacian atau pujian yang berlebihan, pun saat datang godaan syeitan yang terkutuk.

Lantas bagaimana? Awali dengan syukur for anything happen to you. Karena nikmat Allah ga selalu dibungkus pake kertas kado yang cantik dan rapi, kadang Allah ngasih dengan bungkusan kresek item yang dekil. Isi didalamnya siapa yang tau, cuman Allah, dan telah sesuai takaran Allah, boleh jadi berisi sesuatu hal kecil tapi kita sangat membutuhkan, daripada sebongkah berlian tapi cuman untuk maksiat. maka dari itu, terima, syukuri.

Dan jangan bandingkan dirimu dengan siapapun hingga membuatmu terluka atau merasa kecil, hal ini merupakan bagian dari syukur itu sendiri. Yakinlah bahwa Allah itu Maha Adil. Adil yang berartian bukan sama banyak, namun sesuai dengan porsinya, takarannya. Takaran yang hanya Allah yang tau seberapa pasnya untukmu.

Hingga suatu saat, ketika kamu terbiasa bersyukur, maka ikhlas itu akan hadir ditengah-tengahmu, tiba-tiba tanpa kamu sadari. Berbuah manis tanpa perlu pengecekan karena udah yakin sama Allah. Namun jikalau kamu masih sadar dan buru-buru mengecek buahnya busuk atau engga, berarti kudu nanam syukur lebih lagi, biar bisa metik buah ikhlas di lain kali.

Juga ada hal yang kamu ingat, ikhlas bukan berarti jikalau kamu luka atau sakit, kamu biarkan saja hingga sembuh dengan sendirinya. Tentu bisa, karena tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. Namun, sebagai manusia kita juga dituntut berusaha dan berdoa. Maka hiduplah dengan sehat. Ikuti sunnahnya Rasulullah, kenapa? Karena beliau adalah sebaik-baik manusia. Suri tauladan yang terbaik untuk umatnya.

Serta bukan berarti dengan gaungan kamu ikhlas dengan dirimu, kamu mencintai diri sendiri, tapi kamu tidak sedikitpun berusaha lebih baik. Seperti ilmu yang harus di upgrade terus menerus, bukan hanya cukup puas sampai disitu, dari dari aspek lainnya. Teruslah berusaha untuk menjadi lebih baik lagi, lagi dan lagi.

Dalam bukan maknanya, aku tak bermaksud mendramatisir atau hiperbolis, karena bagiku memang sedalam itu. Aku bahkan masih dalam proses berenang di tepian. Belum cukup kuat tuk menyelami palung ikhlas yang begitu dalam.

Satu yang dapat kupastikan, bahwa aku sedang berusaha. Semoga Allah meridhoi. Aku juga ingin kalian berusaha bersama, agar beban kita bisa lebih ringan, maukah kamu saudari-saudariku?

📚📚📚

.
.
.
.
.
Maaf tuk jeda yang terlalu lama

Bukan maksud tuk menggores luka
Izinkan kukembali membawa bahagiamu  yang sempat terbawa
.
.
.
.
.

Btw puisinya emang ga nyambung yaa
Itu khusus buat kalian :)

Mohon maaf semua
Karena lama kali ga berbagi disini
Insyaa allah selanjutnya aku bakal lebih fokus ke karya yang satu ini


Juga sedikit infomasi
Insyaa karya ini bakal aku dedikasikan untuk proyek kebaikan pribadi aku yaa

Aku juga posting di igku
@ketikan.jariku
Boleh di mampir dulu
Follow, like and share yaa
Biar kebaikannya ga cuman stuck di kamu
Tapi menyeluruh
Aamiin ya Allah

Pengisi AksaraTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang