1. Something New

9 1 0
                                    

Hari ini, entah kesambet setan baik mana yang bikin gue dengan beraninya pake kerudung ke kampus buat bimbingan skripsi. Bukan pilihan yang buruk, tapi penampilan gue yang nggak biasanya ini jadi bikin orang-orang di kampus nengok dua kali cuman buat mastiin apa yang mereka liat bukan dedemit atau jin dan semacamnya.

Lagian nih ya nyet, mana ada bangsa halus nongol siang bolong kayak gini?

Reaksi paling heboh yang liat penampilan gue sekarang sudah jelas dan sudah pasti cuman satu orang, siapa lagi kalo bukan Dena. Si mulut TOA.

"Gila, Ay! Ini beneran elo?" Suara Dena naik delapan oktaf sambil tanganya memutar-mutar badan gue, memeriksa setiap detail yang melekat di tubuh gue. Mulai dari pasmina warna abu-abu, celana jeans sampai jaket denim pun nggak lepas dari jamahan tangannya.

Belum kelar sampai disitu, gadis dengan rambut pirang sebahu ini menempelkan punggung tangannya ke dahi gue lalu beralih ke pantatnya. Sialan!

"Plis deh, Na. Lebay tau nggak!" Gue memutar bola mata malas. Memilih duduk di salah satu kursi kosong yang ada di kantin.

Niat hati ingin ketemu dosen, si dosen malah seenaknya sendiri ngebatalin janji. Nasib jadi mahasiswa. Mau protes takut makin susah lulus.

"Ay? Lo nggak salah kostum?" Dena menarik kursi yang ada di depan gue, ikut duduk dengan punggung tegak dan tangan sebagai penyangga dagu. Gayanya udah kayak polisi lagi ngintrogasi maling.

"Apa salahnya pake jilbab?"

Dena membuang nafas kasar, tangannya berganti bertumpuk pada meja kantin dengan tubuh yang dicondongkan ke arah gue.

Sesaat Dena menggeleng, "Enggak salah si, Ay. Tapi ini tuh seorang ayla loh. Ayla yang ke kampus pake baju panjang aja langka. Tiba-tiba sekarang pake jilbab."

"Gue cuma...."

"Akhirnya ketemu juga sama ratu trending hari ini. Gue kira cuman hoax, ternyata beneran, nyet."

Dafa dateng-dateng nyela gitu aja, udah kayak emak-emak yang suka nyerobot antrian. Bahkan tanpa permisi langsung duduk di sebelah gue, yang bikin gue dengan terpaksa menggeser kursi ke kanan ngejauh dari buaya darat ini. Cari aman.

Respon Dafa nggak jauh beda sama Dena. Matanya menelisik setiap inci tubuh gue, bedanya tanpa ada jamahan tangan sama sekali. Kayaknya dia mulai paham kalo gue nggak suka dipegang-pegang.

"Apa? Lo mau bilang juga kalo gue salah kostum?"

Dafa langsung menggeleng cepat, ekpresinya udah kayak anak kecil yang dituduh makan permen cokelat padahal dia sama sekali nggak makan. Asli, muka dia lebih enak dipandang kalo lagi ekspresi cengo kayak gini.

"Emang bener kata mereka, lo jadi makin cantik kayak gini. Pengen cepet-cepet gue bungkus bawa ke KAU"

Astojim itu muka cepet banget berubahnya! Udah kayak bunglon aja.

Kali ini, gantian Dena yang sewot, "Mana bisa ke KUA. Noh, lu aturan bawa Ayla ke luar negeri. KUA disini nggak nerima pasangan beda agama ya nyet."

Dan lagi, ekspresi dafa berubah masam. Benar-benar bunglon itu anak. Lucu si anaknya. Cuman narsisnya itu loh, bikin gue eneg pengen muntah.

"Udah ya ges, gue pusing dengerin ocehan kalian berdua. Gue laper, gua pengen makan dengan tenang."

"Aduduh Aylaku sayang, gue kasih tau ya. Dimana-mana makan itu dengan mulut bukan dengan tenang. Lu kira mengheningkan cipta, tenang segala." Kali ini gantian Dafa yang sewot, sedang gue malas menanggapi ocehannya.

Lebih memilih menarik satu mangkuk mie ayam yang baru saja mendarat di meja dengan asap panas mengepul diatasnya. Satu suapan sudah hampir masuk, namun tertahan karena tiba-tiba gue teringat sesuatu.

Gue taruh lagi sumpit diatas mangkuk dan mengadahkan kedua tangan didepan dada, ngebaca doa yang selama ini jarang banget gue baca.

"Gila sihhhh, pokoknya ini gila bangett. Demi apa sihh, Ayla inget baca doa sebelum makan! Ini anak kerasukan setan baik dimana coba??" Teriak Dena.

Sumpah, kalau aja gadis itu bukan sahabat gue. Udah gue siram mukanya pake kuah mie ayam.

"Just shut up! Keep silent or go to the hell!" Ucap gue sinis dan baik Dena maupun Dafa langsung menciut ditempatnya.

***

Kelar makan, gue diajak Dena buat mampir ke rumahnya dulu. Dia janji nanti bakalan nganterin balik gue ke kos.  Ya gue si mau-mau aja, secara nggak ada kerjaan dan lumayan juga kan hemat uang buat ngojek.

Jadi sekarang kita jalan berdua beriringan bagai semut yang berjalan di dinding menatapku curiga. Etdah, malah nyanyi. Tapi, tapi, bentar. Setelah gua rasa-rasa dengan seksama. Kayaknya emang ada yang menatap curiga ni ke arah gue.

"Arah jam dua, si odel-ondel lagi ngawasin lu banget. Matanya udah kayak mau copot itu ngeliatin elu." Bisik Dena disebelah gue. Itu anak udah kayak cenangan aja bisa tau yang gue rasain.

Senatural mungkin, gue ngeliat sesuai arahan Dena dan bener aja disana ada Reya yang selalu nganggep gue itu musuhnya padahal gue ngerasa nggak pernah buat salah apapun. Reya langsung memutar bola mata sinis saat mata kami bertukar pandang dan gue cukup menanggapi dengan mengedikkan bahu.

"Si ondel-ondel keknya makin iri dengki ngeliat lu sekarang makin cantik dengan tampilan begini." tebak Dena.

"Bodo amat deh ya, urusan dia. Yuk ah langsung ke parkiran, gue udah nggak sabar nih mau ke rumah lu." Jawabku sambil mendorong bahu Dena agar berjalan lebih cepat.

"Alah, bilang aja lu nggak sabar buat ngemil dirumah gue. "

Mendengar itu gue hanya cengengesan, karena emang itu alasannya. Ibu Dena rajin sekali membuat camilan di rumah dan ibunya sama sekali nggak pelit. Tiap gue ke sana pasti pulangnya ada aja yang dibawain. Entah itu cookies hasil buatannya sendiri atau kadang juga makanan berat yang lumayan buat anak kos kayak gue.

Tiba di parkiran Dena men-starter motor Vario kesayangannya yang menurut gue motor ini terlalu besar untuk Dena yang bertubuh ramping. Tiga kali stater dan motornya enggan menyala. Sudah berusaha menjadi orang baik, kenapa masih ada kesialan.

"Gimana nih Ay? Nggak mau nyala motornya." Rengek Dena lengkap dengan ekpresi kesannya.

"Manual coba, di standar dua dulu." saran gue lalu memegangi bemper belakang motor Dena, siap menarik ke belakang.

"Lu yang megangin depan aja lah Ay, gue yang narik. Kalo gue yang megang ambruk entar."

"Elahh, makanya beli motor tu sesuai badan. Ini badan kecil motor gede, nggak imbang kan jadinya." Protesku.

"Iyadeh iya, udah ayo. Satu, dua, ti...gaaa"

Hanya suara Dena saja yang kencang, tapi tenaganya nol.

"Yang bener dong, Na. Masak narik aja juga nggak kuat si!"

"Berat nyet!" Balas Dena tidak terima.

"Dah dah, coba lagi. Tarik yang bener!"

"Okey, satu, dua, ti....."

"Permisi, mau saya bantu?"

Suara paling sopan yang pernah gue denger. Reflek, gue sama Dena langsung noleh ke sumber suara.

Lelaki dengan postur tubuh cukup tinggi, mengenakan kemeja hitam yang dipadukan dengan celana chinnos cream tersenyum ke arah kami.

"Pangeran dari mana ini ganteng banget."

Gue menepuk pundak Dena. Ck, mulut Dena emang paling susah dikontrol. Sedangkan cowok itu malah semakin tersenyum lebar yang mana efeknya nggak baik buat jantung gue.

Astaghfirullah, gue buru-buru menundukkan pandangan.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Apr 09, 2022 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

PILIHANTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang