Hiduplah seorang gadis kecil yang sangat cantik dan manis, di setiap musim panas ia terpaksa harus berlari dengan kaki telanjang, dia sangat miskin. Dan di setiap musim dingin ia mengenakan sepatu kayu yang kebesaran. Punggung telapak kakinya yang mungil memerah, itu tampak menyedihkan.
Di tengah desa ada seorang wanita tua pembuat sepatu, ia duduk sambil menjahit sepatu, seindah yang ia bisa. Ia membuat sepasang sepatu kecil yang terbuat dari potongan kain berwarna merah. Sepasang sepatu itu tidak terlalu cantik, namun ia menjahitnya dengan sepenuh hati. Sepasang sepatu yang akan diberikan kepada gadis kecilnya. Gadis kecil itu bernama Karen.
**
Pada hari di mana ibunya dimakamkan, Karen mengenakan sepasang sepatu berwarna merah untuk pertama kalinya. Sepasang sepatu berwarna merah mungkin tak pantas digunakan pada suasana berkabung namun ia tak punya pilihan lain. Tanpa mengenakan kaus kaki ia berjalan mengikuti iringan peti mati yang terbuat dari anyaman jerami.
Dalam perjalanan seusai pemakaman itu, sebuah kereta yang megah melaju dan seorang wanita tua duduk di dalamnya. Sang Ratu memandangi si gadis kecil dan nalurinya merasa kasihan lalu ia bicara pada kusirnya, “Berhenti di sini, dan bawa gadis kecil itu ke sini. Aku ingin mengajaknya tinggal denganku.”
Karen percaya semua yang terjadi pada dirinya berkat sepatu merahnya. Sayangnya, Sang Ratu merasa sepasang sepatu itu sangat buruk dan Sang Ratu tak menyukainya, lalu ia membakarnya. Karen diberikan pakaian-pakaian bersih dan cantik, ia juga belajar membaca dan menjahit. Orang-orang di kerajaan menyukai gadis kecil yang manis ini, sebuah cermin pun mengatakan. “Kau lebih indah, kau lebih cantik dari apa pun yang kulihat.” Namun Karen tetap merindukan sepatunya.
Suatu hari Sang Ratu pergi dengan kereta kudanya ke suatu tempat. Ia kembali bersama seorang anak gadis yang sebaya dengan Karen. Anak gadis itu adalah seorang putri, yang tinggal di kerajaan lain. Ketika ia sampai seluruh penghuni kerajaan menghambur memenuhi kastil untuk memberi penghormatan, Karen juga berada di sana. Sang putri berdiri di jendela mengenakan gaun putih yang lembut, ia menatap ke luar dengan mata mungilnya. Ia sedang tidak berdiri di kereta yang megah ataupun mengenakan mahkota emas, namun ia mengenakan sepasang sepatu mewah yang terbuat dari kulit domba. Sepasang sepatu itu tampak lebih cantik dari sepatu Karen yang dibuat Wanita Tua Pembuat Sepatu. Tetapi bagi Karen di dunia ini tak ada yang bisa dibandingkan dengan keindahan sepatu merahnya.
**
Karen tiba pada saat pembaptisan. Ia mendapat pakaian baru dan sepatu baru. Karen datang ke rumah seorang pembuat sepatu bangsawan di kota, mengukur kaki mungilnya untuk dijahitkan sebuah sepatu baru. Dinding ruangan rumah si pembuat sepatu dihiasi dengan cermin-cermin besar, dan rak sepatu memajang sepatu-sepatu cantik dan mewah. Semua terlihat menarik. Namun seiring usianya Sang Ratu tak lagi bisa melihat dengan jelas, ia sudah rabun, keindahan corak dan warna sepatu-sepatu itu pun luput dari penglihatannya. Di antara deretan sepatu di dalam rak terdapat sepasang sepatu berwarna merah, coraknya seperti sepatu milik Sang Putri tapi sepatu itu tampak sudah usang. Betapa cantiknya sepasang sepatu itu! Si pembuat sepatu juga bilang kalau sepasang sepatu itu dibuat untuk seorang anak bangsawan, namun tidak pernah ada yang memakainya. Lagi-lagi Karen teringat dengan sepasang sepatu merahnya.
“Sepasang sepatu itu pasti terbuat dari kulit terbaik!” ujar Sang Ratu. “Sepasang sepatu itu tampak bersinar!” tambahnya lagi.
“Ya, sepasang sepatu itu bersinar!” Ujar Karen, dan ia mencoba mengenakannya, dan membelinya. Sang Ratu tak mengetahui apa pun tentang warna sepatunya yang merah, jika saja ia tahu pasti ia takkan mengizinkan Karen untuk membawa sepatu merah itu bersamanya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Dongeng
Short Storyby : korean drama it's okay not be to okay (kim soohyun x seo yee ji)