Kalau saja Tasya tidak terjebak cinta dengan Riko, mungkin hari ini bisa dilalui dengan mudah. Seharian ini, Tasya harus meninggalkan ponsel di kampus karena Tasya dan gengnya memilih membolos kelasnya Pak Broto. Ini sih gara-gara si Randy lupa mengerjakan tugas dan membujuk teman-temannya untuk membolos, yah, si Tasya juga ikutan kompor buat bolos. Tasya meninggalkan ponselnya di ruang BEM, dia tahu Riko memasang aplikasi pasangan yang membuat Tasya tidak bisa berbohong, sialnya lagi, Riko tahu semua jadwal kuliah Tasya.
Awalnya, semua berjalan baik-baik saja sampai si Bimo menelepon Randy dan bilang kalau Riko datang ke kampus. Matilah Tasya, dia di sidang habis-habisan oleh Riko. Ditambah lagi, Tasya sedang hari pertama datang bulan, semua emosi yang biasa ditahan itu keluar tertumpah ke Riko. Debat yang seharusnya tidak berkepanjangan itu masih tersisa sampai detik ini. Jam sudah menunjukkan pukul delapan malam, Riko baru saja mengantar Tasya pulang. Tidak ada yang berbicara setelah pertengkaran hebat sore tadi. Tasya yang sama kerasnya, tidak berpamitan atau memeluk Riko. Riko pun tidak meninggalkan kecupan hangat di kening Tasya.
Tasya melempar malas tasnya ke lantai, direbahkan tubuhnya di kasur sembari membuka instagram. "Apa hari ini bikin podcast, ya? Mood jelek banget!"
Tasya membuka message masuk satu per satu, sampai matanya tertuju pada message dari Dhino.
Hai, kenalin aku Dhino. Aku kuliah di UGM semester akhir. Aku mau cerita soal mantan aku, sudah hampir empat tahun tapi entah kenapa masih suka kebayang wajahnya. Dan masih suka nyesel, kenapa gak mertahanin dia, padahal aku sudah punya pacar sekarang. Btw, zodiak dia cancer dan aku capricorn.
Senyum Tasya tersungging. Cerita mantan. "Hai, Dhino. Luck for you, gue kasih lo kesempatan buat mengenang mantan lo. Wah, ada cerita menarik apa nih? Gue tunggu record dari lo, ya!"
***
Halo, aku mahasiswa akhir di UGM. Lagi sibuk skripsi terus gak sengaja nemuin akunnya Star, makasih ya Star udah kasih kesempatan buat nerima ceritaku. Hm, mulai dari mana, ya? Gugup juga ya ternyata. Aku kenal dia pertama kali waktu aku masih SMP, anaknya tuh kalem banget dan pas itu aku masih bebal banget. Bandel, suka bolos kelas, gak kerjain PR, dimarahin guru. Ngeselin gitu yang anak badung banget. Nah, dia ini kan kalem banget tuh, terus rajin juga, biasalah sama guru akhirnya kita didudukin berdua. Si nakal dan si baik hati. Dia tuh beda banget sama anak-anak lain yang pernah duduk sebangku sama aku, gak pernah peduli kalau aku suka iseng, berisik, atau ngapain aja. Bodo amat banget, ya namanya aku bandel jadinya kuisengin terus tapi dia cuma bilang , "Jangan ganggu aku, ganggu yang lain aja." Anehnya, aku dengerin dong omongan dia. Aku gangguin anak-anak lain, kadang malah idenya muncul dari dia. Tenyata dia gak sekalem keliatannya, luarnya kalem, tapi di dalem seru banget anaknya, suka bercanda.
Dulu dia dijulukin pawangnya Dhino. Kalau aku nakal, pasti dia yang dicariin guru buat ngasih tahu aku, lucu banget kalau inget-inget itu. Orangnya gak banyak omong, tapi sekali ngomong asik banget. Dia juga gak ganjen, centil gitu. Benar-benar idamanku banget. Aku gak sadar dong kalau aku sudah suka sama dia. Setahun lebih aku sama dia bareng terus. Dia ajarin aku pelajaran, suka ngasih tahu aku, aku baru sadar kalau suka dia tuh gara-gara diledekin anak sekelas. Anehnya, dia pas itu biasa aja, pas diledekin dia bodo amat. Bener-bener orang yang gak bisa ditebak. Dan dia adalah orang pertama yang buat aku ngejar-ngejar dia terus. Semakin aku sadar, kalau aku suka dia, aku ikutin dia. Yah, gak yang bilang suka gitu. Tapi ngisengin dia, ngajak omong dia, ngikut ke kantin, pokoknya dia terus. Dia tuh bener-bener tipe orang yang memilih memendam semuanya sendiri. Pernah dia dijahatin anak kelas, bukunya disembunyiin. Dia diem aja, gak ngasih tahu aku dong. Sehebat itu dia, kok bisa sih, dia merasa mampu menghadapi maslaahnya. Orangnya tertutup, padahal aku mau jadi bagian yang dengerin cerita dia.
Akhirnya, aku nembak dia pas pulang sekolah. Aku suruh dia temenin aku kerjain remidi matematika. Pas itu kelas sudah sepi, cuma ada kita berdua. Baik banget dia nungguin aku sambil bantu kerjain, padahal dia juga gak begitu bisa matematika. Ya, sama-sama bego matematika kita berdua tuh, cuma dia rajin tapi aku males aja. Dia bilang, dia juga suka aku tapi gak mau pacaran, dia gak mau pacaran terus putus. Ya, iya sih, kita tuh hts, gak pacaran tapi aku nganggepnya kita pacaran. Tapi, tapi, setelah kita hts, dia mulai terbuka sama aku, dia ceritain cerita-cerita dia. Cuma aku yang tahu, yang lain gak boleh tahu, ngebuat aku jadi merasa sesepesial itu aku di mata dia.
Pernah waktu itu, kita lagi nonton di bioskop. Eh, ternyata pas kita nonton tuh habis hujan deres banget dong. Helm dia basah kuyup, lucu banget mukanya pas lihat helmku kering tapi helm dia basah. Kukerjain dia, air di helmnya kusiramin di dia, ketawa-ketawa gak habis-habis kita. Kalau bisa ngulang rasanya pengen banget bisa balik ke waktu itu. Kalau aja, aku gak terus-terusan menanyakan status hubungan kita, dan mau nerima keutusan dia buat hts aja. Mungkin aku sama dia bisa bareng-bareng, kuliah bareng, keliling Jogja naik motor berdua, pergi ke pasar malam, hujan-hujanan berdua. Dia tuh benar-benar orang yang bisa ngertiin aku, gak menuntut aku harus jadi cowok romantis, dia terima aku yang bandel, yang suka iseng. Aku masih inget, kalau kadang dia suka tiba-tiba kirimin voice note dia lagi nyanyi. Suaranya merdu banget, masih aku simpen, kadang aku dengerin diem-diem.
Aku tahu, gak baik banget aku ini. Aku sudah punya pacar tapi bisa-bisanya aku mikir kayak gini, bisa-bisanya aku inget dia. Pacarku yang sekarang juga baik banget, kita saling support, tapi kenapa ya aku gak bisa lupa sama dia? Semoga aja, dia gak denger ini. Gak bisa bayangin sih kalau dia denger ini pasti malu banget aku diketawain dia. Aku tahu sih ceritaku gak keren, cuma cerita anak kecil yang cinta monyet, tapi kenangan tentang dia tuh masih suka kebayang-bayang, Thankyou ya udah kasih aku kesempatan buat cerita dan maaf banget aku gak jago nih ceritanya."
***
Tasya tersenyum tipis usai mendengar cerita Dhino. Rasanya seperti kembali ditarik ke masa-masa sekolah dulu. Cinta monyet, kejar-kejaran di lorong sekolah, usil ke teman sebangku, jatuh cinta ke anak paling bandel di kelas.
"Yah, gimana lagi? Cancer sama Capricorn memang pasangan yang cocok, wajar aja dia susah ngelupain kenangannya. Padahal dia udah punya pacar, tapi masih susah lupain kenangan masa lalunya." Tasya tersenyum pedih membayangkan apa yang dirasakan Dhino.
Dua orang yang misterius dan susah membuka diri, tapi bisa menjadi partner yang cocok kalau sudah bersama. Capricorn yang kelihatan jutek, ngeselin itu pun pasti luluh kalau sudah terkena cancer yang sudah ramah dan peduli banget sama orang lain. Cancer juga dasarnya gak suka orang yang gombal, cocok banget sama capricorn yang gak banyak omong tapi langsung ke tindakan.
"Hai Dhino. So sad, buat dengerin cerita lo ini. Lo tahu gak, sih? Capricorn sama cancer itu pasangan yang termasuk cocok banget dan bisa saling support, sedih denger kalau kalian udah gak bareng lagi, tapi lo masih suka kejebak sama kenangan tentang dia. Cuma, ayo mulai dilupakan. Lo udah punya pacar, jangan sampe lo malah jadi toxic buat pasangan lo gara-gara gak bisa lupain masa lalu. Okay? Gud nite, buat semuanya. Semoga cerita dari Dhino bisa membawa kalian ke mimpi indah."
KAMU SEDANG MEMBACA
@Zodiacstar
Teen FictionEh, eh, udah denger belum? Si Gina, iya yang pecinta damai itu, yang punya pacar yang suka banget kritik. Yah, sapa lagi kalau bukan Dimas yang memang terkenal suka komentar padahal nggak ada yang suruh. Mereka mau putus, loh! Padahal keliatannya ad...