QnA

37.7K 3K 526
                                    

Kagi, cerita Mada beneran sudah selesai?
-Yup, end, done, tamat, selesai, bubar, wassalam hehe.

Kagi, kenapa cepat banget END-nya?
-Aku juga mempertanyakan hal yang sama, aku terlalu merasa dibebani oleh tuntutan pertanyaan "kapan mada ketemu gendhis di masa depan?" "kapan gendhis balik ke masa depan?" "kapan gendhis sama mada menikah lagi?" "ga sabar lihat ini-itu" jadilah aku banyak memotong adegan plot dan ini menurutku versi ringkasnya.

Sebebarnya kerangka awal cerita ini punya 73 part tapi karena aku merasa kalian mulai bosan aku memotong banyak sekali adegan. Mungkin nanti aku tambahin di versi revisinya.

Kagi, ada sequelnya nggak?-Nggak ada, tapi ada spin-off untuk ceritanya Hayam Wuruk

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Kagi, ada sequelnya nggak?
-Nggak ada, tapi ada spin-off untuk ceritanya Hayam Wuruk. Kapan dirilis? Aku nggak tahu, karena aku butuh waktu untuk riset lagi. Dan mempelajari sejarah dengan informasi yang terbatas itu ga bisa cuma sehari.

Kagi, kenapa nggak ceritain pas nikahannya Mada? Hamilnya Gendhis dan lain-lain?
-Nah, aku gemas kali sama pertanyaan begini wkwkwk. Mungkin ini adalah sisi idealisku sebagai penulis. Di wattpad udah terlalu banyak banget alur menikah-istri muntah ketahuan hamil-istri manja-suami kuwalahan dan sebagainya. Aku benar-benar mau menghidari menulit plot seperti itu.

Menurutku masih banyak cara untuk memperlihatkan happy ending tanpa menujukkan adegan-adegan klise.kalau kalian baca cerita-ceritaku yang lain, pasti kalian nggak akan menemukan tipe alur happy ending seperti itu. Dan aku menutup cerita ini dengan keluarga Mada yang membaca buku Mada, itu adalah penutup terbaik yang bisa aku berikan selain ketahuan hamil dan sebagainya. Hehe sorry....

Juga, kenapa aku menghindari menulis adegan menikah di sini? Menikah biasanya identik dengan ritual agama, dan aku memilih menyembunyikan agama karakterku untuk menghindari kerancauan pertanyaan, "lho si A pindah agama? Kan kalau kerajaan majapahit dulu agamanya bla bla bla". Jadi menurutku adegan menikah aku skip.

Selain itu entah kenapa kalo ada adegam menikah pasti ada tuntutan meminta adegan malam pertama. Seperti yang kalian ketahui, aku enggak bisa buatnya kawan-kawannnn 😭😭😭

Kagi, Mada bakal diterbitin?
-Aigooo, ini pertanyaan juga termasuk lumayan banyak banget wkwk. Jawabannya BELUM BISA. Karena apa? Seperti di poin pertanyaan ke-2. Aku mau revisi penulisan juga membenahi plot hole. Menambah beberapa part yang di versi wattpad ini aku skip.

Nah, setelah revisi aku berniat buat upload lagi di wattpad. Barulah setelah itu kita lihat ke depannya bagaimana (ini masih rencana awalku)

Kagi, apa bakal ada ada extra part? atau bonus chapter?
-Tenang, ada kok. Tapi jangan berharap untuk adegan menikah, atau gendhis hamil ya hehe. Aku mencoba mencari cara yang berbeda untuk menunjukkan kebahagiaan keluarga mereka tanpa adegan-adegan klise itu.

Kagi, apa versi revisi bakal di upload di wattpad
-Of course i will! Tapi kapan? I need times everyone.

Well, sekian dari aku. Kalau masih ada yang ingin ditanyakan silahkan dan aku akan mencoba untuk menjawab sebisaku nantinyaaaa.

Have a nice day everyone. Thank you. I love you, all, so much!

Gigi

MADA (Complete)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang