Bagi pecinta BL, khususnya yang suka baca novel China, pasti ga asing dengan orang ini.
Yap, salah satu author novel BL terbaik sepanjang masa, pencipta Scum Villain Self Saving System, Mo Dao Zu Shi, dan Heaven Official Blessing, Mo Xiang Tong Xiu!!!
Kalian semua sudah membaca novel-novel di atas kah?
Kalau belum, maka aku sangat merekomendasikan novel-novel di atas untuk kalian baca, kalau kalian kurang nyaman dan terbiasa membaca novel, maka kalian bisa membaca adaptasi manhua atau komiknya(kecuali Scum villain), dan kalau kalian masih kurang terbiasa membaca komik, kalian bisa melihat adaptasi anime atau donghuanya(ketiganya sudah memiliki adaptasi)
Baik, mengapa aku tiba-tiba kepikiran topik ini? Karena, setelah aku selesai menonton episode 1 dari setiap adaptasi anime/donghua dari setiap novelnya, aku kembali menyadari bahwa setiap ekspetasi sebelum aku membaca novel dengan setelah membaca novel itu sangat berbeda.
Aku ingat bagaimana saat aku pertama kali membaca heaven official blessing, aku berpikir bahwa Hua Cheng adalah tipe seme yang jahat dan suka menggunakan cara-cara licik kepada ukenya (maafkan aku) tapi kenyataannya, malah dia adalah tipe seme yang lembut dan sangat baik kepada Xie Lian༎ຶ‿༎ຶ
Kemudian, aku ingat ketika aku berpikir bahwa Yin Yu(bawahan dari Hua Cheng) adalah antagonisnya(baik, maafkan aku sekali lagi!!!)
Dan aku sangat ingat saat aku berpikir bahwa Xie Lian adalah Uke yang pure heart, baik hati, dan tidak memiliki masa lalu yang kelam (oke, aku sangat salah besar tentang ini)
Terkait Mo Dao Zu Shi, tolong maafkan aku, tapi pertama kali melihat cuplikan animenya (aku menonton anime sebelum novel), aku berpikir bahwa Lan Wangji adalah ukenya dan Wei WuXian adalah semenyaಥ‿ಥ
Baik, mari kita berhenti.
Seperti yang kalian semua tahu, seluruh novel Mo Xiang Tong Xiu sangat bagus dengan alur cerita dan plot twist yang mengejutkan(dan agak menjengkelkan)
Aku hanya ingin sedikit curhat pengalamanku dalam membaca novel-novel Mo Xiang Tong Xiu ini.
Baik, novel pertama yang aku baca adalah Mo Dao Zu Shi, meskipun aku sempat tidak melanjutkan membaca novel ini karena aku terkena spoiler dan update yang belum muncul, aku akhirnya dapat menyelesaikan novel ini.
Namun, aku tidak terlalu merasa lega atau perasaan lainnya ketika berada di akhir kalimat novel, entahlah, mungkin karena aku sudah terkena spoiler sehingga aku tidak merasakan apapun ketika menyelesaikan novel ini.
Novel kedua yang kubaca adalah Scum villain self saving system. Dan lagi-lagi, aku tidak merasakan apapun ketika berada di akhir kalimat novel, seperti yang kita tahu, novel ini adalah novel pertama MXTX, dan novel ini memiliki lebih sedikit chapter dibandingkan novel lainnya.
Mungkin karena ini masih novel pertama, banyak hal yang masih tidak terselesaikan atau mengambang, dan ada beberapa scene yang agak tidak keterima begitu saja.
Seperti contohnya, aku tidak terlalu tahu apakah Su Zilang(atau siapapun namanya) dan Tianlang Jun masih hidup atau sudah mati(banyak yang mengatakan bahwa mereka mati) meskipun aku sangat mengharapkan mereka masih hidup, kalaupun mereka harus mati, apakah mereka harus mati seperti itu? Tertimpa reruntuhan batu dan mati begitu saja? Setidaknya aku mengharapkan sedikit plot twist atau sesuatu sehingga aku merasa bahwa dia adalah karakter yang penting.
Dan lagi, aku agak menyayangkan dia mati seperti itu saja. Seperti, meskipun dia raja iblis, sifatnya tidak jauh berbeda dengan Luo Binghe, dan dia juga sangat mencintai dan menyayangi ibu Luo Binghe (aku lupa namanya), ya dan sebagainya, dia terlihat seperti orang baik bagiku, setidaknya aku berharap agar dia sedikit merasakan keadilan. Seluruh dunia terlihat sangat membencinya, bahkan putranya sendiri, sampai-sampai ia curhat kepada calon menantunya(ehem)
Yah... Aku, bagaimanapun melihat dia seperti karakter yang malang, dan aku agak sedih karena itu.
Tapi meskipun begitu, ini masih salah satu novel yang berkesan karena tingkah kocak Shen Qingqiu dan ke masokis san Lho Binghe 😂😂
Dan novel terakhir yang kubaca adalah Tian guan ci fu yang harus aku akui, ini adalah novel terbaik Mo Xiang Tong Xiu sampai saat ini.
Bagaimana ya? Seolah-olah semua rasa kekecewaanku terhadap novel sebelumnya terbayarkan oleh novel ini.
Banyak kata-kata romantis yang sangat indah, seolah-olah, authornya sendiri mengatakan bahwa ada banyak kata-kata untuk menyatakan aku mencintaimu selain 2 kata monoton itu.
Kata-kata yang sangat kuingat(meskipun ada beberapa kata yang salah--karena aku agak lupa) diantaranya seperti saat Hua Cheng bilang bahwa ia tidak peduli bagaimana sifat Xie Lian, yang terpenting bahwa itu adalah dia(Xie Lian), kemudian untuk mati di Medan perang sebagai prajuritnya (Xie Lian) adalah sebuah kehormatan terbesar baginya (Hua Cheng), dia(Hua Cheng) berdoa agar ia tidak pernah meninggal dengan tenang, karena orang yang ia cintai masih ada di dunia.
Dan kalimat terakhir:
"Tian guan ci fu Bai wu jinji"
Menurutku, novel ini memiliki ending yang sangat baik(dan cukup untuk membuatku menangis di akhir kalimat)
Sebagian besar orang memiliki masa lalu yang jelas dan akhir yang jelas, bahkan tokoh sampingan kecilpun memiliki akhir yang cukup jelas.
Meskipun aku agak tidak terima dengan akhir dari Qi Rong(aku sangat mencintainya btw), akhir novel ini menurutku sudah sangat sangat sempurna.
Kalian harus membaca ketiga novelnya!!!!
Ketiga novel ini memiliki banyak kemiripan. Dan salah satu hal paling hebat tentang Mo Xiang Tong Xiu adalah dia bisa membuat semua pembaca menyukai sebagian besar karakternya. Seperti, aku tidak benar-benar bisa membenci karakter antagonisnya(ataupun karakter yang menyebalkan)
Contoh: aku tidak bisa benar-benar membenci Jin GuangYao atau bahkan berpikir bahwa ia adalah orang yang benar-benar jahat dan sebaliknya, aku terkadang juga tidak bisa benar-benar melihat Xie Lian sebagai karakter yang baik.
Semua karakter tidak bisa dikatakan baik dan jahat, semua orang memiliki alasannya masing-masing dan itu agak masuk akal bagaimana mereka bisa bertahan menjadi orang baik ataupun berubah menjadi orang jahat. Aku benar-benar tidak bisa melihat putih atau hitam, hanya abu-abu.
Contoh lainnya adalah Qi Rong. Iya, si ijo brengsek satu ini. Aku sangat sangat mencintainya 🗿
Awalnya aku sangat membencinya, seperti bagaimana ia memperlakukan Gu Zi atau bagaimana ia memaki Xie Lian, namun, seiring berjalannya waktu dan flashback, aku akhirnya benar-benar mengerti karakternya.
Meskipun ia selalu menjahili Gu Si dan mengancamnya bahwa ia akan memakannya, ia tidak pernah benar-benar melakukannya. Faktanya bahwa ia sangat menyayangi Gu Zi.
Ini terkait dengan pernyataan Gu Zi yang mengatakan bahwa ayahnya yang sekarang bahkan jauh lebih baik dari ayahnya yang dulu, dan bagaimana Qi Rong berkata bahwa ia akan membawanya ke rumah mereka yang besar dan mewah dan mengajak Gu Zu untuk tinggal bersamanya. Bahkan ia melindungi Gu Zi ketika mereka hendak dibakar oleh si *****
Aku sangat menangis saat melihat bagaimana Gu Zi memohon kepada Lang QianQiu untuk tidak membuat Qi Rong menghilang dan memutuskan untuk menaruh serpihan arwahnya di dalam lentera.
Yah, itu saja curhatan curhatanku terkait novel MXTX, barangkali kalian juga ingin berbagi bercerita pengalaman kalian, silahkan berikan vote dan komen ya?
Sampai jumpa~
KAMU SEDANG MEMBACA
Rekomendasi Dan Pembahasan Tentang Dunia Perfujodanshian
Short StoryCuma buku berisi pembahasan yaoi