07: Tertinggal

16 2 1
                                    

Pernah gak sih, kalian merasa.. tertinggal?

Saat orang lain sudah memutuskan impian mereka masing-masing dan memperjuangkannya, kamu justru masih diam di tempat, memandang diri sendiri sembari bertanya, "sebenarnya apa yang aku inginkan?"

Aku sedang seperti itu sekarang. Bingung mau melangkah kemana, sedang memperjuangkan apa, dan kenapa aku memperjuangkannnya?

Sedangkan di sekelilingku, banyak orang-orang yang udah menentukan cita-citanya masing-masing, impian mereka masing-masing, dan memperjuangkannya dengan sekuat tenaga.

Dalam penglihatanku, mereka sudah melangkah begitu jauh, seakan tak tergapai padahal kami mengawalinya hampir bersamaan.

Rasanya sedih, bingung, dan kecewa.

Bener bener kayak, hilang arah gitu. Gak tahu harus melangkah ke mana, gak tahu harus fokus dalam hal apa.

Entah karena aku (mungkin) belum cukup dewasa untuk menentukan, ataukah aku yang memang sudah lama tertinggal?

Ketika orang lain mencapai sesuatu di bidangnya masing-masing, ketika orang lain menekuni bidangnya masing-masing, ketika orang lain memperjuangkan impiannya masing-masing, di sini, aku, hanya terdiam memandang mereka.

Kok bisa sih, mereka udah punya impian aja?

Kok bisa sih, mereka teguh sama tujuan mereka?

Kok bisa sih, mereka sudah melangkah sejauh itu saat aku sendiri masih bingung untuk menentukan arah?

Sesak, sangat sesak.

Aku gak mau tertinggal, tapi jika aku melangkah ke sembarang arah, taruhannya ya, masa depan diriku sendiri, kan?

Jadi, untuk sekarang aku sedang mencoba untuk menenangkan diri sendiri dahulu. Menenangkan diri sendiri bahwa gak apa kok, untuk ngerasain ini semua. Gak apa kok, jika kamu belum menentukan cita-cita. Karena tiap orang kan, punya waktunya masing-masing.

Aku bukan dia, dia bukan aku, dan aku juga bukan mereka.

Setiap orang punya waktunya masing-masing untuk berkembang. Untuk saat ini, biarlah waktu yang menuntunku pada jalanku. Biarlah waktu yang memberiku petunjuk arah walau sebagai gantinya, aku perlu menunggu sedikit lebih lama.

Kita hanya perlu tetap berjalan, dan tetap berusaha. Kembangkan bidang yang kamu sukai, jangan pernah bosan untuk belajar. Karena siapa tahu, kita menemukan tujuan itu dari sana.

So, keep fighting. You have done your best.

Be Fine Today:)

©Ashara-chan

Be Fine TodayTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang