Wandyo sangat menyayangi ibunya, walaupun ibu tirinya menyruh wandyo seperti pembantu. Wandyo tetap sabar dan semangat, dia harus belajar dan belajar. Disuatu malam, dia mencatat buku harian dan mengatakan
“Mah, mama tau gak wandyo sangat merindukan mama , wandyo selalu berdoa supaya mama sehat , lihat anak mama, sekarang aku sudah besar, saya akan menulis dibuku ini untuk mama. Mama adalah segalanya untuk wandyo”
Hari bertambah hari dan Tahun pun bertambah wandyo pun lulus SD, dia mendapatkan juara 1 . ayah dan keluarganya sangat senang . dan akhirnya wandyo masuk ke sekolah SMP unggulan, wandio trus belajar, banyak temannya mengejek dia seperti kutu buku. Tapi dia tidak malu baginya, saya lakukan ini untuk mama. Saya harus juara sampai SMA supaya jumpa mama.
Pagi harinya , dia berdoa kepada ibunya karena hari ini adalah hari teristemawa sebab hari inihari ultah ibunya . pulang sekolah dia berlari kekamarnya , dia membuka catatan unuk menulis tentang ibunya
My Mom, sudah banyak yang mengatakan bahwa ibuku pahlawanku. Tapi, bagiku, ibu bukan sekedar pahlawan bagiku dan keluargaku. Ia segala-galanya bagi kami. Tanpanya, kami takkan pernah bisa menjadi seperti sekarang ini. Aku takkan pernah bisa membayangkan dan tak pernah ingin tuk membayangkan bagaiman jika ibu meninggalkanku tuk selama-lamanya. Saat itu, ibu berkata pada wandyo bahwa ini hanyalah sebuah cobaan yang harus kita lalui, tak boleh menyerah meski tanpa ayah. Ibu pun berjuang agar ia dapat tegar dan tak pernah menampakkan kesedihannya pada orang lain terutama wandyo. Ia tak mau wandyo terpuruk, ia berusaha tuk bangkit tanpa merepotkan orang lain. Ibuku tak pernah mau bergantung pada orang lain, walaupun itu keluarganya sendiri. Ia tak mau mengkhawatirkan orangtuanya yang saat itu telah berumur senja.
Ibu tak pernah mengharapkan apa-apa dari wandyo apalagi itu adalah harta. Ibu hanya ingin anaknya sukses dan menjadi orang yang lebih baik darinya. Hanya itu mimpi dan harapan. Hanya sesederhana itu permintaan orangtua kepada Tuhan. Untuk membuat anaknya berhasil. Karena itulah satu-satunya hal yang membuat hidupnya lebih berarti.
Ibu…
Ibu….
Hanya itu yang bisa kukatakan. Semua indra membisu bak sedang hari penentuan.
Karena cinta ini takkan pernah bisa diucapkan dengan kata-kata
Dan tak kan ada satupun yang tahu bagaimana kita telah terikat
bagai untaian mata rantai
Hidupmu adalah hidupku…
Itulah misi seorang ibu untuk anaknya
Ibu..
Kau telah banyak sekali kehilangan
dan kami takkan pernah tahu bagaiman tuk mengucapkan
Maaf…
padamu, kekecewaanmu telah tertancap dalam hati kami
serasa teriris bila kau melihat kami tak lagi berdaya
Ibu…
apapun bahasanya
dengan I love you, atau saranghamida
tapi arti yang kita sampaikan tetaplah sama
dengan isyarat maupun kata
itu tetaplah sama
mah.. saya sudah besar dan SMP . hari ini ibu ultah . selamat ultah yah mah.. aku sayang mama. Tunggu wandyo yah mah.. wandyo tidak sabar lagi menjumpai mama. Doakan wandyo yah agar wandyo tetap juara. Sebab ayah janji jika wandyo dapat juara sampai SMA maka ayah membawa saya ketempat mama”.Wandyo menulis isi hatinya tentang ibunya, airmatanya membasahi catatannya. “mama….hhuhuhhuhuhuhu mama…..maama….
Disamping itu , ibu wandyo terbangun, sepertinya ada yang memanggilnya, dan suara itu adalah wandyo.. ibu wandyo melihat boneka itu dan mengendong dan berkata ”anaku….dyo…. jangan menangis yah…. Mama disini… mama sayang ma dyo…”? ibu wandyo berjalan dan mengendong boneka itu. Semua orang melihatnya. Orang-orang melihatnya tertawa mengejeknya dan anak-anak berlari dan melemparai ibu wandyo dan berkata “ orang gila… orang gila… orang gila…” ibu wandyo terjatuh atas lemparan batu tersebut, dia penuh darah di badannya, dan memeluk boneka tersebut untuk melindungi boneka itu .ibu tersebut berkata “ anaku… jangan menagis… mama akan melindungi mu…” seseorang lelaki tampan melihat wanita dilempari anak-anak . dia menolong wanita itu . ternyata wanita itu yang jatuh kejurang . ketika lelaki itu meliahat wanita itu, maka lelaki itu membawa nya kerumah sakit gila di desa tersebut. Tak seorang pun yang mengetahui ibu wandyo ke rumah sakit gila kecuali lelaki tampan itu. Lelaki itu adalah seorang dokter jiwa. Bernama dokter gtoroi. Dokter gtoroi mengobati wanita itu dengan Tulus dan ikhlas. Supaya ibu wandyo Cepat sembuh.
KAMU SEDANG MEMBACA
mother love
Algemene fictieseorang ibu sangat menyayangi anaknya , dia rela mengorbankan nyawanya untuk anak nya tersebut . baginya, anak itu segalnya. akan tetapi masalah pun timbul... seorang nenek tersebut memisahkan Anak dan ibu dan akhirnya ibunya menjadi gila .&nbsp...