HasnanJ
Pukul 05.10 sore
Ibu yang hamil tua, masih saja menjahit baju koko dan mukena untuk lebaran minggu depan. Cukup dipandang 9 bulan terasa baru saja tadi. Cepat sekali sampai Romla anak bungsu 5 tahun ini suka pukul-pukul perut ibu bagai samsak silat, katanya.
Badra anak sulung ibu, dia terkenal orang yang baik. Persis seperti arti namanya berbudi luhur. Badra TKI jurusan budak di Malaysia, ikut bapak waktu diajak sobat melayunya belajar di sana, sebagai insinyur di menara kembar. Istilah jawa menyebutnya tukang las.
Romla biasa bermain dengan teman karib, puasa tak jadi halangan. Petak umpet, permainan khas anak desa.
"Hhompimpa alaihumgambreng!!"
"Hhompimpa alaihumgambreng!!"
"Waaahhhhh!!....."
Sekarang ini waktu Romla untuk mencari dimana anak lain mengumpat.
Romla = "Siji, loro, telu, papat, lima, enem, pitu, wolu, songo, sepulu!!.. Wwaaahh, boca pada mendi ya? Eh bocaahh aja ado-ado kabure, kita lagi gulati iki, bocaahh, bocaahh ning ndi ya?"
Romla mencari teman-temannya.
Lewat Bu RT yang baru saja dari rumah Mbok Sukinah.
Bu RT berpapasan dengan Mbok Tumini dan Mbok Suminah yang hendak untuk pergi.
Bu RT = "Eh Mbok, pada mau kemana, rapih-rapih bener tampilannya. Haduh – duh, seger dipandang.."
Mbok Tumini= "Bu RT juga lebih-lebih glamornya, lebih-lebih aromanya.."
Bu RT = "Makasihhhhh.. tapi, ikh.. gak level sama situ" menunjuk Mbok Sumina
Mbok Sumina = " gak usah deket Mbok, aromanya terlalu menyengat dia, Aroma kentut kebo"
Bu RT = "Hah ketut kebo?!, dasar otak kaporit!"
Mbok Sumina = "Kentut Kebo!"
Bu RT = "Otak kaporit!"
Mbok Sumina = "Kentut Kebo!"
Bu RT = " Otak kaporit!"
Mbok Tumini= "Udah-udah, cukup-cukup. Bulan puasa nanti batal loh.."
"Oh iya!"
"astagfirullah.."
Bu RT = "Eh, tapi Mbok dia ngatain aku kentut Kebo!"
Mbok Tumini= "Sabar.."
Mbok Sumina = "Terus mbok, Bu RT ngatain aku otak kaporit, emang otak aku kotor harus di kasih kaporit gitu!'
Mbok Tumini= "Sabar-sabar.. cukup, inget ya, ini bulan puasa, tahan nafsu, sok istigfar lagi.."
"astagfirullahalazim.."
Mbok Tumini= "Nah begitu kan lebih baik, dan.. Eh Bu RT mau kemana?"
Bu RT = "Dari rumah Mbok Sukinah. Mbok udah pesen jaitan? saya baru tadi nih.."
Mbok Tumini= Eh Bu RT dari sebelum puasa saya udah pesen, tapi belum jadi.."
Mbok Sumina = "Eh Kentut.." keceplosan..
Bu RT = "Apa kaporit!"
Mbok Sumina = "Maaf maksudnya Bu RT, kalau pesen sekarang udah telat, numpuk dia.."
YOU ARE READING
Kumpulan Naskah Drama - Naik Panggung atau turun Panggung, Terserah!
عشوائيdalam kumpulan naskah Drama yang berjudul Naik Panggung atau turun Panggung, Terserah!, banyak adegan yang dibuat semaunya, namun tetap menunjukan keindahan dalam berlakon. kecerdasan sutradara untuk mengemas Naskah Drama menjadi tolak ukur penampil...